bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

4 Tahapan Memasang Ubin Keramik Pada Dinding Dengan Mudah

4 Tahapan Memasang Ubin Keramik Pada Dinding Dengan Mudah – Ubin keramik atau ceramic tile adalah salah satu dari material bangunan yang berguna untuk pelapis atau finishing pada sebuah permukaan sebuah hunian.

4 tahapan memasang ubin keramik pada dinding dengan mudah
4 tahapan memasang ubin keramik pada dinding dengan mudah

Keramik sendiri memiliki kelebihan yakni tahan terhadap air, kelembapan, api, muda perawatannya dan juga harganya terbilang cukup terjangkau sehingga membuat ubin keramik memang menjadi pilihan terbaik.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
4 tahapan memasang ubin keramik pada dinding dengan mudah
4 tahapan memasang ubin keramik pada dinding dengan mudah

Ubin keramik biasanya digunakan untuk finishing pada era lantai namun juga tak jarang digunakan untuk melapisi bagian rumah yang lainnya.

Baca Juga: Cara Memasang Keramik Lantai Agar Awet Dan Tidak Pecah

Salah satu penggunaan ubin keramik yang cukup populer saat ini adalah untuk area dinding rumah.

Meskipun cara pemasangan ubin keramik pada area dinding hampir sama pada area lantai, akan tetapi dengan sisi yang vertikal tersebut membuat pemasangan ubin keramik paa area dinding menjadi cukup tricky dan membutuhkan sentuhan yang berbeda.

Pada ulasan kali ini, kreasirumah.net akan berbagi tahapan pemasangan dari ubin keramik untuk area dinding rumah dengan cara yang cukup mudah, sehingga anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Tahapan Pemasangan Ubin Keramik Pada Dinding

1#. Persiapan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan permukaan dinding yang akan anda lapisi dengan ubin keramik.

Untuk area dinding yang lama, perhatikan tentang kebersihan dari dinding tersebut seperti noda debu, jamur dan juga minyak.

Perhatikan juga permukaan rata pada dinding apakah masih cukup rata atau memerlukan lapisan tambahan agar dinding bisa lebih rata lagi.

Sedangkan untuk dinding yang baru, anda juga perlu memastikan agar dinding sudah dilapisi dengan plester dan plester tersebut juga sudah kering dan dilakukan dengan baik.

2#. Persiapkan alat dan materialnya

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan material untuk pemasangan ubin keramik pada area dinding.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Bahan – bahan yan harus dipersiapkan adalah ubin keramik, lem keramik, pengisi nat atau Grout Filler dan juga air.

Sedangkan alat – alat yang perlu dipersiapkan adalah sapu atau sikat, ember, palu berbahan besi dan karet, benang, paku, meteran, pensil, penggaris, waterpass, trowel yang runcing rata dan bergerigi, spacer, pemotong keramik, spons atau lap kering, rubber float dan juga pelingung lantai seperti papan, plywood, kertas semen dan sebagainya.

Untuk lapisan lantai yangsudah jadi, maka tambahkan juga alas agar kotoran saat pengerjaan tidak merusak lantai.

Bersihkan juga permukaan dinding dengan menggunakan sapu atau sikat lalu buat pola pemasangan pada area dinding dengan menggunakan meteran, pensil, waterpass, paku dan juga benang.

Langkah yang lebih baik adalah dengan membuat pola agar pengaplikasian keramik bisa sesuai.

Buat garis tengah pada bagian tengah dinding menggunakan meteran lalu dari garis tengah tersebut buatlah garis sejajar dengan jarak lebar keramik yang dibagi dua, dengan ini maka anda sudah menemukan titik awal memasang keramik dan pasang benang pada garis yang menjadi titik awal sebagai panduan.

3#. Memasang keramik

  • Balur dinding dengan lem keramik sesuai dengan garis yang sudah dibuat, gunakan trowel bergerigi dan berikan tekanan agar tebal lem bisa rata.
  • Tempel keramik pada dinding yang sudah dibalur lem dengan memperhatikan kerataan sesuai dengan garisnya lalu ketuk keramik dengan palu karet agar keramik bisa menempel dengan baik.
  • Pakai spacer untuk memsang keramik selanjutnya untuk mendapatkan lebar nat dan jangan lupa periksa kerataan keramik dengan garis panduannya.
  • Jika pada akhir dinding, keramik memerlukan pemotongan maka gunakan pemotong keramik dan untuk menentukan lebarnya, ukur dahulu sisa dinding yang belum dipasang keramik tersebut lalu kurangi dengan lebar nut atau spacernya.
  • Periksa rapihnya keramik menggunakan penggaris dan waterpass lalu lepas seluruh spacernya.
  • Lap permukaan keramik dengan sponge yang sudah dibasahi agar noda atau lem keramik yang menempel pada permukaan bisa hilang.
  • Diamkan selama 1 hari penuh agar keramik benar – benar melekat dengan sempurna pada area dinding tersebut.

4#. Mengisi nut atau grouting

  • Siapkan bahan untuk pengisi nut lalu campur dengan air sesuai dengan petunjuk pada kemasan.
  • Kerjakan pengisin nut dengan grout filler dan gunakan rubber float untuk mengisi nut agar lebih cepat dan rata serta pastikan bahwa semua nut sudah terisi dengan baik.
  • Sesudah 15 menit, bersihkan permukaan keramik yang terkena grout filler menggunakan spon basah sampai permukaan keramik bersih.

Itulah tadi 4 tahapan dalam memasang ubin keramik pada dinding yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, selamat mempraktekkan dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Artikel Terkait:

  • tahapan pasang dinding (1)
error: Content is protected !!