bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Informasi Lengkap Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Parket

Informasi Lengkap Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Parket – Parket yang diambil dari kata parquette adalah beberapa susunan potongan kayu yang dijadikan sebagai lantai dan menjadi pilihan bijak untuk lantai gedung olahraga, kantor dan juga rumah.

Informasi Lengkap Kelebihan Dan Informasi Lengkap Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Parket
Informasi Lengkap Kelebihan Dan Informasi Lengkap Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Parket

Parket juga berguna untuk meningkatkan sebuah estetika banguan khususnya interior rumah sebab tekstur kayu dapat memberikan kesan mewah sekaligus nyaman.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Informasi Lengkap Kelebihan Dan Informasi Lengkap Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Parket
Informasi Lengkap Kelebihan Dan Informasi Lengkap Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Parket

Parket juga sangat berguna untuk kesehatan para penghuninya karena mengurangi pengaruh dari Volatile Organic Compounds (VOC) yang terdapat di dalam ruangan tersebut.

VOC sendiri adalah senyawa organik yang mempunyai tekanan uap tinggi dan mudah menguap dalam temperatur dan juga tekanan ruangan. Salah satu senyawa ini yaitu methana dan non methana bisa berbahaya untuk kesehatan karena beracun dan bersifat karsinogen.

Parket sendiri dibagi menjadi dua macam yakni parket dari kayu solid dan juga parket yang dibuat dari kayu sintesis atau laminated.

Untuk anda yang berminat menggunakan parket pada area lantai rumah anda, ada baiknya menyimak kelebihan serta kekurangan dari parket yang akan kreasirumah.net berikan berikut ini.

Baca Juga: Desain Lantai Kayu Rumah Minimalis Modern Ala Jepang

1#. Kelebihan parket dari kayu solid

Lantai parket dengan material kayu solid penampilannya terlihat lebih indah dan menarik karena terbuat dari kayu yang diambil langsung dari pohon dan juga lebih awet jika dibandingkan dengan jenis lantai kayu yang lainnya.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

2#. Kekurangan parket dari kayu solid

Kekurangan dari lantai parket yang terbuat dari kayu solid adalah sangat rentan terhadap kelembapan karena masih bisa memuai dan menyusut.

Dari segi harga juga masih terbilang cukup mahal dibandingkan dengan material lantai kayu lainnya.

Lantai parket dari kayu solid juga memiliki jumlah yang lebih terbatas sehingga harganya lebih mahal dibanding parket kayu sintesis atau laminated.

3#. Kelebihan parket dari kayu laminated

Lantai parket yang terbuat dari kayu laminated atau sintesis memiliki tampilan yang terlihat bagus sebab lapisan paling atasnya menggunakan lapisan veneer atau kayu sehingga terlihat seperti kayu solid.

Dari segi harga juga lebih murah dibandingkan dengan lantai parket kayu solid.

4#. Kekurangan parket dari kayu laminated

Kekurangan dari lantai kayu berbahan laminated atau sintesis ini adalah tidak terlalu awet dibandingkan dengan parket kayu solid.

Parket dari kayu laminated atau kayu sintesis juga rentan terhadap kelembapan dan kurang kuat jika dibandingkan dengan kayu solid

Oleh karena itu, lantai parket kayu laminated masih sangat rentan terhadap serangan rayap.

5#. Cara menggunakan parket untuk lantai

Sebelum anda mulai menggunakan lantai parket kayu, perhatikan terlebih dahulu kebersihan dari lantai dasarnya untuk memastikan lantai parket tidak lembap dan dimakan rayap kemudian hari.

Berikan lapisan underlayer berbahan plastik tipis atau foam diantara lantai dasar atau floor dengan lantai parketnya.

Kegunaan dari lapisan plastik tipis atau foam ini adalah agar menahan uap air yang berasal dari lantai naik keatas lantai parket.

Lantai pasket juga harus direkatkan dengan bahan yang sama dengan lantai parketnya yang biasa disebut dengan stairnosing.

6#. Pertimbangan harga parket

Biaya material parket kayu dan instalasi lantai parket berbahan kayu solid ini diperkirakan sekitar Rp.350.000 sampai dengan Rp.600.000 per meter perseginya.

Sedangkan untuk lantai kayu berbahan kayu sintesis atau laminated biaya material dan instalasinya lebih murah yaitu sekitar Rp.125.000 sampai dengan Rp.250.000 per meter perseginya.

Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa berguna untuk anda sebelum anda memutuskan untuk menggunakan parket kayu sebagai lantai rumah anda, terimakasih.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Artikel Terkait:

  • Kelebihan dan kekurangan lantai parket (2)
error: Content is protected !!