bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Membuat Corak Terrazzo untuk Jam Dinding Paling Mudah

Cara Membuat Corak Terrazzo untuk Jam Dinding Paling Mudah – Sebenarnya, jika Anda mau lebih kreatif lagi, ada banyak ragam cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tampilan dekorasi rumah menjadi lebih cantik lagi. Salah satunya adalah dengan menciptakan sebuah benda dekorasi sendiri di rumah, yang kerap sekali disebut juga dengan DIY.

Corak Terrazzo
Corak Terrazzo

Baca juga: Solusi Mengatasi Dampak Negatif dari Dekorasi Dinding Cermin

Corak Terrazzo
Corak Terrazzo

Nah, kali ini kami akan berikan sebuah cara untuk membuat yang namanya DIY dari bahan-bahan yang ada di rumah, yang berasal dari corak terrazzo untuk dekoarsi jam dinding Anda di rumah, antara lain:

Bahan Bahan yang Harus Disiapkan

  • Cetakan
  • Kepingan keramik
  • Lem
  • Semen gypsum
  • Alas jam dinding
  • Jarum jam dinding
  • Kuas cat
  • Baterai
  • Cat akrilik
  • Sebuah balok kayu

Alat Alat yang Harus Disiapkan

  • Sekrup bor berukuran ¼
  • Gunting, amplas, dan cutter.

Cara Pembuatan DIY Corak Terrazzo

Pertama, ambil sebuah wadah untuk cetakan yang nanti akan dipakai untuk membuat sebuah jam dinding. Setelah itu, letakkan kepingan-kepingan keramik di dalam wadah tersebut. Pstikan bahwa Anda telah menaruh kepingan keramik itu ke dalam posisi yang terbalik. Karena nanti bila bentuk jam dindingnya jadi, maka posisi belakangnya akan menjadi posisi depan dari jam tersebut. Sehingga, semuanya akan menjadi terbalik.

Kedua, segera saja campur antara air dan semen gypsum secukupnya, sambil diaduk-aduk hingga keduanya tercampur rata dan menajdi adonan yang lembut. Kemudian, masukkan cat akrilik sedikit saja saat adonan tersebut telah mengental dan lembut ke dalam adonan tersebut agar adonannya menjadi sedikit lebih cair.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Ketiga, tuang adonan gypsum itu ke dalam sebuah wadah cetakan secara perlahan-lahan. Setidaknya, tuang adonan gypsum ini nanti sampai dengan ketebalan mencapai ½ inchi agar nantinya jam dinding tersebut bisa muat dan pas pada tatakan dan alas untuk jam dinding nanti.

Ke-empat, ketuk-ketuk wadah cetakannya secara perlahan-lahan. Selanjutnya, ratakan adonannya agar ketika adonan tersebut kering, maka permukaannya bisa rapi dan rata. Setelah itu, diamkan saja adonan ini hingga 1 jam penuh, setidaknya sampai terasa dingin.

Kelima, jika sudah kurang lebih dibiarkan hingga 1 jam, maka lakukan pengecekan lagi adonan gypsum tadi. Bila nanti ketika Anda menyentuhnya bagian permukaan adonannya sudah terasa dingin, maka itu artinya Anda sudah boleh segera langsung mengelupas adonan gypsum tersebut secara perlahan-lahan.

Dalam hal ini, tidak perlu khawatir bila nanti ada bagian kecil yang sulit untuk dikelupas. Karena Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan cutter, gunting, atau sebuah amplas.

Ke-enam, ketika permukaan jam dinding sudah bersih dan beres dari bekas adonan gypsum tadi, segera saja haluskan kembali semua bagian permukaan adonan ini dan sudut-sudutnya menggunakan sebuah amplas. Setelah itu, ambil sebuah penggaris agar didapatkan garis tengahnya. Dimana Anda nantinya bisa menaruh jarum untuk jam dinding nanti pada bentuk corak terrazzo pada jam dinding ini nanti.

Jika sudah didapatkan sebuah garis tengahnya, maka segera saja bor hingga mendetail dan secara presisi. Jika nantinya lubang bagian jarum jam dinding ini nanti sudah di bor dengan sangat sempurna, maka langsung saja siapkan bagian alas untuk jam dinding beserta jarum jamnya. Setelah itu, pasang sebuah baterai, beserta jarum jam dindingnya. Kemudian, gantung jamnya di dinding rumah. Selesai!

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!