bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah

Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah – Salah satu kebutuhan rumah yang termasuk penting adalah AC atau Air Conditioner khususnya pada negara Indonesia yang beriklim tropis ini.

Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah 3
Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah 3
Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah 2
Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah 2
Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah
Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah

Tidak hanya kita yang tinggal di negara beriklim panas, iklim yang tidak menentu juga membuat orang yang tinggal di daerah dingin juga terkadang memerlukan pendingin ruangan.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah 3
Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah 3
Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah 2
Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah 2
Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah
Cara Hemat Memakai AC Pada Interior Rumah

Akan tetapi banyak yang mengeluh jika penggunaan AC membuat boros listrik meski sudah memakai AC yang hemat energi sekalipun.

Sebetulnya, dengan pemakaian AC yang benar tidak akan membuat boros listrik dan AC dengan merk apapun juga akan lebih tahan lama jika digunakan dengan tepat.

Simak beberapa cara pemakaian AC yang benar sehingga bisa menghemat kebutuhan listrik dari kreasirumah.net di bawah ini.

Baca Juga: Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memilih Teralis Rumah

Pilih PK AC yang tepat

Tips pertama adalah jangan memakai AC dengan PK atau Paardekracht yang terlalu kecil, kenali juga dimensi ruangan dan juga kebutuhan keluarga anda.

Jika ruangan di rumah anda membutuhkan AC dengan PK 3/4 namun anda memakai AC dengan PK 1/2 maka akan membuat anda rugi, sebab dengan memakai PK kecil maka anda akan memakai AC dengan temperatur paling rendah dan kipas yang maksimal.

Ini hanya akan membuat AC bekerja dengan keras dan daya yang di pakai malah akan menjadi lebih sedikit besar.

Namun jika anda memakai PK yang lebih besar, maka daya yang akan di pakai akan lebih sedikit dan secara otomatis anda akan lebih irit, selain itu AC juga akan lebih tahan lama sehingga tidak akan bekerja secara terpaksa dan berat.

Anda juga harus berkonsultasi dengan seorang pakar saat anda memutuskan memasang AC yang tepat untuk rumah anda.

Atur temperatur dengan benar

Guna AC yang sebenarnya adalah bukan untuk mendinginkan sebuah ruangan akan tetapi membuat ruangan menjadi sejuk sehingga tubuh akan terasa nyaman pada ruangan tersebut.

Pada saat cuaca di luar ruangan sangat panas atau terik, maka anda jangan langsung memasang AC dengan suhu yang paling rendah dan kipas yang maksimal karena akan membuat AC memakai daya yang cukup besar.

Pasanglah temperatur AC dengan temperatur yang tidak terlalu rendah yakni sekitar 19 sampai 20 derajat celcius, namun jika anda masih merasa panas maka turunkan temperatur AC secara bertahap.

Dengan melakukan ini, maka kerja AC tidak akan terlalu berat sekaligus membuat tubuh bisa beradaptasi dengan temperatur yang berubah tersebut.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Ventilasi ruangan

Saat anda sedang memasang AC, maka pastikan jika semua ventilasi sudah tertutup dan juga pintu serta jendela.

Sebab jika ada ventilasi, pintu atau jendela yang masih terbuka maka AC akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai temperatur yang anda mau.

Selain itu, dengan terbukanya ventilasi, maka udara dingin yang dihasilkan oleh AC akan keluar dari ruangan anda dan udara panas akan masuk ke dalam ruangan.

Dengan begitu, udara dingin yang dihasilkan AC akan terbuang sia – sia serta membuat boros listrik.

Servis AC secara teratur

Seperti yang kita ketahui, barang elektronik yang kotor akan membuat kinerjanya semakin berkurang termasuk dalam hal ini adalah AC.

Bersihkan AC beserta komponen di dalamnya setidaknya 1 sampai 2 kali selama satu bulan supaya debu tidak menutup AC.

Anda juga dapat membersihkan filter dan juga koil AC itu sendiri, namun jika anda kurang memahami caranya atau tidak mempunyai waktu untuk membersihkannya, maka anda bisa menggunakan tenaga ahli untuk melakukannya.

Umumnya, tempat dimana anda membeli AC juga menyediakan jasa pembersihan AC dan anda bisa menggunakan layanan pembersihan AC tersebut.

Waktu penggunaan

Terkadang yang sering terjadi secara tidak terduga adalah listrik padam atau tanpa di sengaja anda menekan remote sehingga AC mati mendadak.

Apabila hal ini terjadi, maka jangan langsung menyalakan AC kembali, biarkan dulu AC dalam keadaan mati selama beberapa menit sebelum anda menyalakan AC kembali.

Selain itu, jangan biarkan AC menyala terlalu lama dan pasang pengatur waktu penggunaannya, akan lebih baik jika anda menggunakan AC maksimal selama 5 jam saja dan sesudah itu matikan AC selama beberapa waktu agar mesin bisa dingin sesudah digunakan selama beberapa jam.

Dengan melakukan beberapa tips yang kami berikan di atas, maka penggunaan AC akan lebih efektif, hemat dan juga awet.

Semoga beberapa tips yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda dalam pemakaian AC yang paling benar, selamat mencoba dan terima kasih sudah membaca artikel kami kali ini.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!