bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Tips Hemat Energi Listrik di Rumah Paling Praktis

Tips Hemat Energi Listrik di Rumah Paling PraktisDi zaman yang sudah berkembang ini, listrik menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan. Mengingat kegunannya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Hampir semua kegiatan yang Kita lakukan berhubungan dengan energi listrik. Apalagi jika sudah berhubungan dengan pekerjaan.

Hemat Energi Listrik
Hemat Energi Listrik

Baca juga: Warna Cat Ini Bisa Mempengaruhi Mood

Hemat Energi Listrik
Hemat Energi Listrik

Rumah juga menjadi salah satu tempat yang membutuhkan listrik. Seperti menyetrika, menonton tv, menyalakan air dan kegiatan lainnya. Tidak dapat dipungkiri, bahwa Kehidupan manusia hampir keseluruhannya bergantung pada listrik. Maka dari itu setiap orang wajib berhemat, karena kebutuhan listrik yang sangat perlu. Dengan berhemat, Kita bisa mengurangi jatah pengeluaran bulanan. Sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips menghemat penggunaan listrik di Rumah. Yuks simak….

Pakailah lampu hemat energi

Pakailah lampu yang memiliki daya listrik kecil. Seperti lampu jenis CFL (light fluorescent light) dan LED (light emiting diode). Kedua jenis lampu ini memiliki daya yang kecil dibandingkan lampu pijar.

Matikan alat listrik yang tidak terpakai

Jangan meninggalkan ruangan atau rumah dalam keadaan alat listrik menyala. Seperti AC, TV, kipas angin, dan lainnya. Sebaiknya selalu cek kembali  ketika keluar rumah. Selain dapat menghemat energi listrik juga dapat menghindari hal- hal buruk. Seperti konsleting listrik yang dapat menimbulkan kebakaran.

Gunakan energi listrik lebih efisien

Gunakan barang-barang elektronik sebijak mungkin. Jangan asal-asalan memakai tanpa mengetahui bagaimana sistem kerja barang elektronik tersebut. Seperti penggunaan setrika. Harus diketahui bahwa menggunakan setrika setiap hari lebih hemat dari pada menyetrika dua hari sekali dengan jumlah pakaian yang sama. Selain itu,  cucilah pakaian dengan jumlah yang besar. Jumlah ini harus sesuai dengan kapasitas mesin cuci. Mencuci pakaian dengan jumlah sedikit yang berulang kali justru membuat daya listrik bertambah.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Ikuti Saran Penggunaan Alat Listrik Secara Hemat

Hal-hal kecil mampu membuat Kita berhemat listrik. Seperti contohnya, membuka kulkas. Kulkas dalam keadaan terbuka akan meminimalkan efisiensi pendinginan. Begitu juga dengan ruangan ber AC. Untuk meminimalkan efisiensi pendinginan. Anda bisa melakukannya dengan membuka jendela.

Pilih Alat Elektrik dan Alat Elektronik yang Memilih Fitur Hemat

Setiap Produsen alat elektronik berusaha merancang produknya agar  ramah energi. Banyak sekali barang yang sudah di Desain dengan tingkat keramahan energi yang tinggi. Seperti TV otomatis yang dapat mati sendiri jika tidak ada yang menonton. Selain itu computer juga dapat secara otomatis mati sendiri jika tidak ada yang menggunakan.

Buka jendela dan gorden di siang hari

Untuk menciptakan cahaya yang bagus pada siang hari. Anda bisa membuka jendela dan gorden. Sehingga anda tidak perlu menyalakan lampu. Selain memaksimalkan cahaya yang masuk. Membuka jendela dan gorden dapat mengurangi udara panas. Jadi anda tidak memerlukan kipas angin atau AC untuk mendinginkan ruangan.

Gunakan barang elektronik dengan kapasitas secukupnya

Sebelum membeli barang-barang elektronik, anda harus mengetahui kebutuhan anda. Seperti halnya ketika membeli mesin cuci. Jika anda hanya tinggal dengan suami. Dapat dipastikan cucian tidak terlalu banyak. Tiga hari tidak akan lebih dari 5 kilogram. Oleh Karena itu, belilah mesin cuci yang berkapasitas 5 kilogram.

Kurangi penggunaan alat listrik

Cara ampuh untuk menghemat energi listrik adalah dengan  mengurangi penggunaanya. Selagi bisa dilakukan tanpa barang elektronik. Alangkah lebih baik jika dilakukan. Seperti tidak perlu menggunakan mixer untuk mengocok telur, tidak menggunakan  dryer untuk mengeringkan pakaian, tidak memakai blender untuk menghaluskan bumbu, dan lainnya. Itu dia informasi mengenai tips menghemat energi listrik di rumah. Semoga informasi tersebut dapat membantu anda untuk menghemat pengeluaran bulanan. Semoga bermanfaat…

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!