bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Ini Cara Merawat Tanaman yang Hampir Layu

 

Ini Cara Merawat Tanaman yang Hampir Layu
Ini Cara Merawat Tanaman yang Hampir Layu

Tanaman menjadi elemen penting dalam lingkungan rumah. Oleh karena itu, hampir setiap rumah memiliki tanaman. Warna hijau dari tanaman mampu membuat mata dan perasaan menjadi lebih baik. Hawa sejuk yang dikeluarkan mampu membuat ketenangan bagi siappun yang berada di sekitar tanaman. Bahkan tanaman tidak hanya diletakkan di halaman atau teras rumah saja. Kini tanaman juga diletakkan di dalam ruangan.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Ini Cara Merawat Tanaman yang Hampir Layu
Ini Cara Merawat Tanaman yang Hampir Layu

Memiliki tanaman perlu perawatan yang rutin. Mulai dari menyirami, memberi pupuk, menghilangkan hama, dan mengganti pot jika ukuran tanaman semakin besar. Jika beberapa kegiatan tersebut tidak dilakukan, pasti tanaman akan layu bahkan mati. Lupa merawat tanaman menjadi kendala bagi anda yang memiliki kesibukan. Kesibukan sehari-hari mengakibatkan anda lupa dengan tanaman-tanaman. Wajar saja, tanaman yang tidak sehat cenderung tidak memiliki tanda-tanda. Tanda yang dapat kita lihat, ketika tanaman sudah layu atau daun menguning. Padahal tanaman layu sudah berada di tahap tanaman tidak sehat dan akan segera mati.

Namun tidak usah kawatir. Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara merawat tanaman yang hampir layu. Yuks simak…

Potong tanaman

Ketika anda memiliki tanaman yang layu. Jangan cepat-cepat memutuskan untuk membuang tanaman tersebut. Meski tanaman tersebut layu, kemungkinan besar akar tanaman masih sehat dan dapat diselamatkan. Langkah yang perlu anda lakukan adalah potong bagian tanaman yang layu. Setelah itu siram dan beri pupuk secukupnya. Jangan lupa menggemburkan tanah agar tanaman kembali sehat.

Cek Akarnya

Langkah kedua cek akar tanaman yang layu. Gunakan sekop untuk menggali tanah. Jika akar masih terlihat kokoh dan berair. Berarti kondisi akar masih baik. Gemburkan tanah dengan mencampur tanah bagian atas dan bawah menggunakan sekop. Setalah itu siram tanaman.

Cukup Sinar

Penyebab tanaman layu salah satunya adalah kurangnya intensitas cahaya matahari. Kemungkinan tanaman terhalang oleh tanaman lain atau letak tanaman tidak mengenai sinar matahari langsung. Oleh karena itu, meletakkan tanaman menjadi kegaiatan penting untuk dipertimbangkan. Jangan asal meletakkan tanpa memperhatikan arah datangnya sinar matahari. Karena sinar matahari menjadi elemen penting bagi tumbuhan untuk berfotosintesis. Langkah muda untuk menyelamatkan tanaman adalah dengan cara memindahkan tanaman ke tempat yang memiliki cukup sinar.

Pindahkan ke Dalam Pot

Jika tanaman sudah mengering dan kondisi layunya parah. potong bagian batang daun yang membusuh atau layu. Setelah itu pindahkan tanaman pada pot. Tanaman yang sudah layu memerlukan perawatan layaknya seperti tanaman yang baru.

Untuk memperbaiki kondisi tanaman. Gunakan media yang mampu menyerap air lebih cepat.  Anda bisa menggunkan media seperti sekam yang dicampur tanah. Jangan lupa menyebarkan pupuk dibagian permukaan tanah,

Masukkan ke Dalam Rumah

Apapun perawatan yang anda lakukan jangan terlalu berlebihan. Termasuk dalam memberikan sinar matahari. Suhu udara di Indonesia jika musim panas sangatlah terik. Oleh karena itu, anda perlu membangun jaring-jaring sebagai peneduh tanaman. Anda juga bisa memindahkan tanaman ke tempat yang lebih rindang atau memasukan tanman ke dalam rumah.

Bersihkan Tanaman dari Serangga

Biasanya tanaman yang layu tidak hanya disebabkan oleh kurangnya air dan sinar matahari. Tetapi juga karena adanya hama, daun-daun liar, laba-laba, semut dan lainnya. Untuk mengilangkannya, cukup bersihkan bagian tanaman yang menjadi sarang hama.

Memulai dari awal

Selanjutnya adalah tahap yang paling akhir. Jika tanaman anda benar-benar tidak bisa diselamatkan. Anda perlu memulainya dari awal. Tanam kembali jenis tumbuhan yang anda inginkan. Perhatikan tata letaknya dan  jangan lupa untuk menyirami tanaman dua kali sehari.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!