bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

68 Desain Kandang Ayam Broiler dan Ayam Petelur Yang Modern dan Nyaman

Kandang ayam terkadang diidentikan dengan kotoran ayam yang bau. Itulah yang ada dipikiran kita waktu dulu, kotor, bau ataupun kesannya kumuh. Kita akan mengklaim kandang ayam sesuatu yang buruk dan tidak baik bermain dekat dengan kandang ayam.

68 Desain Kandang Ayam Broiler dan Ayam Petelur Yang Modern dan Nyaman 1
68 Desain Kandang Ayam Broiler dan Ayam Petelur Yang Modern dan Nyaman 1

 
Kami bukannya menyalahkan anda jika berfikir demikian. Apalagi bagi anda yang tinggal didaerah perkotaan, yang semuanya serba bersih, rapi dan juga modern.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
68 Desain Kandang Ayam Broiler dan Ayam Petelur Yang Modern dan Nyaman 1
68 Desain Kandang Ayam Broiler dan Ayam Petelur Yang Modern dan Nyaman 1

Benar adanya, bila beberapa tahun silam atau bahkan hingga sekarang ayam diidentikkan dengan andalan orang desa, kumuh, kotor, bau dan juga mengganggu. Namun, karena perkembangan zaman, hal tersebut tentunya sudah tidak akan berlaku lagi.

 
Bukan berarti saya bilang bahwa ayam dan kandangnya menjadi berubah modern dan serba wangi. Namun mulai sekarang, anda tidak bisa mengecap ayam adalah peliharaan para orang desa, kampung, bau, kotor, jijik, dan juga mengganggu.

Karena sekarang banyak orang dari perkotaan yang berminat untuk memelihara ayam. Entah itu orang – orang desa yang ke kota dan benar benar suka ayam, atau orang kota yang memang ingin beternak ayam. Karena sekarang ayam sudah banyak dibuatkan peternakan. Dan para pelakunya adalah orang kota.

 
Jika kita telaah sebentar, memelihara ayam justru membawa keuntungan. Bukannya membawa kerugian, itu jika kita benar – benar merawat ayam tersebut.

Bahkan bisa saja terus berkembang dan kita bisa membuat peternakan sendiri. Beternak ayam pun tidak terlalu sulit seperti yang kita bayangkan, kita cukup merawat para ayam tersebut.

 
Namun, ketika saya bilang tidak terlalu sulit seperti yang kita bayangkan, maka bukan berarti beternak ayam itu mudah. Butuh keseriusan dalam beternak ayam.

Selain butuh keseriusan, kita pun harus menyiapkan beberapa hal agar bisnis ayam yang kita bentuk lancar. Satu hal yang paling penting dalam beternak ayam adalah membuat kandang ayam tersebut.

Inilah Tentang 68 Desain Kandang Ayam Broiler dan Ayam Petelur Yang Modern dan Nyaman

Tips Membuat Kandang Ayam

1. Ukuran Kandang Ayam

Ukuran kandang ayam biasanya disesuaikan dengan jumlahnya. Akan terasa lucu bukan jika kita membuat kandang seluas 1 hektar namun kita Cuma punya ayam 1 ekor. Anakan pula.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Itu namanya mubazir dan mubazir temannya setan. Selain disesuaikan dengan jumlah ayam yang di ternak, kandang ayam juga disesuaikan dengan biaya yang tersedia.

Contoh saja, bila kita punya tanah seluas 30 meter persegi, maka kandang ayam bisa kita buat dengan ukuran 15 meter persegi. Kandang seluas 15 meter persegi dapat memuat sekitar 70 – 100 ayam.

 

2. Letak Kandang Ayam

Untuk menentukan letak kandang ayam yang strategis, sebaiknya kita membuat kandang yang jauh dari penduduk, dan termasuk jauh juga dari rumah kita.

Minimal jarak antara sebuah kandang dengan rumah kita yaitu 10 meter. Hal itu untuk menghindarkan kita dari penyakit apabila ayam – ayam kita terkena penyakit berbahaya.

 

3. Arah Kandang Ayam

Selain ukuran dan letak kandang ayam, hal lain yang harus diperhatikan adalah arah kandang tersebut. Arah kandang ayam kita sebaiknya dihadapkan ke timur ataupun barat.

Maka dengan hal tersebut, ayam – ayam kita bisa terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari baik agar menjaga ayam kita tetap sehat.

 

4. Konstruksi Kandang Ayam

Setelah 3 hal kita telah memahami dengan benar, maka hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah membuat kandang ayam tersebut.

Dalam pembuatan sebuah kandang ayam, anda tidak harus sepenuhnya menggunakan bahan baru, anda juga bisa menggunakan bahan bekas yang masih bisa digunakan.

Yang saya maksud bahan bekas disini adalah bahan bekas yang bisa untuk membangun sebuah bangunan. Seperti kayu bekas pengecoran.

Bukan barang bekas seperti botol bekas air mineral, kaleng bekas minuman, dan lain sebagainya. Tolong jangan salah sangka.

 

A. Atap Kandang Ayam

Atap kandang menjadi bagian yang sangat penting dalam pembuatan sebuah kandang ayam. Karena dengan menggunakan atap ayam dapa berlindung dari panas, hujan, badai, ataupun mungkin topan.

Anda bisa menggunakan seperti ijuk, seng, asbes, rumbai ataupun terpal sebagai atap kandang ayam anda. Semua bahan itu tadi dapat digunakan dan terbukti kuat untuk menahan air maupun terik.

 

B. Dinding Kandang Ayam

Dinding kandang juga tidak kalah pentingnya dari atap. Atau bisa saya katakan dinding dan atap merupakan satu kesatuan.

Tanpa dinding atap tak bisa berdiri, dan tanpa atap dinding tak akan merasa lengkap. Dinding kandang ini bisa dibuat dengan bahan kawat, triple, anyaman bambu, ataupun bilah bambu.

Bahan – bahan itu tadi juga bisa digunakan sebagai pemisah antar kandang satu dengan kandang lain.

 

C. Lantai Kandang Ayam

Alangkah lebih baiknya bila lantai kandang ayam anda terbuat dari coran semen. Hal itu agar memudahkan sanitasi. Namun bila biaya yang dirasa tidak cukup, anda bisa menggunakan campuran antara sekam, serbuk gergaji, dan kapur.

Campuran bahan tersebut dapat digunakan agar menjaga kebersihan kandang dan tidaklah becek bila terkena air.

Sebagian orang mengeluarkan ke kreatifan mereka kepada kandang ayam. Yang berimbas pada kerennya kandang ayam mereka.

Berikut adalah 68 Desain Kandang Ayam Broiler dan Ayam Petelur Yang Modern dan Nyaman yang mungkin bisa anda tiru atau hanya sebagai bahan referensi.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Artikel Terkait:

  • gambar kandang ayam (2)
  • atap kandang ayam yg baik (1)
  • contoh kandang ayam (1)
  • Desain kandang ayam bahan bambu ruang 4 (1)
  • Design kandang Ayam petelur (1)
  • Kandang ayam (1)
  • kandang ayam elastis untuk didalam rumah (1)
  • kandang ayam petelur modern (1)
error: Content is protected !!