bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Membangun Rumah 2 Lantai Paling Hemat

Cara Membangun Rumah 2 Lantai Paling Hemat – Pertumbuhan dan perkembangan masyarakat saat ini makin hari makin banyak saja di setiap tahun. Hal ini membuat kebutuhan rumah tinggal menjadi makin banyak. Padahal, ketersediaan lahan untuk tempat tinggal saat ini begitu terbatas. Sehingga, dibutuhkan sebuah cara membangun rumah 2 lantai yang paling hemat agar nantinya bisa membangun rumah lebih terjangkau lagi.

Rumah 2 Lantai
Rumah 2 Lantai

Baca juga: Cara Jitu Memanfaatkan Kopi dan Teh untuk Pewarna Tirai

Rumah 2 Lantai
Rumah 2 Lantai

Karena tinggal di rumah yang sempit dan kecil itu tidak baik untuk kesehatan keluarga. Apalagi bila rumah tersebut kurang terhadap sirkulasi udara. Sehingga, salah satu solusi terbaik agar bisa menampung semua orang adalah dengan cara membangun rumah lebih dari 1 lantai. Atau bisa dibilang meningkat rumah.

Hanya saja, kegiatan untuk membangun rumah ini tentu saja butuh dana yang besar. Ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Mau tahu kenapa? Karena kegiatan untuk meningkat rumah itu pada dasarnya sama dengan Anda membangun sebuah rumah baru ke dalam bangunan rumah yang sudah ada.

Otomatis dana yang dibutuhkan juga banyak. Belum lagi proses pembangunannya yang sudah pasti akan ribet sekali. Hal ini tentu akan membuat tempat tinggal Anda menjadi kotor sekali, karena adanya proses pembangunan itu. Maka dari itulah, sebelum Anda membangun rumah tingkat ini, sebaiknya pahami dulu sejumlah cara membangun rumah 2 lantai paling hemat di bawah ini, antara lain:

Perhitungkan Bagian Mana yang Ditingkat

Dalam proses kegiatan membangun rumah 2 lantai ini sebenarnya Anda tidak harus meningkat di semua bagian luas bangunan yang Anda miliki. Karena tentu saja itu akan membutuhkan dana yang sangat banyak. Anda hanya perlu meningkat setengahnya saja atau 2/3 luas rumah saja. Sehingga, bisa didapatkan penambahan space area untuk rumah Anda tersebut.

Maka dari itulah, sebaiknya perhitungkan baik-baik dan Anda harus meneliti bagian area mana yang nanti akan Anda tingkat. Sehingga, biaya yang dibutuhkan untuk meningkat rumah menjadi jauh lebih hemat. Selain itu, sebaiknya prioritaskan juga tentang ruangan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, jangan hanya meningkat karena untuk memenuhi keinginan Anda saja. Tapi, bangun rumah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih Material yang Tepat!

Sebenarnya cara membangun rumah 2 lantai ini sama halnya dengan Anda membangun bangunan yang baru ke dalam rumah Anda. Yang menjadi perbedaan disini adalah di bagian pembelian terhadap materialnya. Dimana pembeliannya disini tidak sebanyak ketika Anda membangun rumah Anda tersebut dari awal pembangunan.

Hanya terdapat beberapa material saja sebagai tambahan yang dibutuhkan dalam proses pembangunan rumah ini. Jadi, tidak semuanya benar-benar dibutuhkan. Maka dari itulah, sebaiknya pilih amterial yang baik untuk area rangka atapnya, dindingnya, penutup atap, kusen, dan daknya dengan baik. Itu karena area ini nantinya yang dijadikan sebagai fokus utama saat Anda membangun rumah 2 lantai ini.

Misalnya saja di bagian material rangka atapnya. Ada baiknya pilih yang berasal dari baja ringan. Hal ini dikarenakan beban yang dibebankan tersebut jauh lebih ringan dibandingkan Anda menggunakan rangka atap yang terbuat dari kayu. Bila material yang terdapat pada lantai 2 bangunan rumah Anda itu bebannya jauh lebih ringan dibandingkan dengan material yang digunakan pada lantai 1, otomatis pondasi rumah menjadi jauh lebih ringan saat menopang beban yang ada.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!