bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Memaksimalkan Tatanan Taman Halaman Rumah

Membicarakan sebuah rumah selalu identik dengan taman halaman rumah tersebut. Saat ini, sudah jarang ditemukan pemandangan pepohonan hijau, terutaman di daerah perkotaan seakan lahan sudah penuh dengan bangunan-bangunan tembok. Agar ekosistem tetap seimbang, seharusnya setiap rumah bisa memanfaatkan sebagian lahannya untuk penghijauan. Membuat halaman rumah yang asri dan alami bisa menjadi tindakan yang cerdas untuk membuat lingkungan tetap sehat.

taman minimalis
taman minimalis
taman minimalis
taman minimalis
Taman Halaman Rumah
Taman Halaman Rumah

Baca juga: Mendesain Kamar Tidur Anak Minimalis dan Unik

Taman Halaman Rumah
Taman Halaman Rumah
taman minimalis
taman minimalis
taman minimalis
taman minimalis

Taman halaman rumah memberi kesan pertama pada persepsi rumah. Taman yang terawat dan indah memiliki daya tarik tersendiri pada penampilan rumah. Setiap letak halaman rumah juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk taman halaman depan rumah berfungsi untuk hiasan rumah. Untuk halaman pinggir rumah biasanya untuk menanam pohon yang berdaun lebar agar bisa menyejukkan rumah.

Sedangkan halaman belakang rumah lebih difungsikan untuk tempat bersantai dan  berkumpul dengan keluarga. Setelah anda mengetahui fungsi dari setiap letak lahan untuk taman, anda bisa menentukan tujuan dan konsep untuk lahan yang akan anda garap sebagai taman di area rumah anda.

Jika anda akan memaksimalkan lahan rumah anda menjadi taman yang indah dan bermanfaat, berikut langkah-langkah yang harus anda ketahui dan lakukan ; dimulai dari fungsi pada letak taman yang telah dijelaskan sebelumnya. Taman halaman depan rumah yang berfungsi untuk hiasan rumah biasanya menggunakan berbagai komponen yang dapat memperindah taman diantaranya, rumput hijau, bunga, bebatuan, lampu taman, dsb. Dan tidak lupa untuk menentukan konsep taman agar sesuai dengan tema rumah tersebut. Agar selalu terlihat serasi dan selaras, pertimbangkan juga komposisi setiap komponen agar selalu seimbang dan menyesuaikan dengan luas lahan taman halaman rumah.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Cara memaksimalkan fungsi taman halaman rumah juga bisa dengan mempelajari lebih dalam tentang manfaat komponen yang akan digunakan misalnya, agar taman bisa terlihat indah dan bermanfaat, kita bisa menanam tanaman sayuran di depan rumah sehingga selain memperindah taman, kita bisa mengkonsumsi sayuran yang membuat kita sehat. Untuk menanam pepohonan, kita bisa memilih pepohonan yang berdaun lebar. Daun hijau yang lebar dapat menyaring udara kotor dari sekitar sehingga rumah menjadi sejuk. Untuk yang memiliki lahan luas, kita bisa mengaplikasikan komponen air. Komponen air sendiri memiliki banyak manfaat, suara gemericik dari air bisa memberikan efek ketenangan untuk fikiran, air juga bisa menurunkan suhu sekitar sehingga rumah kita bisa terasa sejuk. Lampu taman yang cantik juga bisa di simpan di depan rumah untuk melengkapi keindahan halaman depan rumah yang akan terlihat di siang maupun malam hari.

Seperti yang telah dijelaskan manfaatdari setiap komponen yang direkomendasikan, ada pula beberapa komponen yang dihindari untuk memaksimalkan keasrian taman. Diantaranya, disarankan untuk tidak memilih pohon yang memiliki akar yang telalu kuat karena akan merusak pondasi rumah, dan menghindari penggunaan pot tanaman agar taman tetap terlihat natural. Hindari pula aplikasi komponen yang berlebihan untuk menjaga keserasian taman.

Bagi anda yang memiliki lahan belakang rumah, anda bisa membuat taman belakang rumah yang berfungsi sebagi tempat bersantai. Taman halaman rumah yang terletak di belakang bisa dibuat apa saja sesuai dengan kebutuhan para penghuni rumah. Tidak lupa memperhitungkan luas lahan agar bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Untuk penghuni rumah yang suka berenang, membuat kolam renang di belakang rumah bisa menjadi ide cemerlang. Selain membuat anggota keluarga menjadi lebih sehat, mereka juga bisa menyalurkan hoby tanpa harus pergi ke tempat berenang umum.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!