bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Desain Tipe Rumah Limasan Adat Jawa

Desain Tipe Rumah Limasan Adat Jawa – Pada dasarnya, tipe rumah limasan yang berasal dari khas jawa ini merupakan sebuah rumah yang berasal dari arsitektur tradisional dari masyarakat Jawa yang telah berkembang dari abad ke – 13.

tipe rumah limasan
tipe rumah limasan

Rumah ini tersusun atas 5 dasar tipe pokok, antara lain rumah joglo beratap joglo, rumah limasan beratap limas, rumah kampong beratap pelana, rumah panggang pe, dan juga mesjidan atau talug.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
tipe rumah limasan
tipe rumah limasan

Baca juga: Ide Tipe Rumah Orang Barat Bergaya Minimalis

Nah, dalam kesempatan kali ini akan kami berikan review seputar tipe rumah limasan yang bisa Anda jadikan sebagai acuan saat ingin mendesain sebuah rumah tersebut.

Yang pasti, limasan merupakan sebuah rumah yang didesain oleh arsitektur tradisional Jawa. Dimana rumah ini pada dasarnya sudah ada dari zaman nenek moyang suku Jawa dari dulu. Hal ini terbukti dengan kemunculan relief yang menunjukan keberadaan rumah ini.

Jadi, tidak sekedar asal membangun saja, tipe rumah limasan ini juga memiliki falsafah dan nilai yang sosiokultural. Di samping itu, rumah ini juga dikenal mempunyai desain rumah yang sederhana dan juga indah.

Kelebihan yang lainnya dari tipe rumah limasan ini adalah bisa meredam gempa dengan sangat baik. Karena memang bangunan ini selalu memiliki ciri khas yang kokoh di bagian kontruksi atapnya. Karena bentuknya lengkungan yang terpisah dalam sebuah ruangan dengan ruangan yang lain. Rumah limasan ini umumnya dibangun atas 4 tiang utama.

Bangunan tradisional berciri khas tipe rumah limasan ini menggunakan elemen yang natural. Selain itu, kemampuannya dalam meredam gempa dengan baik ini dikarenakan system struktur yang dipakai cukup baik. Struktur ini berupa rangka yang menunjukkan batang kayunya yang tersusun dengan menggunakan bentuk kubus yang beratap limas.  Ini didasarkan pada system dan sifat sambungan kayu yang dipakai, semuanya mengantisipasi adanya gaya tarik.

Simplenya, kemampuan untuk meredam gempa ini karena material antar strukturnya saling berkaitan, dan memiliki sambungan antar kayu yang tidak kaku, sehingga menjadikan bangunannya lebih fleksibel dan punya toleransi yang lebih baik terhadap gempa.

Hal yang lainnya yang membuat tipe rumah limasan ini bisa meredam gempa lebih baik adalah dikarenakan adanya system sambungan dan tumpuannya. System tumpuan bangunan yang digunakan untuk rumah ini biasanya memakai sendi. Ini berguna untuk mengimbangi struktur bagian atas yang sifatnya jepit.

Sementara untuk system sambugannya tidak menggunakan paku, namun memakai bantuan lidah alur yang membuatnya lebih toleran terhadap gaya yang bekerja pada batang kayunya. Toleransi inilah yang nantinya menimbulkan adanya friksi, sehingga menjadikan bangunan lebih akomodatif saat menerima adanya guncangan gempa.

Tak sekedar itu saja, kemampuan tipe rumah limasan ini saat meredam gempa ini dikarenakan material yang dipakai rumah ini memakai kayu di bagian dindingnya, sedangkan untuk atapnya berasal dari tanah liat. Material ini sangat ringan, sehingga baik untuk atap dan tidak membebani bangunannya.

Untuk penutup atapnya sendiri memakai jerami, daun tebu, daun kelapa, sirap, dan juga ilalang yang bersifat ringan. Inilah macam-macam dari tipe rumah limasan, antara lain:

Tipe Rumah Limasan Lambang Sari

Rumah ini memiliki ciri khas yang khusus, yaitu memiliki blok penyambung di antara atap berunjungnya dengan bagian atap penanggapnya. Tiang yang digunakan umumnya sebanyak 16 buah, dan atap bangunannya berjumlah 4 buah sisi yang tersusun atas 2 buah. Hal ini dikarenakan ada renggangan pada kedua belah atap penanggapnya dan berunjungnya.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!