bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Menentukan Skema Warna untuk Interior Rumah

Cara Menentukan Skema Warna untuk Interior Rumah – Kebanyakan orang telah sadar bahwa warna merupakan hal penting yang harus diaplikasikan pada sebuah bangunan rumah. Manfaat warna semakin hari semakin meningkat. Keberadaan warna mampu mempengaruhi emosi (psikologi warna).

Interior Rumah
Interior Rumah

Baca juga: Cara Membuat Dapur Rumah Sewa Makin Menarik

Interior Rumah
Interior Rumah

Berbagai macam sensai perasaan dapat hadir karena adanya skema warna. Seperti rasa bebas merdeka, lapang, terkekang, atau tertindas. Skema yang diaplikasikan pada rumah merupakan ekspresi dari kepribadiaan orang yang tinggal didalamnya. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang cemas dan bingung dalam pemilihan warna.

Kebanyakan orang berfikir, sebuah rumah yang dicat terkadang tidak sesuai keinginan. Karena hasilnya mengecewakan, yang ada hanya menghamburjan uang saja. Hal ini perlu disingkirkan dulu. Karena sebenarnya mengecat adalah cara paling ekonomis untuk merubah suasana rumah atau ruangan.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan trik memilih skema warna untuk interior warna. Yuksss simak…..

Warna mempengaruhi bentuk sebuah ruangan

Perlu diingat bahwa warna dapat merubah ukuran dan bentuk sebuah ruangan. Penggunaan warna gelap dapat memberi kesan ruangan menjadi lebih kecil dn memberiksn kesan intim. Sementara warna cerah dapat memberikan rasa luas. Bagi sobat yang memiliki rumah atau kamar sempit, sobat dapat menggunakan warna putih agar ruangan terlihat lebih luas. Selain warna putih, sobat juga bisa menggunakan warna ivory, cream atau light blue, untuk ruangan yang sempit. Sobat bisa bereksperimen dalam penggunaan warna. Jika sobat berhasil, maka hasilnya rumah sobat akan tampak lebih hidup dan indah.

Para psikologi percaya bahwa warna dapat mempengaruhi mood atau suasana hati. Penggunaan warna yang tepat dapat mempengaruhi penghuni rumah untuk berlama-lama di dalam ruangan. Berikut arti warna berdasarkan pendapat psikolog:



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
  • Warna kuning : memberikan nuansa cerah, ceria, dan hangat
  • Warna biru: memberikan ketenangan, sejuk
  • Warna hijau: memberikan rasa tenang, menetramkan dan alami
  • Warna hitam: memberikan kesan halus, ramping, dan elegan
  • Warna ungu tua: menunjukan kemewahan, kemegahan
  • Warna ungu muda: memberikan efek feminim
  • Warba putih: menunjukan kesan stylish.
  • Warnah merah dan oranye: menggairahkan. Tapi terkadang penggunaan warna merah atau oranye yang banyak dapat membuat ketidaknyamanan.

Warna berdsarakan asosiasinya tersebut, dapat sobat pertimbangkan dalam pemilihan skema warna untuk cat ruangan. Selain warna sobat juga perlu memikirkan intensitas, dan komposisinya. Sobat dapat mengkombinasikan beberapa warna. Seperti warna ungu dan oranye akan memberikan kesan mewah. Kuning cerah dan buttermilk akan memberikan kesan bahagia nan damai.

Uji coba sebelum membeli banyak cat

Warna yang terlihat biasanya juga ditentukan oleh pencahayaan yang ada di ruangan. Untuk mempermudah, sobat dapat memilih berbagai macam sample cat. Setelah itu mencocokan pada interior ruangan berdasarkan pencahayaan. Selain itu, sobat juga bisa memberikan polesan warna sedikit pada dinding, sebelum pengaplikasian warna yang banyak. Dari sinilah, sobat dapat menilai apakah warna tersebut cocok.

Sebaiknya antar ruangan memiliki hubungan antar warna. Jangan memberikan warna-warna yang berbeda pada setiap ruangan. Hal ini justru dapat membuat rumah menjadi tidak poporsi dan terlihat saling menonjol. Maka dari itu, sobat perlu memilih skema warna yang paling pas. Setelah itu sobat dapat menggunakan warna tersebut diberbagai ruangan. Untuk sentuhan akhir, sobat dapat menggunakan satu warna yang sama. Sangat terlihat aneh jika warna dinsing, lemari, sofa dan rak tidak berada dalam satu tema. Itu dia sobat. trik memilih skema warna untuk interior rumah. Semoga bermanfaat…….

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!