bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Mencegah Kebakaran Rumah Sejak Dini

Cara Mencegah Kebakaran Rumah Sejak Dini – Salah satu hal yang merupakan penyebab terjadinya sebuah kebakaran rumah itu bisa beraneka ragam. Misalnya saja karena kompor yang meledak, adanya hubungan dari arus pendek, adanya bensin dan zat mudah terbakar yang diletakkan di area yang salah, dll.

kebakaran rumah
kebakaran rumah

Baca juga: Cara Membuat Pembersih Jendela Alami Paling Mudah

kebakaran rumah
kebakaran rumah

Jika dilihat secara skilas, semua masalah itu umumnya berasal dari kesalahan manusia itu sendiri. Atau bisa disebut juga dengan permasalahan human error. Sebagai seorang manusia biasa, umumnya sudah wajar bila mereka melakuakn sebuah kesalahan. Namun, jika kesalahan itu bisa menyebabkan terjadinya kebakaran rumah, maka permasalahan ini tidak bleh dibiarkan begitu saja.

Karena, meksipun masalah ini bisa datang kapan saja, minimal dengan melakukan pencegahan sejak dini ini akan membantu Anda unguk menghindari permasalahan kebakaran rumah sejak dini. Misalnya saja adalah dengan melakukan beberapa hal di bawah ini, antara lain:

Hindari Korek Api dan Pemntik dair Jangkauan para Anak-Anak

Anak-anak memang selalu identik dengan rasa keingintahuan yang sangat besar. Sehingga, jika ada korek ataupun pemantik api yang ada di dekatnya, bisa saja merkea menggunakannya untuk bermain. Otomatis bila Anda sampai lengah dalam mengawasinya, maka alat ini dapat mengenai beberapa benda yang ada di sekitarnya, setelah itu bisa membakarnya dan menyebabkan sebuah kebakaran ruang.

Jauhkan dari Benda yang Gampang Terbakar dari Sumber Api

Memang benar jika lilin itu penting dan selalu dipakai saat sedang mati lampu di malam hari. Namun, benda yang fungsional yang satu ini bisa berubah menjadi sebuah bencana bila Anda menempatkannya pada tempat yang salah. Karena lilin itu pada dsarnya mduah sekali jatuh dan juga roboh. Sehingga, alat ini mudah sekali mengenai beberapa benda yang ada di sekitarnya.

Jika benda-benda yang ada disekitrnya itu mudah sekali terbakar, otomatis api lilin tersebut bisa membakar benda tersebut dengan cepat. Maka dari itulah, pastikan bahwa benda yang mudaht erbakar, seperti kain, kertas, dan barang yang berasal dari kayu itu tidak ditempatkan pada barnag yang mudah terbakar. Agar bisa terhindar dari yangnamanya kebakaran ruang.

Hati-Hati saat Merokok di Ruang

Kadang bara api yang dihasilkan oleh puntung rokok itu tidak sungguhan mati saat dibuang begitu saja di tempat sampah ataupun di sebuah asbak. Sekalipun baranya sangat keicl, namun ternyata bagian ini bisa menyebabkan terjadinya percikan api yang kemudian bisa membakar semua benda yang ada di sekitarnya.

Maka dari itulah, pastikan bahwa bara api rokok benar-benar sudah mati dan padam sebelum Anda membuangnya. Selain itu, lebih rajinlah dalam membersihkan asbak. Agar tidak ada puntung roko yang telah menumpuk di dalam sampah tersebut. Dimana bara api ini bisa menimbulkan kebakaran di sekitar asbak tersebut.

Pakai Alat Kelistirkan yang Cukup

Anda sering memakai alat listrik melebihi dari kewajaran. Misalnya sja menyalakan TV saat tidur, menyalakan PC ketika tidak digunakan. Pemakaian alat listrik yang terlalu berlebihan ini dapat menjdikan tahigan listrik makin membengkak dan dapat memicu terjadinya arus hubungan pendek sebagai akibat dari terjadinya kebakaran rumah.

Siapkan Alat Pemadam Kebakaran di Dalam Rumah

Alat ini benar-benar dibutuhkan di sebuah rumah agar bisa terhindar dari adanya kebakaran rumah. Anda bisa meletakkannya dekat dengana rea sumber api, misalnya saja di dapur, di dekat perapian, dan di garasi. Namun pastikan bahwa alat ini berguna dengan baik, sehingga Anda dapat memakainya di waktu yang dibutuhkan.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!