bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Membersihkan Bangunan Berjamur Paling Mudah

Bangunan berjamur memang sangat mengganggu dan menjengkelkan, jamru dan lumut sering untuk dijumpai terlebih pada material bangunan batu ataupun semen. Jamur dan lumut tersebut menyebabkan bangunan menjadi tidak lagi kuat, keropos dan pastinya akan membuat rumah tersebut menjadi tidak lagi memiliki nilai estetika. Tetapi, Anda tak perlu khawatir, bagi Anda yang memiliki rumah yang dihinggapi jamur, Anda dapat membersihkannya dengan mudah.

Bangunan Berjamur
Bangunan Berjamur

Baca juga: Cara Ini Bisa Mencegah Rumah Lembab dan Pengap

Bangunan Berjamur
Bangunan Berjamur

Namun tentunya Anda harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu sebelum akhirnya berhasil untuk menyingkirkan berbagai jamur dan lumut yang ada di bangunan rumah Anda tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa jenis jamur serta lumut yang beracun sehingga Anda perlu waspada ketika akan membersihkannya.

Ada beberapa tahap persiapan yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan bangunan berjamur tersebut. Tahap yang pertama adalah dengan selalu menggunakan sarung tangan serta masker ketika Anda akan membersihkan jamur dan lumut tersebut. Meskipun terlihat sepele, tetapi hal tersebut harus Anda perhatikan dengan seksama. Pasalnya ada beberapa jamur dan juga lumut yang beracun dan racun tersebut dapat menyebar melalui udara, sehingga Anda pun harus melindungi diri Anda dari kemungkinan terkena racun tersebut. Karena ketika Anda berada di dekat lumut dan jamur tersebut dan Anda tidak sengaja menghirupnya, maka kemungkinan Anda untuk terserang racun yang berasal dari lumut dan jamur tersebut besar dan akan memberikan efek yang parah pada diri Anda, seperti gatal-gatal dan gangguan pernapasan.

Sedangkan tahap persiapan yang kedua untuk membersihkan bangunan berjamur tersebut yaitu dengan membungkus tanaman serta furniture yang ada di sekitar lumut dan jamur tersebut dengan menggunakan plastic. Hal tersebut harus Anda lakukan untuk mengantisipasi agar tidak terkontaminasi oleh jamur dan lumut selama proses pembersihan yang Anda lakukan. Apabila Anda sudah selesai membersihkan jamur dan lumut pada bangunan tersebut, maka lepas dan buanglah bungkus plastic tersebut jauh dari tempat tinggal Anda, tujuannya adalah untuk menghindari adanya bibit ataupun racun yang mungkin menyebar dari bungkus plastic tersebut. Setelah tahap persiapan tersebut selesai Anda lakukan, maka selanjutnya Anda perlu melakukan tahap pembersihan.

Setidaknya ada tiga tahap pembersihan yang harus Anda lakukan, yang pertama yaitu dengan menggunakan bahan atau sabun tertentu untuk membersihkan jamur dan lumut ini di bangunan rumah Anda. Ada beberapa sabun yang sudah memiliki kandungan tertentu untuk membersihkan bagan bangunan berjamur, seperti material batu dan kayu. Tentunya sabun tersebut sudah teruji aman dan terjamin tidak akan menyebabkan kerusakan pada lapisan bahan bangunan Anda. Cara pengaplikasiannya adalah Anda hanya perlu melarutkannya pada air hangat dan kemudian usaplah pada batu ataupun kayu yang ditumbuhi jamur tersebut, usahakan untuk menggunakan spons ketika membersihkannya. Sedangkan untuk bagian yang berlumut lebat, biarkanlah sabun tersebut berada di bagian tersebut setidaknya selama 20 menit sebelum Anda bilas.

Tahap yang kedua untuk pembersihan di bangunan berjamur ini adalah dengan menggunakan sikat yang lembut. Untuk memaksimalkan dalam membersihkan lumut yang tebal, gunakanlah sikat yang lembut agar tidak merusak bahan bangunan dari rumah Anda tersebut. Untuk tahap ketiga, Anda perlu membilasnya dengan menggunakan selang. Setelah proses pencucian selesai, maka bilaslah dengan air mengalir yang berasal dari selang yang dapat memberikan aliran konstan yang dapat Anda atur sendiri kecepatan arusnya sehingga Anda dapat membilas bekas pencucian yang ada di bangunan Anda tersebut dengan maksimal.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!