bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

8 Jenis Chandelier Beserta Sejarah Selengkapnya

8 Jenis Chandelier Beserta Sejarah Selengkapnya – Anda yang memiliki rumah bergaya klasik atau sangat menyukai desain klasik, tentunya sudah tidak asing dengan dekorasi indah bernama chandelier.

8 jenis chandelier beserta sejarah selengkapnya
8 jenis chandelier beserta sejarah selengkapnya

Kehadiran chandelier dalam desain rumah klasik merupakan salah satu hal wajib yang berguna sebagai pelengkap desain rumah itu sendiri.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
8 jenis chandelier beserta sejarah selengkapnya
8 jenis chandelier beserta sejarah selengkapnya

Apakah Chandelier?

Chandelier atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama lampu gantung sudah banyak melewati proses evolusi, mulai dari awalnya yang menggunakan material kayu yang terlihat tradisional sampai kristal yang terlihat mewah dan elegan.

Baca Juga: Harga Model Lampu Kristal Gantung Ruang Tamu Minimalis

Chandelier merupakan kata serapan dari bahasa Latin yakni Candelabrum dan pada awal mulanya hanya digunakan oleh [ara kaum bangsawan saja.

Dari segi bentuknya juga masih sangat sederhana yakni dengan menggunakan dua potong kayu yang disusun bentuk silang lalu lilin dipasang pada setiap sudutnya dan digantung dengan rantai ataupun tali.

Dengan berkembangnya jaman, desain dari chandelier juga ikut berubah yaitu menggunakan kristal dengan ukuran yang semakin besar dan cahaya yang dihasilkan lampu juga semakin terang.

Tidak hanya itu, dari segi warnanya juga semakin bervariasi yang bisa anda pilih sesuai dengan selera dan juga desain dari rumah anda.

Chandelier tidak lagi hanya memiliki warna gelap seperti abu – abu, hitam, biru dan coklat, namun sudah semakin beragam seperti merah, putih, hijau, pink dan lain sebagainya.

Harga dari sebuah chandelier juga masih dibanderol dengan harga yang cukup tinggi sekitar 12 jutaan per unitnya, sehingga masih dikategorikan sebagai furniture mewah.

Chandelier pada sekarang ini umumnya memiliki ukuran yang besar dan dilengkapi dengan detail yang rumit sehingga menjadi identik dengan desain rumah klasik.

Tampilan chandelier semakin bertambah mewah jika diberikan cat pelapis berwarna emas atau perak.

Desain chandelier yang mewah dan tidak ketinggalan jaman ini, semakin membuatnya disukai orang tidak hanya bagi mereka yang memiliki rumah bergaya klasik saja, namun dari berbagai jenis dan tema semua hunian.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Lampu gantung umumnya hanya menggunakan sebuah lampu saja untuk menerangi sebuah ruangan, namun jika chandelier terdiri dari beberapa lampu yang digabungkan menjadi satu.

Jenis – Jenis Chandelier

1#. Chandelier lampu pijar

Jika dulu chandelier menggunakan lilin, namun dengan seiring berkembangnya jaman, lilin digantikan dengan lampu pijar berukuran kecil dan cahaya yang dihasilkan sengaja dibuat samar agar menyerupai cahaya yang dihasilkan oleh lilin.

2#. Chandelier beaded and shell

Bentuk chandelier ini hampir sama dengan chandelier kristal, namun dilengkapi dengan hiasan berbentuk mutiara sebagai ornamen.

3#. Chandelier kristal kerang

Jenis chandelier yang lainnya adalah chandelier dengan bentuk menyerupai kristal namun terbuat dari kerang dan juga dilengkapi dengan dekorasi mutiara.

Chandelier ini biasanya digunakan pada rumah bergaya kontemporer dan mempunyai kelebihan mutiara yang berkilau seperti intan jika terkena sinar atau cahaya.

4#. Chadelier capiz

Chandilier jenis ini biasanya digunakan untuk ruangan yang santa dan tidak terlalu formal dan banyak orang menyangkan jika chandelier ini memiliki berat yang ringan.

Akan tetapi sebenarnya bobot dari chandelier ini lebih berat dan membutuhkan tiang penyangga yang kokoh untuk menahan beban chandelier yang satu ini.

5#. Mission Chandelier

Untuk anda yang memiliki desain rumah bergaya art deco, maka chandelier jenis ini sangat cocok untuk anda gunakan.

6#. Metal chandelier

Chandelier jenis ini terbuat dari material metal dan diberi ornamen dengan bentuk panjang menjuntai dan cahayanya mengarah pada sumber cahaya.

Hiasan dekorasi pada chandelier ini memiliki bentuk letter S ataupun kurva, sedangkan untuk memperlihatkan gaya yang lebih modern maka bisa menggunakan dekorasi berbentuk geometris.

Untuk finishing chandeliernya menggunakan kuningan, besi ataupun nikel poles.

7#. Chandelier antler

Chandelier jenis ini terbuat dari tanduk rusa yang memiliki penampilan sangat unik dan paling banyak digunakan.

Akan tetapi chandelier antler sangat jarang dijual karena rusa merupakan salah satu hewan dilindungi.

8#. Chandelier candle

Jenis chandelier selanjutnya adalah chandelier candle yang adalah bentuk asli dari sebuah chandelier.

Chandelier jenis ini biasanya dilengkapi dengan dekorasi berbentuk mangkuk yang digunakan sebagai tempat meletakkan lampu yang pada jaman dulunya digunakan sebagai tempat meletakkan lilin.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!