bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Tepat Mencari Lokasi Untuk Bangun Rumah Idaman

Cara Tepat Mencari Lokasi Untuk Bangun Rumah Idaman – Sebelum anda memutuskan untuk membangun rumah, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari lokasi paling tepat.

Cara Tepat Mencari Lokasi Untuk Bangun Rumah Idaman
Cara Tepat Mencari Lokasi Untuk Bangun Rumah Idaman

Akan tetapi akan menghasilkan dua pertimbangan yakni harga dan juga lokasinya, simak ulasan selengkapnya dari kreasirumah.net di bawah ini.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Cara Tepat Mencari Lokasi Untuk Bangun Rumah Idaman
Cara Tepat Mencari Lokasi Untuk Bangun Rumah Idaman

Baca Juga: Hal Penting Saat Desain Rumah Energi dan Hemat Biaya

Harga lahan

Harga menjadi pertimbangan pertama saat memilih sebuah lahan jika anda ingin membangun rumah berdasarkan dana yang anda miliki.

Kisaran harga yang harus anda keluarkan saat membeli sebuah lahan adalah harga lahan umumnya adalah 17 sampai 20 % dari total biaya bangun rumah namun tidak menutup kemungkinan bisa sampai 25 % saat anda ingin lokasi strategis di pusat kota.

Sebagai contoh, jika dana anda 300 juta, maka lahan yang harus anda beli adalah 60 juta [20 % dari budget], sementara sisanya 240 juta merupakan biaya untuk konstruksi dan juga termasuk legalitas, material, jasa arsitek dan juga kontraktor.

Ada sebagian orang yang menginginkan lokasi strategis dan dekat dengan fasilitas umum seperti tempat kerja, jalan tol, supermarket dan lain sbegainya.

Namun meski rumah di bangun agak jauh dari pusat kota juga banyak disenangi karena alasan pemandangan, ketenangan dan juga udara yang lebih segar.

Sawah atau rawa

Tanah yang ada di lokasi ini umumnya tidak stabil dan anda juga harus memilih pondasi yang benar dengan tes tanah laboratorium, selain itu tanah juga perlu dipadatkan agar bisa di pakai untuk pondasi.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Untuk rumah berlantai 1 hanya cukup dengan pondasi batu kali saja, akan tetapi untuk ruah lantai 2 memerlukan tiang pancang supaya pondasi bisa lebih kuat menahan beban bangunan rumah tersebut.

Tiang pancang memiliki harga yang lebih terjangkau dan proses pemasangan juga terbilang cepat jika dibandingkan dengan bored pile, akan tetapi anda juga perlu mempertimbangkan bangunan yang ada di sekitar agar bisa memperkecil retak dinding karena getaran.

Perkebunan atau hutan

Anda juga sebaiknya menghindari tanah bekas perkebunan atau hutan sebab anda akan memerlukan biaya tambahan untuk antisipasi rayap.

Hal ini karena kebun atau hutan menyimpan sumber pakan rayap tanah sehingga dibutuhkan treatment anti rayap yang meliputi penyemprotan zat anti rayap pada galian pondasi dan juga permukaan tanah.

Gunung kapur

Saat anda membangun pondasi di lahan pegunungan batu kapur maka anda akan menghemat biaya sebab tanah keras umumnya tidak terlalu dalam dan beberapa rumah biasanya membutuhkan sloof saja sebab sudah berdiri di tanah yang keras atau bebatuan.

Pantai

Tanah yang berada di lokasi pantai juga labil dan jika anda ingin membangun pondasi maka harus memakai semen khusus untuk terhindar dari pengikisan air laut.

Masih ada berbagai jenis pondasi yang bisa anda temukan seperti tiang pancang kayu, pondasi slab, tiang pancang beton, foot plat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pastikan anda selalu memakai tes tanah da juga berkonsultasi dengan kontraktor anda tentang pondasi yang paling tepat untuk rumah anda dan jika anda sudah menemukan lokasi yang cocok untuk membangun rumah maka anda bisa meneruskan untuk mencari kontraktor terbaik untuk rumah impian anda.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!