bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Tepat Menghitung Kebutuhan Wallpaper Dinding

Cara Tepat Menghitung Kebutuhan Wallpaper Dinding – Perubahan tren dalam dekorasi ruangan telah berkembang pesat. Kini dinding tidak hanya dihias dengan varian cat saja. Tapi juga bisa dengan menggunakan wallpaper dinding.  Penggunaan wallpaper merupakan cara yang sangat efektif, jika dibandingkan dengan penggunaan cat.  Cat hanya berfokus dengan varian warna saja, sedangkan wallpaper dinding bisa dikreasikan dengan warna dan motif-motif keren. Sehingga membuat tampilan interior rumah anda menjadi lebih menarik dan keren.

Wallpaper Dinding
Wallpaper Dinding

Baca juga: Konsep Minimalis Bertambahkan Aksesori dengan Elemen Menarik

Wallpaper Dinding
Wallpaper Dinding

Selain berfungsi untuk menghias dinding, wallpaper juga berfungsi sebagai penutup dinding yang retak. Dinding rawan sekali retak, akibat gempa atau cuaca. Dinding yang retak tidak akan 100% mempengaruhi kekuatan dinding. Biasanya hanya bagian luarnya saja yang retak, tapi bagian dalam tetap dalam kondisi yang bagus dan kuat. Agar dinding tetap dalam keadaan baik, anda perlu menutupi bagian yang retak. Salah satunya dengan penggunaan wallpaper dinidng.

Wallpaper dinidng memiliki berbagai macam varian motif dan warna. Pilihlah wallpaper sesuai keinginan yang disesuaikan dengan konsep interior ruangan. Usahakan untuk memilih wallpaper yang mempunyai jangka lama dalam perubahan tren. Jadi anda tidak akan bosan meskipun tren terus berubah. Untuk menciptakan suasana yang tenang, anda dapat memilih wallpaper yang memiliki motif simple dan sederhana. Jangan memilih wallpaper dengan motif ramai dan mencolok. Biasanya wallpaper akan bertahan 5-8 tahun, jadi anda perlu memastikan ruangan yang cocok bagi wallpaper. Jangan sampai anda meletakkan wallpaper pada dinding yang terkena bocor ketika musim hujan turun.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi. Bagaimana cara menghitung wallpaper dinding. Yukss simak……….



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Menghitung luas dinding ruangan

Untuk mempermudah anda dalam membeli wallpapaer. Terlebih dahulu yang perlu anda lakukan adalah menghitung luas dinding ruangan.  Jadi ketika anda membeli, anda tidak akan kebingungan dalam memilih wallpaper dinding. Caranya mudah sekali, anda perlu mengetahui terlebih dahulu luas setiap sisi dinding.

Rumusnya : (p x t) – ( luas jendela/pintu)

Biasanya wallpaper dijual dengan bentuk roll gulunga. Ukuran roll gulungan biasanya 50 centimeter dan 93 centimeter. Untuk panjang sekitar  5 meter, 10 meter dan 17, 5 meter. Setelah anda menghitung luas dinding ruangan, anda akan mengetahui berapa gulungan yang anda perlukan. Dengan cara luas dinding dibagi dengan luas lembaran wallpaper.

Contoh menghitung luas dinding

Jika anda memiliki ruangan dengan ukuran  5 x 5 meter, sedangkan tingginya 4 meter. Sedangkan wallpaper yang sudah anda beli memiliki ukuran 0,5 meter x 12 meter.

Luas bidang dinding

= (( panjang dinding + lebar dinding ) x 2 ) x tinggi ( dari lantai ke plafond )
= (( 5 m + 5 m ) x 2 ) x 4 m
= ( 10 m x 2 ) x 4 m
= 25 m  x 4 m
= 100 meter persegi

Luas bidang wallpaper 1 roll

= panjang wallpaper x lebar wallpaper
= 12 m x 0,50 m
= 6 meter persegi

Bahan yang dibutuhkan

= Luas bidang dinding / luas bidang 1 roll
= 100 m2 : 6 m2
= 16,66 dibulatkan menjadi 17 roll

Dari penghitungan diatas, anda akan mengetahui bahwa anda memerlukan wallpaper dinding sebanyak 17 roll. Anda juga bisa melebihkan gulungan saat membeli, untuk menghindari kekeurangan wallpaper dinding.  Karena biasanya dalam pemasangan wallpapaer sering terjadi kesalahan.

Itu dia sobat. cara mengitung wallpaper sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!