bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

DIY Pohon Kayu untuk Gelas Kopi yang Cantik

DIY Pohon Kayu untuk Gelas Kopi yang CantikSobat pencinta kopi? Pasti tak asing dengan cangkir kecil wadah kopi. Wadah kopi yang biasa disebut mug, cangkir, atau gelas kopi ini mempunyai bentuk yang cantik. Maka Dari itu, tak sedikit orang yang hobi ngumpulin dan ngoleksi barang mini ini. Banyak sekali  varian mug. Mulai Dari bentuk, pola, ukuran, warna, bahan, dan gambar.

DIY
DIY

Baca juga: Gabungan Interior Rustic dengan Aksen Tradisional

DIY
DIY

Jadi pengen ngumpulin semua ya sobat. Tapi permasalahan muncul, ketika mug sudah mulai terkumpul banyak. Bakal bingung bagaimana menyusun dan menempatkan mug.

Untuk menjawab permasalahan tersebut. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan cara bagaimana menyusun mug pada batang kayu. Yukas simak…

Alat dan Bahan :

-Siapkan 3 batang kayu dengan diameter berbeda.

(diameter 1-1/4 inch, dimater 5-8 inch, dan diameter 1/4 inch).

– Meteran, gergaji, pensil, pisau, amplas,  selotip besar, minyak plitur, lemak kayu palu.

– Bor (gunakan bor dengan ukuran mata bor 5/8 inch dan 1/4 inch.

– 4 paku ukuran 2 inch

– 1 kg semen kering.

– Plastik diameter 8 inch.

Langkah 1

Ambil potongan  Kayu berdiameter 1-1/4 inch untuk dijadikan batang. Setelah itu potong kayu berukuran panjang 18 inch.

Untuk cabangnya, gunakan potongan kayu berdiameter 5/8 inch, potong menjadi 3 bagian dengan ukuran 3 inch. Haluskan serbuk-serbuk kayu dengan amplas.

Langkah 2

Selanjutnya sobat harus mengebor kayu yang dijadikan batang dengan lubang 5/8 inch. Lubang pertama berjarak 1 inch, lubang kedua berjarak 5 inch, lubang ketiga berjarak 5 inch. Jaraknya harus sejajar ya sobat. Antara lubang pertama dan kedua sejajar, namun untuk lubang ketiga dibuat agak miring. Bor semua lubang dari atas hingga bawah.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Langkah 3

Bor batangan kayu yang memiliki ukuran 5/8 inch tadi, Namun, jangan dibor terlalu dalam. Lalu, potong kayu yang berdiameter ¼ inch menjadi 6 bagian, masing-masing berukuran ¾ inch. Ini bertujuan agar mug atau cangkir tidak mudah saat digantung. Sehingga kita perlu membuat sudut di setiap potongan kayu.

Langkah 4

Pakulah bagian lingkaran bawah batangan kayu. dengan posisi menyilang-memutar di bagian batang kayu.

Langkah 5

Ambil wadah plastik. Masukkan campuran semen 1 kg kering ke dalam wadah plastik. buat lubang sebesar 8 inch. Tambahkan air secukupnya, lalu aduk rata. Campuran ini digunakan sebagai pondasinya.

Langkah 6

Masukkan batang  yang digunakan sebagai penyangga ke wadah plastik yang sudah diisi campuran semen tadi. Untuk memastikan batang tidak bergeser, tempelkan selotip membentuk huruf X. Biarkan semen mongering.

Langkah 7

Setelah dua hari, sobat dapat mengeluarkan batang pohon dari kayu. Hasilnya, campuran semen akan menyatu dengan batang. Seperti tanaman yang tertempel pada pot.

Langkah 8

Masukkan semua potongan kayu ke lubang-lubang yang sudah dibuat. Lalu buat lubang pada setiap potongan kayu, hadapkan lubang ke atas. Ini bertujuan untuk membuat batas pada gantungan. Agar mug tidak jatuh.

Langkah 9

Lem setiap potongan kayu yang telah dipotong. Lalu, masukkan sambungan potongan kayu kecil pada lubang yang baru dibuat tadi. Kemudian, lem setiap bagian. Tunggu hingga kering. Setelah itu, plitur semua bagian. Agar terlihat bagus dan rapi.

Pohon kayu cantik untuk mug sudah jadi,

Gimana sobat? Mudah bukan.  Selamat mencoba.…

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!