bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Mengatasi Dinding Rumah yang Lembab

Dinding rumah menjadi salah satu sisi yang tak dapat Anda anggap remeh begitu saja, karena material yang Anda gunakan pada dinding tersebut sangat mempengaruhi kenyamanan dan kelangsungan hidup Anda di rumah tersebut. Apalagi untuk bagian tersebut banyak yang mengeluh karena dinding mereka lembab sehingga tak jarang mengganggu kegiatan mereka di dalam rumah. Perlu Anda ketahui bahwa banyak faktor yang dapat menyebabkan dinding yang ada di rumah Anda tersebut menjadi lembab, sehingga jika Anda biarkan secara terus menerus maka akan tumbuh jamur pada dinding tersebut. Sebenarnya untuk menghilangkan jamur pada dinding ini sangat mudah, pastinya dengan menghindari dinding Anda menjadi lembab. Kalaupun dinding Anda sudah terlanjur lembab, maka ada cara mudah untuk mengatasinya, asalkan Anda sendiri mampu mengetahui apa penyebab dinding Anda menjadi lembab tersebut.

Dinding Rumah
Dinding Rumah

Baca juga: Bosan dengan Granit, Ini Alternatif untuk Kitchen Countertop

Dinding Rumah
Dinding Rumah

Perhatikan pembatas yang Anda gunakan di rumah Anda terlebih jika dinding yang ada di rumah Anda menjadi lembab. Hal tersebut mungkin disebabkan karena dinding tersebut menjadi pembatas antara ruangan dengan kamar mandi yang ada di rumah. Pasalnya kamar mandi memang memiliki kelembaban yang tinggi yang memungkinkan dinding pembatas tersebut juga akan mengalami kelembaban yang sama. Faktor lainnya yang dapat menyebabkan dinding rumah Anda menjadi lembab adalah karena ada atap yang bocor. Sehingga saat hujan turun, muncul titik-titik yang menetes pada dinding dan membuat dinding tersebut lembab seketika. Maka untuk mengatasinya, Anda harus memperbaiki terlebih dahulu atap yang bocor tersebut.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Setelah mengetahui apa penyebab dari lembabnya dinding rumah Anda tersebut, selanjutnya Anda dapat melakukan beberapa hal untuk memperbaikinya. Namun setelah hal tersebut terselesaikan, maka selanjutnya usahakan untuk tidak lagi membuat dinding di rumah Anda menjadi lembab, kecuali jika memang lokasi rumah Anda merupakan wilayah dengan kelembaban yang tinggi atau juga dinding tersebut merupakan pembatas antara ruangan dengan kamar mandi. Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mencegah kelembapan pada dinding Anda. Tips pertama yaitu ketika rumah Anda dekat dengan irigasi dan cat luar rumah Anda langsung terkena paparan sinar matahari, maka sebaiknya Anda menggunakan cat waterproof untuk digunakan pada bagian luar rumah Anda tersebut.

Sedangkan untuk dinding rumah bagian dalam, Anda dapat menggunakan sealer sebelum Anda melakukan pengecatan pada dinding tersebut. Sehingga nantinya ada dua lapisan yang akan melindungi dinding Anda dari kelembapan. Tetapi jika Anda sudah terlanjut mengecat dinding tersebut dan keadaan dinding tersebut sudah lembab atau berjamur, maka Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk memperbaikinya. Hal yang dapat Anda lakukan pertama adalah dengan membersihkan jamur pada dinding tersebut, bahkan jika perlu Anda pun dapat mengelupas cat yang sudah lama. Lalu Anda dapat melapisinya dengan sealer pada bagian dinding yang sudah Anda kelupas tadi. Hal tersebut bertujuan untuk menggantikan cat serta mencegah terjadinya kelembaban pada dinding di bagian yang sama.

Namun Anda harus menunggu sealer pada dinding rumah tersebut benar-benar kering sebelum Anda dapat mengecatnya kembali, setidaknya Anda harus menunggu sekitar satu sampai dua hari setelah penggunaan sealer tersebut. Pada tahap terakhir, yaitu pengecatan harus Anda perhatikan secara seksama karena dibutuhkan kesempurnaan. Usahakan untuk tidak mengulang pengecatan tersebut dilain waktu karena dinding tersebut tetap akan lembab. Maka jika Anda ingin merenovasi rumah, serahkan hal tersebut kepada pihak yang telah berpengalaman dan lebih memahaminya.

 

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!