bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Desain Rumah Tropis Hemat Energi Ramah Lingkungan

Desain Rumah Tropis ~ Mungkin anda belum terbiasa dengan istilah rumah tropis. Secara sederhana, rumah tropis ialah rumah yang setiap elemen dan desainnya memang dirancang sedemikian rupa, sehingga rumah tersebut dapat dengan nyaman ditinggali pada saat musim tropis. Rumah ini juga sering dikait-kaitkan dengan rumah hemat energi. Karena rumah ini sedikit lebih berbeda, maka desain rumah tropis hemat energi juga berbeda dari rumah biasanya. Ketika sedang dalam musim panas alias tropis, tentu senjata utama yang tidak bisa anda jauhi ialah AC atau kipas angin. Namun, demi bisa menghemat energi, anda harus bisa mengurangi pemakaian kedua benda tersebut. Ini sebabnya desain rumah tropis hemat energi kini semakin digalakkan dan menjadi salah satu terobosan yang masih terus dikembangkan hingga kini. Agar anda bisa membuat desain rumah tropis hemat energi dengan benar, berikut beberapa tips yang sebaiknya anda pertimbangkan :

rumah tropis karya arsitek indonesia
rumah tropis karya arsitek indonesia
rumah tropis modern 2 lantai
rumah tropis modern 2 lantai
rumah tropis modern yang ideal
rumah tropis modern yang ideal

1. Sirkulasi Udara
Jika anda ingin desain rumah tropis hemat energi anda bekerja dengan baik, maka salah satu hal utama yang harus anda pikirkan dengan baik ialah sirkulasi udara. Dengan udara yang dapat masuk dengan baik, maka rumah ada tidak akan terasa terlalu panas. Anda sebaiknya memberikan ventilasi yang cukup pada setiap ruangan anda. untuk desain rumah tropis hemat energi ini sendiri, ventilasi silang merupakan jenis ventilasi yang disarankan bagi anda. Baca juga: Gambar Desain Rumah Bertingkat Tipe 90 Tampak Depan

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
rumah tropis modern 2 lantai
rumah tropis modern 2 lantai
rumah tropis modern yang ideal
rumah tropis modern yang ideal
rumah tropis minimalis 1 lantai
rumah tropis minimalis 1 lantai


Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

2. Posisi Rumah
Posisi yang anda pilih untuk membangun rumah juga akan menentukan, apakah rumah anda akan tetap nyaman ditinggal ketika musim tropis tiba atau tidak.
Pastikan rumah anda mendapatkan cahaya yang cukup, namun tetap jangan berlebihan. Akan lebih baik jika anda bisa menemukan posisi dimana rumah bisa mendapatkan sinar matahari pagi dengan maksimal.

3. Pencahayaan
Poin ketiga ini sangat berkaitan dengan posisi rumah anda. meskipun anda menyiapkan desain rumah tropis hemat energi, bukan berarti anda harus menghindari cahaya matahari. Anda harus tetap memastikan bahwa rumah anda mendapatkan cahaya melalui jendela.
Arah selatan atau utara menjadi arah yang tepat bagi rumah anda agar bisa mendapatkan cahaya matahari.

4. Tanaman
Demi bisa menyejukkan rumah anda ketika musim tropis tiba, sebaiknya anda melengkapi desain rumah tropis hemat energi dengan beberapa tanaman. Jika anda memiliki halaman yang cukup, tidak ada salahnya untuk anda membuat taman.
Namun, jika anda tidak memiliki halaman yang memadai, menanam satu atau dua pohon di dekat rumah anda sudah lumayan cukup. Sisanya anda bisa menambahkan beberapa pot bunga.

5. Membuat Kolam
Selain memberikan beberapa tumbuhan, membuat kolam ikan juga akan memberikan kesan yang sejuk untuk desain rumah tropis hemat energi.

Dengan memiliki kolam ikan, rumah anda juga akan terlihat lebih indah dan lebih hidup. Dengan ikan yang berwarna warni dan suara gemericik sair dari kolam juga akan dapat memberikan anda ketenangan setelah anda merasa penat karena pekerjaan. Baca juga: Warna Cat Model Rumah Minimalis Tipe 45 Tampak Depan

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Artikel Terkait:

  • desain rumah ramah lingkungan (2)
  • desain rumah tropis modern (1)
  • design rumah unik hemat energi (1)
  • rumah hemat energi di indonesia (1)
error: Content is protected !!