bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Informasi Penting Yang Harus Anda Ketahui Tentang Pemilihan Atap Rumah

Informasi Penting Yang Harus Anda Ketahui Tentang Pemilihan Atap Rumah – Salah satu hal yang tidak boleh anda lupakan saat merenovasi atau membangun rumah adalah bagian paling atas rumah yakni atap.

informai penting yang harus anda ketahui tentang pemilihan atap rumah
informai penting yang harus anda ketahui tentang pemilihan atap rumah

Atap rumah memiliki 2 kegunaan utama yakni sebagai pelindung bangunan dan juga peneduh, atap bertugas melindungi bangunan dari terik matahari dan juga guyuran hujan.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
informai penting yang harus anda ketahui tentang pemilihan atap rumah
informai penting yang harus anda ketahui tentang pemilihan atap rumah

Baca Juga: Keunggulan Rangka Atap Baja Ringan Pada Rumah Minimalis

Tidak hanya itu, atap juga berfungsi sebagai aspek estetika sebuah bangunan seperti sebuah mahkota pada sebuah rumah dan juga sebagai penentu penampilan rumah anda.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan lengkap tentang atap rumah dari kreasirumah.net berikut ini.

Pertimbangan Memilih Jenis Atap

Ada beberapa hal penting yang harus menjadi pertimbangan anda saat sedang memilih atap hunian anda yakni

  • Material atap haruslah dapat mengisolasi panas, dingin dan juga suara atau bunyi dengan baik.
  • Atap harus tahan terhadap air hujan (Waterproof) atau air tidak tembus kedalam.
  • Atap tidak boleh rentan terhadap cuaca untuk mencegah atap berubah bentuk.
  • Atap harus mudah dalam perawatannya.
  • Tidak mudah terbakar.
  • Memiliki berat yang ringan.
  • Tidak modah goyah saat proses pemasangan.

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, pemilihan material atap rumah juga berdasarkan pada kemiringan dari atap rumah tersebut sebab material atap tersebut juga berkaitan dengan cara pemasangan dan juga sambungan atap berbentuk datar dengan kemiringan antara 0 sampai 10 derajat, sehingga pilihan anda adalah dengan menggunakan dak beton.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Dak betoon yang terlihat datar tersebut juga memiliki kemiringan antara 3% sampai 5%, yang bertujuan agar air hjan bisa mengalir kedalam saluran pembuangan.

Kuatnya dak beton tergantung dari proses pengecoran dan bahan yang terbaik adalah dengan menggunakan campuran beton kualitas terbaik yakni pasir, semin dan juga kerikil dengan perbandingan 1 Pack semen : 3 Pasir : 5 Kerikil.

Sedangkan untuk sudut atap yang berukuran kecil juga memiliki kemiringan 10 sampai 25 derajat dan gunakan material penutup atap dengan bentuk lembaran besar seperti contohnya asbes, seng, galvalume metaldeck dan juga zincalume.

Sedangkan untuk tampilan yang terlihat lebih menarik dan juga bisa menahan panas serta bunyi dengan baik maka anda bisa menggunakan atap bermaterial bitumen selulose yang tersedia dalam berbagai merk di pasaran.

Perlu anda ingat, agar tidak menggunakan genteng pada bagian sudut atap berukuran apapun, sebab memiliki celah yang cukup besar pada bagian sambungannya sehingga meningkatkan resiko bocor karena tampias dari huja.

Untuk sudut atap dengan kemiringan sedang antara 25 sampai 60 derajat, maka anda memiliki kebebasan untuk memilih material penutup atapnya sebab merupakan sudut yang aman.

Sedangkan untuk sudut atap tang tajam antara 60 sampai 75 derajat, makan anda bisa menggunakan material seperti atap dengan sudut kemiringan kecil.

Selain itu, anda juga bisa memakai sirap alami seperti kayu atau sirap sintetis seperti fiber cement, pada atap dengan sudut kemiringan tajan juga hindari pemakaian genteng sebab genteng tidak memiliki mekanisme penggantung yang tepat untuk sudut yang tajam dan memiliki resiko tinggi jatuh atau merosot kebawah.

Sementara untuk atap rumah yang mempunyai bentuk mendekati vertikal dengan kemiringan 75 sampai 90 derajat maka pilihan terbaik adalah dak beton, sama dengan atap yang hampir berbentuk datar.

Itulah tadi informasi penting yang harus anda ketahui tentang pemilihan atap rumah anda agar sesuai dengan estetika,  sehingga akan membuat tampilan rumah anda terlihat sempurna terutama pada bagian eksteriornya.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!