bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Contoh Tipe Rumah Joglo yang Menawan

Contoh Tipe Rumah Joglo yang Menawan – Saat Anda ingin membangun sebuah rumah yang cantik, maka mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membangun sebuah tipe rumah Joglo yang menawan. Karena, sebagai warga Indonesia, sudah seharusnya Anda ikut membantu melestarikan dan menjaga kebudayaan dan kekayaan desain negeri ini, salah satunya adalah dengan membangun sebuah rumah Joglo.

Contoh Tipe Rumah Joglo yang Menawan
Contoh Tipe Rumah Joglo yang Menawan

Baca juga: Gambar Interior Rumah Type 60 Minimalis

Contoh Tipe Rumah Joglo yang Menawan
Contoh Tipe Rumah Joglo yang Menawan

Rumah ini berasal dari Jawa Tengah. Mau tahu seperti apakah rumah Joglo itu? Simak ulasan kami berikut ini!

Serba-Serbi Tipe Rumah Joglo

Terdapat sebuah pepatah yang menyatakan bahwa tidak kenal, maka tidak akan saying. Hal tersebut juga berlaku untuk sebuah kebudayaan. Dimana tidak kenal, maka juga tidak akan tahu. Maka dari itulah, kali ini kami akan perkenalkan tentang varian tipe rumah Joglo.

Sebenarnya, rumah joglo ini adalah rumah adat dari Jawa Tengah yang didesain dengan khas symbol kebudayaan. Entah itu dari kerangkanya sendiri sampai dengan di bagian ruangannya yang lengkap dengan maknanya yang sangat berarti. Karena, pada umumnya, rumah ini punya 4 pillar utama sebagai symbol 4 arah mata angina, yaitu barat, selatan, utara, dan timur.

Rumah ini dulunya hanya boleh dibangun oleh para bangsawan. Dan rumah inipun juga memiliki bebrapa bagian penting yang berbeda dari rumah pada umumnya, antara lain seperti pringgitan, pendopo, da nada juga omah njero, atau disebut juga dengan omah ndalam. Lebih lengkapnya ada di bawah ini:

Pendopo



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Ini adalah bagian tipe rumah Joglo yang berguna untuk menerima tamu, atau disebut juga dengan ruang tamu, namun letaknya ada di luar dan berada di tempat yang terbuka. Tempat ini pada umumnya tidak dilengkapi dengan meja dan kursi sebagaimana umumnya dari ruang tamu modern. Karena tempat ini biasanya hanya dilengkapi dengan tikar atau karpet.

Pringgitan

Setelah melewati pendopo, Anda akan memasuki ruang tengah di antara omah dalem dan juga pendopo, yang dinamakan sebagai pringgitan. Rumah ini adalah untuk menerima tamu yang hubungannya dekat dengna pemilik rumah, misalnya saja untuk menerima saudara.

Omah dalem

Ini adalah bagian terakhir pada tipe rumah Joglo yang berguna untuk tempat bercengkrama para anggota keluarga yang tersusun atas bagian ruangan, yang meliputi ruang keluarga dan juga 3 kamar yang fungsinya berbeda – beda.

Terdapat banyak sekali konsep yang bisa dipilih dalam menciptakan sebuah hunian rumah Joglo. Jadi, meskipun konsep utamanya ini memakai gaya klasik, akan tetapi dengan kombinasi modern, rumah ini bisa menjadi lebih cantik sapa seperti rumah impian Anda anntinya.

Nah, dari penjelasan di atas, mungkin contoh tipe rumah ini bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam membangun rumah Joglo Anda di masa yang akan dating. Bagaimana pun juga, sebagai warga Indonesia, sudah sewajarnya bila Anda turut melestarikan budaya yang Anda miliki. Salah satu cara untuk melestarikan budaya itu adalah dengan membangun sebuah rumah adat yang kini eksistensinya sudah hamper tidak terkalahkan dari rumah modern masa kini.

Semoga dengan adanya penjelasan tipe rumah Joglo di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Selain itu, semoga dengan adanya penjelasan di atas, dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah konsep rumah yang cantik untuk Anda nantinya. Dengan adanya contoh desain rumah joglo inilah bisa Anda jadikan juga sebagai awal kepedulian Anda terhadap kebudayaan yang kini telah makin hilang.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!