bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

7 Cara Efektif Basmi Rayap Pada Rak Dan Koleksi Buku

7 Cara Efektif Basmi Rayap Pada Rak Dan Koleksi Buku – Salah satu masalah paling menyebalkan yang terjadi hampir di setiap rumah adalah serangan dari rayap pada furniture dan beberapa barang lainnya yang terbuat dari kayu.

Perangkap Dari Kardus
Perangkap Dari Kardus

Seperti halnya pada buku – buku koleksi kesayangan anda yang seringkali diserang oleh rayap sehingga merusak koleksi buku anda.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Perangkap Dari Kardus
Perangkap Dari Kardus

Untuk itu, kali ini kreasirumah.net memberikan beberapa cara efektif yang bisa anda gunakan untuk membasmi rayap pada furniture berbahan kayu dan juga barang yang terbuat dari kertas seperti buku, silahkan disimak berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis Pada Rumah 

1#. Perangkap Dari Kardus

Carilah terlebih dahulu letak dari sarang rayap di dalam rumah anda, setelah itu buatlah perangkap yang terbuat dari kardus di dekat sarang rayap tersebut.

Caranya adalah dengan menumpuk beberapa kardus bekas yang telah dibasahi dengan air lalu letakkan di dekat sarang rayap tersebut.

Dalam jangka waktu tertentu, rayap akan pindah pada perangkap kardus lembab yang terdapat makanan rayap yakni selulosa.

Saat rayap terlihat sudah mulai memakan kardus tersebut, segera bawa keluar dan bakar kardus tersebut dan pasang perangkap kardus tersebut beberapa kali agar rayap benar – benar hilang seluruhnya.

2#. Pasang AC

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah meletakkan furniture atau barang lainnya yang terbuat dari kayu dan kertas pada area yang memiliki AC.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Hal itu dikarenakan, rayap tidak tahan terhadap hawa yang dingin, tetapi jika barang yang dihinggapi rayap berukuran kecil, anda dapat membungkus barang tersebut dengan plastik dan diletakkan di dalam freezer.

3#. Menggunakan Zat Kimia

Untuk membasmi rayap, bahan kimia yang sering digunakan adalah boric acid atau juga bisa dengan asam borat.

Bahan – bahan kimia ini dapat anda temukan pada insektisida pembasmi rayap.

Bahan kimia ini bekerja dengan cara mematikan syaraf rayap dan juga membuat rayap kehilangan cairan sehingga akan mati secara perlahan.

4#. Jemur Dibawah Sinar Matahari

Langkah yang lebih mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan menjemur furniture berbahan kayu dan juga buku – buku anda dibawah sinar matahari selama lebih kurang satu jam.

Tempat yang panas dan kering tersebut merupakan daerah yang tidak disukai oleh rayap karena rayap memang suka dengan daerah yang lembab dan juga gelap.

Sinar matahari yang panas tersebut akan membuat rayap pergi bahkan langsung mati dan untuk hasil yang maksimal, jemur rak buku atau furniture berbahan kayu lainnya selama tiga hari.

5#. Gunakan Cacing Nematode

Cacing nematode merupakan jenis cacing yang termasuk kedalam jenis parasit yang sering kita temukan pada area taman atau kebun.

Cacing nematode ini bisa anda gunakan untuk membasmi rayap dengan cara yang alami yakni caing – caing nematode tersebut akan memakan induk rayap, rayap dewasa bahkan telur rayap yang belum sempat menetas.

Anda dapat menemukan cacing nematode ini pada toko makanan ternak dan jika anda telah membelinya, letakkan pada tanah dengan suhu 15 derajat cekcius.

6#. Air Tembakau

Cara berikutnya adalah menggunakan air tembakau yang selain bermanfaat untuk mengusir cicak, ternyata juga bermanfaat untuk mengusir rayap.

Caranya adalah dengan merendam tembakau dalam air selama 1 malam sehingga sarinya bisa keluar setelah itu semprot pada sarang rayap di rumah anda.

7#. Menggunakan Garam

Cara mudah selanjutnya adalah dengan menaburkan garam di sekitar area rayap tersebut dan rayap akan segera keluar dan pergi dari area garam tersebut.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Artikel Terkait:

  • apakah ac dapat membasmi rayap? (1)
  • rayap buku (1)
error: Content is protected !!