bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Karat Pada Furnitur Logam Bisa Diatasi dengan Cara Ini

Furniture logam memang menjadi salah satu furniture yang banyak digunakan oleh para masyarakat. Pasalnya furniture jenis ini memang memiliki daya tarik dan juga keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan berbagai furniture dengan bahan yang lain. Biasanya penggunaan furniture jenis ini banyak digunakan untuk eksterior rumah agar rumah tersebut memiliki konsep tersendiri sesuai yang dikehendaki oleh si pemilik rumah tersebut. Tidak salah untuk memilih furniture jenis ini dikarenakan keunggulannya yaitu memiliki kekuatan dan ketahanan yang lebih lama dibandingkan dengan berbagai bahan lainnya, terlebih untuk eksterior rumah yang pastinya akan cenderung lebih mudah untuk rusak karena cuaca dan faktor lainnya.

Furnitur Logam
Furnitur Logam

Baca juga: Ingin Kubikel yang Rapi dan Bersih? Simak Tipsnya!

Furnitur Logam
Furnitur Logam

Namun begitu, furniture logam ini pun juga memiliki kekurangan yang pastinya mungkin akan membuat Anda ragu untuk menggunakannya di rumah Anda. Karena terbuat dari bahan logam, maka furniture yang Anda gunakan ini pun akan mudah berkarat terlebih untuk penggunakan di luar ruangan sehingga faktor lingkungan yang lembab dan basah akan mempercepat proses perkaratan tersebut. Adanya kontak antara logam dengan air secara langsung adalah penyebab utama terjadinya perkaratan pada furniture Anda nantinya. Maka dari itu Anda harus mencari pencegahannya agar furniture yang Anda miliki tersebut memang benar-benar memiliki kekuatan dan pastinya lebih tahan lama sesuai dengan yang Anda harapkan. Anda dapat mengecat seluruh permukaan dari furniture yang berbahan logam tersebut dengan menggunakan cat besi ataupun pelindung khusus anti karat untuk mencegah perkaratan tersebut terjadi.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Tetapi tidak sedikit yang terlambat menyadari adanya perkaratan pada furniture logam yang dimilikinya, jika sudah terlanjur berkarat maka Anda dapat menyiapkan dan melakukan langkah-langkah untuk membersihkan karat tersebut pada furniture Anda. Diantaranya Anda harus menyiapkan sabun pencuci piring, air secukupnya, 3 baskom ataupun wadah lainnya, kain lap, cairan pengelupas karat (degreaser), rust converter (cairan pengelupas, paintbrush (cat semprot), sikat kawat dengan 2 ukuran yaitu besar dan kecil, dan juga cat primer pencegah timbulnya karat. Setelah Anda menyiapkan barang-barang tersebut, selanjutnya Anda dapat melakukan langkah-langkah untuk membersihkan karat tersebut terlebih dahulu di furniture Anda.

Anda dapat menggunakan rust converter atau cairan pengelupas karat untuk membersihkan karat pada furniture logam Anda. Pertama, Anda harus membuat larutan air sabun dengan cara mencampurkan sabun cuci piring yang telah Anda siapkan sebelumnya dengan air hangat secukupnya. Lalu bersihkanlah permukaan furniture yang berkarat tersebut dengan menggunakan cairan ini, Anda juga dapat menggunakan sikat khusus untuk mencucinya agar karat-karat yang ada dapat lebih terkelupas dengan pasti. Kemudian, Anda dapat melapisi permukaan furniture yang telah Anda bersihkan tersebut dengan menggunakan degreaser dan keringkan di bawah sinar matahari. Jangan lupa untuk menyiapkan cairan rust converter yang berguna untuk merontokkan karat yang ada. Semprotkanlah cairan ini dengan menggunakan rust converter dan diamkan sekitar 20 menit.

Untuk pengunaan rust converter ini Anda dapat menggunakannya sebanyak dua kali, namun pada penyemprotan yang kedua diamkanlah selama 24 jam, maka karat-karat yang ada di furniture tersebut akan rontok dan karat pun dapat dicegah untuk muncul kembali. Selain menggunakan rust converter ini, Anda juga dapat membersihkan karat pada furniture logam Anda dengan cara manual. Anda hanya perlu untuk menyikatnya dengan kuat dan pastikan bahwa karat-karat tersebut rontok dengan sempurna. Lalu pada akhir tahap pembersihan, jangan lupa untuk menyemprotkan cairan anti karat untuk melindungi furniture Anda dari karat.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!