bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Mengatasi Genangan Air di Rumah Saat Hujan Datang

Cara Mengatasi Genangan Air di Rumah Saat Hujan Datang – Ketika hujan lebat datang sampai seharian, bukannya tidak mungkin bila terjadi genangan air di rumah saat hujan yang membuat halaman rumah sekaligus dalam rumah dipenuhi oleh air. Genangan air itu bisa terjadi karena rumah Anda belum memiliki sistem drainase yang baik. Genangan air ini umumnya berasal dari area pondasi rumah.

Genangan Air
Genangan Air

Baca juga: Cara Membuat Corak Terrazzo untuk Jam Dinding Paling Mudah

Genangan Air
Genangan Air

Genangannya sendiri sekalipun tidak begitu besar, namun jika dibiarkan begitu saja, masalah genangan air di rumah saat hujan ini bisa menyebabkan masalah yang lebih serius lagi. Bahkan, sejumlah air yang menggenang itu umumnya bisa saja berukuran jauh lebih besar sehingga bisa masuk ke bagian dalam rumah Anda. Parahnya lagi adalah, genangan air itu bisa saja akan menyelinap sampai dengan ke bagian basement dan menjadikan area basement tersebut menjadi becek.

Akhirnya bagian ruangan basement menjadi makin lembab. Nah, di bawah ini adalah cara mengatasi genangan air di rumah saat hujan dengan membuat sistem drainase yang baik, antara lain:

  • Kompos
  • Potongan kayu.
  • Daun yang kering.
  • Potongan rumput.
  • Bubuk kopi.
  • Batu kerikil.

Cara Membuat Drainase yang Baik

Perbaiki bagian Komposisi Tanahnya

Bila komposisi tanah yang Anda tinggali itu sudah berkurang, otomatis salah satu hal yang harus Anda perbaiki saat ini adalah bagian komposisi tanah yang digunakan pada rumah Anda. Sebaiknya perbaiki agar nantinya air bisa diserap dengan baik. Pada dasarnya tanah liat beserta pasir itu komponen utama dari sebuah tanah.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Bila komposisi tanah liatnya begitu besar, tentu saja hal ini membuat air menjadi sulit untuk diserap oleh tanah. Otomatis jika tidak segera diperbaiki hal ini akan membuat genangan air di rumah saat hujan menjadi makin parah.

Perbaiki Segera Kepadatan Tanah dengan baik

Disamping melihat dari bagian komposisi tanahnya, Anda juga harus memperhatikan tentang kepadatan tanahnya dengan baik. Karena kepadatan tanah ini dapat diuraikan sedikit hanya dengan menambah sejumlah bahan ke dalam tanah, misalnya saja seperti abu, kayu, dan juga pasir.

Perhatikan Masalah kemiringan pada Tanah

Kemiringan yang tidak tepat ini bisa menyebabkan kemunculan genangan air di rumah saat hujan yang terjebak karena sulitnya aliran air ke bagian tempat yang lebih rendah. Karena itulah, Anda bisa membuat sebuah landaian atau seperti lereng ke bagian halaman rumah agar nantinya air tidak tergenang hanya pada 1 bagian sisi saja.

Pastikan bahwa landaian yang Anda buat tersebut jauh dari pondasi rumah Anda. Sehingga, air tersebut tidak memasuki bagian basement rumah. Di bagian permukaan tanah ini bisa Anda tambahkan sebuah humus yang baik dalam menyerap air. Bila perlu, tambahkan juga dinding penahan yang merupakan ide yang cukup baik untuk mengantisipasi area lantaian rumah ini.

Instal French Drain

Hal terakhir yang wajib Anda perbuat untuk mengatasi genangan air di rumah saat hujan inia dalah instal saja yang namanya sistem drainase berupa French Drain tepat di area yang kerap terjadi genangan air. Sistem ini cukup disukai oleh semua orang dan kerap digunakan untuk sistem drainase di sejumlah gedung dan rumah-rumah. Jadi, coba saja untuk rumah Anda!

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!