bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Desain Rumah Kayu Minimalis

Cara desain rumah kayu minimalis – Jika dulu orang membuat sebuah desain rumah kayu itu dikarenakan memang kondisi ekonominya tidak mendukung, sehingga mereka tidak mampu membangun sebuah rumah menggunakan dinding dan beton karena butuh biaya yang besar, kini semuanya menjadi terbalik.

Desain Rumah Kayu
Desain Rumah Kayu

Rumah kayu sekarang ini bernilai lebih untuk sebuah investasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan harga kayu sekarang ini menjadi cukup mahal. Sehingga, bila dulu rumah – rumah kayu dianggap kelas bersosial rendah, kini semuanya berubah dan telah terkikis dikarenakan harga material kayu yang semakin meningkat di pasar.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Desain Rumah Kayu
Desain Rumah Kayu

Baca juga: Cara Mensiasati Pengaturan Rumah Minimalis Type 36

Rumah yang berasal dari kayu itu tidak terlepas dari yang namanya unsur tradisional. Ini bisa dilihat dari banyaknya rumah dan restoran yang sekarang ini lebih berfokus ke alam. Sehingga, tidak dipungkiri pula bila sekarang ini rumah kayu dilihat sebagai sebuah rumah tradisional bernilai lebih atau bahkan lebih tinggi dari rumah yang berasal dari beton. Tapi, bagaimana cara membuatnya?

Proses Pembuatan Desain Rumah Kayu Minimalis

Sebenarnya untuk membuat sebuah rumah kayu itu sangat mudah. Karena proses pembuatannya bisa dilakukan menggunakan langkah – langkah yang sederhana, sehingga bisa menghasilkan sebuah desain rumah kayu yang minimalis, kokoh, indah, nyaman, dan lebih terjangkau harganya. Inilah proses tahapan dalam pembuatan rumah kayu minimalis, antara lain:



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
  1. Harus ada data lahan dan daftar rencana untuk pembuatan rumah kayu.
  2. Harus ada penentuan struktur dan bentuk rumah dalam sebuah gambar.
  3. Harus menghitung struktur kayu yang dibutuhkan untuk melihat kualitas dan dimensi kayu. Dari kualitas inilah, Anda bisa melihat apakah jenis kayu tersebut ekonomis dan aman, sehingga bisa digunakan untuk bagian yang structural, misalnya saja seperti kolom, kuda bingkai rumah atap, dan balok.
  4. Membuat sebuah gambar atau sketsa detail dari struktur rumah kayu berdasarkan pada perhitungan sebelumnya.
  5. Melakukan perhitungan RAB.
  6. Melakukan pengadaan terhadap bahan bangunan secara total.
  7. Proses pembangunan memakai system kerja yang sama seperti gambar desain yang sudah ditentukan.
  8. Melakukan perawatan dan pemeliharaan rumah dari semua hal yang bisa merusak, misalnya saja seperti serangga dan atap bocor yang bisa merusak kayu.

Syarat untuk Membangun sebuah Rumah Kayu

Untuk menciptakan sebuah desain rumah kayu yang sempurna, dibutuhkan sebuah ketentuana tau persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Beberapa persyaratan tersebut meliputi di bawah ini:

  1. Lokasi rumah. Ini penting sekali. Karena lokasinya harus bebas dari semua unsur yang bisa merusak bahan yang terbuat dari kayu. Jadi, jangan pernah membangun rumah kayu di dekat laut. Karena airnya bisa merusak kayu secara permanen.
  2. Pemilihan jenis kayunya. Ini harus diperhatikan. Karena kualitas akan mempengaruhi hasil bangunan dan kekuatannya sendiri.
  3. Proses pengawetan. Ini juga penting sekali. Karena untuk mempertahankan elemen kayu supaya tidak mudah keropos dan rusak itu penting sekali. Maka dari itulah, Anda perlu melakukan proses pengawetan kayu dengan cara pencelupan atau dengna cara mengecat permukaan kayu yang dipakai.

Untuk lebih amannya dan supaya lebih tahan lama, sebaiknya saat Anda ingin menciptakan sebuah desain rumah kayu, maka pastikan bahwa Anda tidak melewatkan proses pengecatan atau penambahan sebuah lukisan pada bahan kayu tersebut. Dengan begitu, kayu tersebut bisa terbebas dan aman dari serangan serangga dan rayap. Tak hanya itu saja, cara ini juga cukup ampuh untuk melindungi kayu supaya tidak mudah lapuk.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!