bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Tepat Memilih Batu Alam Untuk Memperindah Rumah

Cara Tepat Memilih Batu Alam Untuk Memperindah Rumah – Batuan alam yang digunakan untuk ornamen rumah, sekarang ini sudah mulai banyak untuk digunakan mulai dari ornamen pilar, dinding sampai ke lantai, warna dan juga jenis dari batu alam pun juga sangat beragam.

Cara Tepat Memilih Batu Alam Untuk Memperindah Rumah
Cara Tepat Memilih Batu Alam Untuk Memperindah Rumah

Batuan alam sendiri juga baik digunakan sebagai dekorasi interior ataupun eksterior rumah, namun dalam penggunaan batuan alam ini ada baiknya anda tidak asal dalam mengaplikasikannya.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Cara Tepat Memilih Batu Alam Untuk Memperindah Rumah
Cara Tepat Memilih Batu Alam Untuk Memperindah Rumah

Berikut ini kreasirumah.net akan membagikan beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika anda ingin mengalikasikan batuan alam di rumah anda, mulai dari sifat batuan alam tersebut sampai material bahan pendukungnya, silahkan disimak berikut ini.

1#. Memperhatikan sifat dari batuan alam

Batu alam sendiri memiliki dua sifat yaitu solid dan nonsolid. Batuan solid cocok untuk digunakan pada interior dan juga eksterior rumah anda.

Batuan solid ini memiliki ciri yang kuat, padat, tidak mudah patah dan juga keras.

Batu solid juga tidak menyerap air karena tidak memiliki pori yang juga disebut dengan memiliki sifat porositas.

Karena tidak menyerap air, batuan solid tidak mudah untuk ditumbuhi oleh lumut karena tidak ada rongga atau celah tempat masuknya udara dan air, sehingga batu solid sangat cocok diterapkan untuk eksterior rumah anda.

Beberapa contoh yang termasuk kedalam batuan solid adalah batuan malihan, batuan beku, andesit dan juga pacitoroso.

Tidak seperti batuan solid, batu nonsolid lebih cocok digunakan dalam interior rumah karena memiliki sifat mudah dibentuk, lembut dan juga bersifat porositas atau mudah sekali menyerap air dan juga memiliki celah udara sehingga mudah ditumbuhi oleh lumut.

Namun, batuan nonsolid tetap dapat digunakan pada eksterior rumah dengan syarat anda harus merawatnya dengan rajin. Batuan nonsolid juga sensitif terhadap cuaca dan anda harus melapisi batuan ini dengan coating.

Baca Juga: Desain Teras Belakang Rumah Minimalis Yang Menawan

2#.Sesuaikan dengan tema rumah

Setelah anda mengetahui sifat dari batu solid dan nonsolid, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan dengan tema dan konsep rumah yang anda usung.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Rumah minimalis modern:

Jika anda memiliki konsep rumah minimalis modern, maka batuan alam yang baik untuk digunakan adalah yang bertekstur polos dan warna yang tidak terlalu terang agar serasi dengan konsep bangunan rumah minimalis modern.

Contoh batuan yang cocok untuk rumah minimalis modern adalah purwakarta, salagendang dan andesit.

Dalam mengaplikasikan batuan alam untuk rumah minimalis modern haruslah dengan pola yang rapi dan sederhana berbentuk bujur sangkar, lurus, susun sirih dan lurus.

Rumah mediterania atau Eropa klasik:

Jika anda memiliki rumah bergaya mediterania atau eropa klasik, maka batuan alam yang sebaiknya digunakan adalah yang memiliki sifat elegan, kokoh sekaligus semiformal.

Beberapa contoh batuan yang cocok untuk rumah eropa klasik atau mediterania adalah baligreen, pacitoroso, paras jogja dan palimanan.

Rumah Tropis:

Untuk anda yang memiliki rumah bergaya tropis, maka batuan yang cocok digunakan adalah yang memiliki pola pemasangan fleksibel dan tidak kaku.

Warna yang dipilih juga haruslah warna yang teduh ataupun warna yang gelap seperti batu purwakarta, batu andesit atau salagendang.

Rumah tradisional modern:

Untuk rumah bergaya tradisional modern, pola yang dipilih bisa menggunakan pola acak agar kesan alami lebih terlihat.

Jenis batuan yang cocok untuk digunakan dalam rumah tradisional modern antara lain adalah candi belah, bronjol pelabuhan atau batu kali belah.

3#. Menyesuaikan dengan budget

Untuk harga dari batuan alam sangat bervariasi dan jika semakin solid batuan tersebut maka harganya akan semakin mahal dengan perkiraan sekitar Rp.55 Ribu sampai dengan Rp.170 Ribu per meter perseginya.

Harga tersebut baru harga dari batunya saja dan jika disatukan dengan harga dari pemasangan atau jasanya bisa mencapai Rp.300 Ribu sampai dengan Rp.800 Ribu.

Anda diharuskan lebih teliti dan selektif serta melakukan survei untuk mengetahui harga dari masing – masing jenis batu alam tersebut dan apabila budget anda sangat terbatas, anda bisa mengkombinasi batuan yang sesuai dengan patokan harganya.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Artikel Terkait:

  • tips memilih batu alam untuk dinding (1)
error: Content is protected !!