bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

7 Tahapan Penting Membuat Taman Atap Rumah Atau Roof Garden Unik

7 Tahapan Penting Membuat Taman Atap Rumah Atau Roof Garden Unik – Tinggal di lingkungan perkotaan yang padat tentunya membuat kita menjadi agak sulit dalam membuat sebuah taman yang menyejukkan.

7 tahapan penting membuat taman atap rumah atau roof garden unik
7 tahapan penting membuat taman atap rumah atau roof garden unik

Hal ini disebabkan karena lahan daerah perkotaan yang sangat terbatas sehingga menyulitkan kita untuk membuat sebuah taman sebagai area penghijauan di sekitar rumah kita.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
7 tahapan penting membuat taman atap rumah atau roof garden unik
7 tahapan penting membuat taman atap rumah atau roof garden unik

Namun, meskipun dengan lahan yang terbatas, kita tetap bisa memiliki sebuah taman yang indah yaitu dengan cara membuat taman pada atap rumah atau biasa disebut dengan istilah Roof Garden.

Apakah Roof Garden ?

Roof garden atau taman atap rumah adalah sebuah taman yang diaplikasikan pada area atap rumah sebagai salah satu alternatif penghijauan disekitar rumah anda.

Dengan membuat sebuah roof garden ini, maka anda sekaligus memanfaatkan area atap rumah yang tadinya dibiarkan kosong dan tidak ada manfaatnya.

Baca Juga: Keunggulan Atap Rangka Baja Ringan Pada Rumah Minimalis

Akant tetapi dalam membuat taman di atap rumah, tetap membutuhkan sebuah perhitungan yang baik, sebab taman pada atap rumah membutuhkan lebih banyak tanah sehingga dari segi kekuatan atap rumah juga perlu menjadi pertimbangan anda sebelum memulai untuk membuat roof garden ini.

Berikut ini kreasirumah.net akan memberikan beberapa tahapan dan juga kreasi unik dari atap rumah yang bisa menginspirasi untuk diaplikasikan pada rumah anda.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Tahap Membuat Taman Atap

1#. Melapisi atap rumah

Tahap pertama yang perlu anda lakukan adalah melapisi atap rumah dengan menggunakan water proofing yang berguna untuk menghindari kebocoran pada area atap rumah anda.

Proses pelapisan ini membutuhkan waktu yang lumayan lama dan anda perlu mendiamkan area atap tersebut sampai benat – benar kuat selama satu hari penuh atau lebih.

2#. Tambahkan acian dan semen

Setelah tahapan pertama selesai, tahap berikutnya adlaah melapisi area atap rumah dengan aci ataupun melapisinya dengan smen dan proses ini memakan waktu yang sama yakni satu hari atau 24 jam.

3#. Lapisi bahan tambahan

Setelah area atap rumah dilapisi acian atau semen, maka langkah selanjutnya adalah dengan memberikan lapisan tambahan yakni penahan air atau drainage cell dan juga lapisan penahan tanah atau geotextille.

4#. Aplikasikan tanah merah dan humus

Langkah berikutnya adalah melapisi atap rumah anda dengan tanah merah dan juga humus secukupnya.

Pada bagian dibawah tanah ditambahkan ijuk atau cocopeat dengan tebal 10 cm yang berguna untuk menyaring air rembesan dari pasir dan juga tanah dan usahakan agar kandungan PH tanahnya sekitar 5 sampai 7.

5#. Tambahkan aneka jenis tanaman

Pada lapisan tanah paling atas ini, anda bisa tanami dengan rumput atau juga tanaman berakar serabut lainnya.

Namun hindari tanaman yang berakar kuat dan tajam seperti palem dan sebaiknya ditanami dengan tanaman bunga mawar, bougainville dan sejenisnya.

6#. Membuat instalasi air bersih dan kotor

Setelah itu, buatlah sebuah instalasi air bersih dan juga kotor, instalasi air bersih digunakan untuk mneyiram tanaman, sedangkan instalasi air kotor digunakan sebagai sisa pembuangan air ke talang air.

7#. Tambahkan pagar pengaman

Tahapan akhir adalah membuat pagar agar area atap bisa aman untuk digunakan sebagai ara bersantai dan bermain bagi anda yang mempunyai andak kecil.

Hal yang harus anda perhatikan adalah anda harus membuat sebuah dak dari beton denan kemiringan mencapai 20 sampai 30 derajat.

Selain itu, konstruksinya harus menggunakan material cor beton bertulang dengan diameter besi 8 mm, sedangkan untuk ketebalan lantai dak beton sebesar 2 cm untuk luas 50 meter persegi.

Demikian tahapan penting yang harus anda lakukan untuk membuat taman pada area atap tidak terpakai di rumah anda, selamat berkreasi.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Artikel Terkait:

  • gorden terbaru (157)
error: Content is protected !!