bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

7 Elemen Utama Dan Penting Renovasi Kamar Mandi

7 Elemen Utama Dan Penting Renovasi Kamar Mandi – Renovasi rumah adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan karena akan membuat suasana terlihat tidak membosankan dan menyegarkan.

Elemen Utama Dan Penting Renovasi Kamar Mandi
Elemen Utama Dan Penting Renovasi Kamar Mandi

Renovasi juga dapat dilakukan tanpa harus merombak rumah secara keseluruhan dan salah satu ruangan yang sering sekali direnovasi adalah kamar mandi.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Elemen Utama Dan Penting Renovasi Kamar Mandi
Elemen Utama Dan Penting Renovasi Kamar Mandi

Meskipun merupakan kegiatan yang menyenangkan, renovasi kamar mandi juga memerlukan biaya yang tidak sedikit, waktu serta tenaga.

Hal itu dikarenakan banyaknya elemen penting yang terdapat dalam kamar mandi seperti dinding, saluran air, keran, pencahayaan, peralatan kamar mandi sampai bagian kecil yakni dekorasi dan aksesoris.

Agar rencana renovasi kamar mandi anda dapat berjalan dengan baik dan sesuai target, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan yang akan kreasirumah.net berikan dibawah ini.

Elemen Utama Renovasi Kamar Mandi

1#. Anggaran: Hal paling utaman yang harus anda rencanakan adalah tentang jumlah anggaran yang bisa anda siapkan untuk renovasi kamar mandi tersebut.

Dengan membuat anggaran, maka anda dapat menentukan apa saja yang akan digunakan dalam renovasi tersebut seperti upah para pekerja, material, peralatan dan lainnya.

Baca Juga: Contoh Desain Kamar Mandi Kecil Minimalis

2#. Waktu: Tidak hanya renovasi besar saja yang membutuhkan banyak waktu, namun bergitu juga dengan renovasi kecil seperti kamar mandi.

Waktu yang diperlukan untuk renovasi kamar mandi meliputi perencanaan, pemesanan material, menyewa tenaga kerja, memilih material sampai dengan pembersihan dan penyelesaian akhir.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

3#. Tahapan kerja: Tahapan kerja dalam renovasi kamar mandi merupakan proses sejak awal sampai akhir seperti pembongkaran area yang akan diganti sampai pada pengecatan.

Umumnya tahapan kerja dalam area kamar mandi dimulai dari bagian atas yaitu atap, dinding dan terkahir adalah lantai.

Hal ini dilakukan agar memperkecil resiko kerusakan pada item dalam kamar mandi tersebut.

4#. Fungsi dan desain: Untuk menentukan fungsi dan memilih gaya kamar mandi, anda bisa mencarinya di internet agar bisa menemukan gaya apa yang anda inginkan untuk renovasi kamar mandi tersebut.

Hal ini dilakukan agar hasil akhir dari renovasi bisa sesuai dengan yang anda inginkan.

Tampilan akhir kamar mandi juga sangat berpengaruh terhadap banyak sisi seperti pemilihan lantai, warna cat, tubs, keran, kabinet dan berbagai bagian penting lainnya.

Tidak hanya desain, fungsi juga memiliki peranan penting untuk hasil akhir yang memuaskan.

Anda juga harus memikirkan siapa saja yang akan menggunakan kamar mandi tersebut, selain itu pikirkan juga tentang daya jual jika anda akan menjual rumah anda suatu saat nanti.

5#. Ukuran: Bagian ruangan terkecil dalam sebuah hunian umumnya adalah kamar mandi tetapi dengan luas lahan yang kecil tetap harus dilengkapi dengan berbagai kebutuhan mandi dan alat berias diri.

Untuk itu, pikirkan dengan benar ukuran kamar mandi sebenarnya yang anda butuhkan seperti kabel, ukuran perlengkapan, wastafel, bathub, pipa saluran air dan sebagainya.

6#. Pipa saluran air: Dalam proses renovasi rumah, perbaikan pipa saluran air haruslah dilakukan bahkan juga membutuhkan sebuah perencanaan yang benar.

Proses ini merupakan tugas dari kontraktor yang memang sudah berpengalaman dalam bidang ini karena pipa air tidak hanya urusan pipanya semata, namun juga berbagai aspek dibawahnya seperti pembuangan akhir.

Selain itu, pipa saluran air juga berhubungan langsung dengan wastafel, keran air, shower, bathub, toilet dan sebagainya.

7#. Dinding dan lantai: Material dan desain dinding dan lantai kamar mandi sangatlah beragam, namun yang perlu anda pastikan adalah dari segi ketahanan airnya.

Pemilihan dinding dan lantai akan terasa sedikit menyulitkan jika bentuk kamar mandi tidak kotak melainkan memanjang.

Material yang umumnya digunakan pada dinding dan lantai kamar mandi adalah marbel, keramik dan juga granit sebabtiga material tersebut memiliki kualitas tahan air yang baik.

 

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!