bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Jangan Abaikan 5 Jenis Cat Anti Bocor Ini, Ini Alasannya!

Jangan Abaikan 5 Jenis Cat Anti Bocor Ini, Ini Alasannya – Jika musim hujan tiba, terkadang atap rumah dan bagian dinding rumah menjadi rapuh. Hal tersebut dapat memicu kebocoran pada atap. Pada dinding juga mengalami fase berkeringat. Biasanya itu terjadi karena cat tembok dan atap yang tidak berfungsi dengan baik

Cat Anti Bocor
Cat Anti Bocor

Pemilihan cat anti bocor yang tepat harus dilakukan agar rumah terhindar dari kerusakan jangka panjang. Hal demikian dapat menyebabkan ketidaknyamanan para penghuni rumah dan terganggunya aktivitas rumah tangga. Jika terindikasi kebocoran sebaiknya ada langkah preventif yang cepat untuk mengatasinya.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Cat Anti Bocor
Cat Anti Bocor

Baca Juga: Mencari Furniture Kayu Yang Berkualitas? Baca Ini Dulu!

Lubang atau retakan pada atap atau dinding harus segera ditambal dengan pelapis yang tahan gangguan cuaca. Namun demikian dalam memilih cat anti bocor Anda harus teliti. Pastikan memilih cat anti bocor yang sesuai dengan karakteristik yang mendukung bahan konstruksi rumah Anda. untuk mempermudah, berikut ada 5 jenis cat anti bocor yang perlu Anda ketahui:

  1. Jenis polimer

Jenis cat anti bocor polimer ini sangat populer karena untuk pengaplikasiannya cenderung praktis dan mudah. Polimer terbuat dari bahan sejenis plastik dengan bentuk pasta yang elastis. Dengan bahan yang elastis cat anti bocor atau waterproof ini akan mengikuti pemuaian pada bangunan. Karena pada dasarnya bangunan tambah lama akan bertambah menyusut. Namun, sebaiknya cat anti bocor jenis polimer jangan di gunakan untuk bidang yang terendam air secara terus-menerus seperti pada kolam renang.

  1. Jenis Bitumen

Bitumen adalah jenis cat anti bocor yang berbahan dasar aspal. Biasanya bitumen tersedia dalam bentuk pasta dan berupa gulungan. Penggunaannya lebih mudah karena tinggal tempel seperti menempel sticker. Jenis ini lebih tahan lama karena bahan dasar yang digunakannya.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
  1. Jenis coating

Cat anti bocor jenis ini juga memiliki daya rekat yang lebih lama. Hal ini karena bahan dasar jenis coating adalah styrin dan acrylic. Tetapi, jenis ini di jual dengan harga yang lumayan lebih mahal dari jenis lainnya. Tentu biasanya harga mahal diimbangi dengan kualitas yang dihasilkan akan lebih baik

  1. Jenis comentius

Fungsi utama dari jenis cat anti air comentius ini adalah membuat beton lebih kuat dan kedap air. Berbahan dasar semen dan zat adiktif menjadikan jenis cat ini tahan lebih lama. Waterproof jenis ini cocok diaplikasikan pada bidang konstruksi yang selalu terendam air.  Selain itu, kekuatan daya tahan yang lama terhadap sinar matahari juga menjadi nilai tambah cat jenis ini. Ada tips akurat jika Anda akan melapisi konstruksi bangunan rumah Anda dengan cat anti bocor ini. Yaitu dengan melakukan pelapisan lebih dari satu kali dengan mengarahkan kuas secara menyilang atau saling berlawanan arah

  1. Jenis membrane

Jenis waterproof ini bisa digunakan untuk melapisi atap beton dan sejenisnya. Berbahan dasar minyak yang sejenis dengan aspal membuat daya rekat cat ini sangat tinggi. Anda dapat menggunakan cat jenis ini untuk konstruksi yang menggunakan banyak beton.

Memilih cat anti bocor memang tidak mudah. Anda harus menyesuaikan dengan karakter bangunan rumah yang ditempati. Dibutuhkan pengetahuan yang memadai untuk hal ini. Belum lagi, faktor lain yang mempengaruhi terjadinya kebocoran seperti paparan sinar matahari, tingkat perawatan yang rendah, hama pengganggu seperti kotoran tikus dan lain sebaiknya. Sebelum melakukan penambalan, Anda juga perlu memperhatikan faktor kebersihan dan tingkat kerusakan pada atap. Usahakan melakukan perencanaan yang matang serta evaluasi agar dapat mengantisipasi kejadian yang sama tidak terjadi lagi.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!