bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Inilah Asal usul Perkembangan Furniture Plastic

Furniture plastic pastinya sering Anda temui diberbagai tempat, bahkan tidak sedikit yang menggunakan furniture di rumah mereka yang berbahan plastik ini. Berbagai kelebihan dari adanya furniture berbahan ringan ini memang memiliki banyak keuntungan dan juga kemudahan bagi Anda yang memang menyukai furniture yang memberikan nilai seni tersendiri namun tidak menyusahkan Anda untuk mendapatkannya. Selain di rumah untuk furniture utama, Anda juga pastinya sudah sering melihat adanya kursi plastik yang digunakan diberbagai acara formal ataupun informal. Bahkan juga berbagai instansi perkantoran juga ada yang memilih furniture yang berbahan dasar plastik ini untuk melengkapi berbagai kebutuhannya di kantor tersebut. Meskipun tidak sedikit memang yang menganggap bahwa furniture berbahan plastik ini tidak sebaik furniture yang berbahan aluminium ataupun kayu.

Furniture Plastic
Furniture Plastic

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan furniture plastic ini atau Anda yang memang menyukai berbagai furniture yang berbahan plastic, maka sebaiknya Anda juga mengetahui lebih dalam mengenai sekilas sejarah dari furniture tersebut. Pasca Perang Dunia II, terjadi permintaan dalam jumlah yang besar kepada para desainer kala itu untuk menciptakan sebuah furniture baru dengan berbahan yang belum pernah ada sebelumnya pada furniture-furniture yang telah digunakan. Hingga pada akhirnya saat itu para desainer ini berhasil membuat sebuah furniture yang berbahan plastic yang juga merupakan furniture pertama pada masa itu. Furniture tersebut berbentuk kursi yang berbentuk menyerupai kerang dan kaki kursi yang berbahan logam.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Furniture Plastic
Furniture Plastic

Baca juga: Bosan dengan Granit, Ini Alternatif untuk Kitchen Countertop



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Meski sudah dibuat sejak lama, furniture plastic ini sendiri baru dikenal secara luas pada tahun 1995. Ada peran dari seorang arsitek bernama Eero Saarinen yang merupakan arsitek keturunan Finlandia dan Amerika. Kursi buatannya saat itu dinamakan sebagai “Kursi Tulip” yang memiliki dudukan berbahan dasar plastic dengan satu tumpuan yang berbahan logam. Namun untuk meyakinkan kepada orang-orang bahwa kursi tersebut sepenuhnya terbuat plastic, maka selanjutnya tumpuan tersebut pun akhirnya dilapisi dengan bahan plastic pula. Maka dari itu, ‘Kursi Tulis” ala Eero Saarinen ini terlihat berbeda dengan kursi-kursi plastic pada umumnya saat itu. Hal tersebut juga membuat seakan kaki kursi yang terlapisi oleh plastic menjadi seakanmenyatu dengan bagian-bagian lainnya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan berubahnya zaman, maka berbagai inovasi furniture plastic ini pun juga menjadi berkembang dan terus disesuaikan dengan kebutuhan berkat kreatifitas para desainer. Seperti halnya poada era 1960-an yang mulai membuka kesempatan yang lebih luas untuk membuat furniture berbahan plastic ini, salah satu desainer yang berhasil membuat inovasi saat itu yaitu Verner Panton dari Denmark yang juga menggunakan teknologi proses cetak-injeksi hingga menghasilkan kursi berbentuk S dengan penyangga yang memungkinkan Anda untuk menyusunnya. Lalu pada tahun 1980-an diperkenalkan istilah produksi massal untuk furniture kursi monoblok (terdiri dari satu bagian saja). Kursi pun saat itu menjadi salah satu benda yang dibeli dan dimiliki karena fungsi dan juga fleksibilitasnya, bukan hanya karena nilai artistiknya semata.

Dari perkembangannya tersebut, kini Anda dengan mudah menemukan berbagai furniture plastic yang memiliki bentuk beragam. Kursi-kursi plastic ini dapat Anda sandingkan dengan penggunaan patio sebagai salah satu outdoor furniture dimana banyak orang mulai tertarik dengan hal tersebut. Karena adanya sistem proses cetak-injeksi ini memungkinkan Anda memiliki kursi plastic dengan kualitas yang tak jauh beda dengan berbagai kursi plastic pada masa dahulu. Namun pastinya banyak perdebatan mengenai hal tersebut terkait dengan proses kursi plastic ini sendiri karena ketidaksamaan persepsi mengenai teknologi yang digunakan dengan harga jual dari masing-masing kursi plastic tersebut.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!