bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Khas Rumah Adat Jawa Barat

Jawa barat yang dulu dikenal dengan sebutan Tatar Sunda ini mempunyai tanah yang subur.Penduduknya pun terkenal dengan sifatnya yang santun,ramah,periang,dan juga bersahaja. Masyarakat Sunda memang terkenal dengan budi pekertinya yang luhur.Hal itu terbukti dari rumah adatnya yang menggambarkan sikap kepribadian orang Sunda.

rumah adat jawa barat
rumah adat jawa barat

Rumah adat Sunda disebut dengan “Jolopong”, selain arsitekturnya yang unik rumah adat yang sudah resmi ditetapkan sebagai rumah adat Jawa Barat ini juga mengandung filosofi tentang budi pekerti masyarakatnya.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
rumah adat jawa barat
rumah adat jawa barat

Rumah adat Jawa Barat selain di desain  dengan mengedepankan nilai kehidupan masyarakat sunda yang sangat arif,juga mempunyai sebutan yang berbeda-beda menurut desain bangunan atap yang dibuat.

Ada sekitar 5 desain rumah yang ditemukan di Jawa Barat. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang arsitektur,fungsi tata ruang,dan ciri khas yang terdapat pada kelima rumah adat di Jawa Barat,yaitu:

Baca juga: Macam-Macam Varian Rumah Adat Indonesia

IMAH JULANG NGAPAK

Kenapa disebut begitu, karena rumah ini berbentuk lebar, menyerupai sayap burung yang sedang terbang. Dalam bahasa Indonesia imah julang ngapak berarti seekor burung yang sedang terbang dan mengepakkan sayapnya.

Rumah dengan desain ini biasanya dibangun dengan atap yang menyerupai capit udang,hal ini dimaksudkan agar air tidak merembes pada pertemuan bubung atap.Atap rumah ini biasanya terbuat dari bahan ilalang,ijuk,maupun anyaman daun rumbia.Namun kerangka atapnya terbuat dari bahan bambu.

Desain rumah adat ini hingga sekarang masih mudah kita temui di daerah Jawa Barat.

IMAH TOGOG ANJING

Desain atap rumah ini mirip dengan seekor anjing yang sedang duduk, karena dalam bahasa setempat Togog Anjing berarti anjing yang sedang duduk. Atapnya berbentuk segitiga yang saling menyambungkan antara atap depan dan belakang.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Atap yang menyambung ke depan biasanya berfungsi untuk peneduh teras depan atau orang sunda biasa menyebutnya dengan “Serondoy”.Bahkan hotel-hotel didaerah puncak atau Garut hingga kini masih dapat kita jumpai rumah trafisional ini.

IMAH BADAK HEUAY

Bila dilihat sari bentuknya,desain rumah adat ini mirip dengan rumah adat togog anjing,namun yang pada pertemuan atapnya melewati tepi bangunan,sehingga tampak seperti badak yang sedang menguap,karena dalam bahasa sekitar Badak heuay berarti seekor badak yang sedang menguap. Desain rumah adat ini yang dibilang populer dan masih digunakan sampai sekarang.

IMAH JOLOPONG

Diantara semua desain rumah yang ada desain ini merupakan desain yang paling diminati oleh masyarakat sunda.Jolopong dalam bahasa sunda berarti terkulai,untuk itu pembangunan rumah ini juga termasuk paling mudah dan tidak memakan banyak biaya untuk pembelian materialnya.

Atap rumah ini berbentuk segitiga lurus sama kaki.Desain rumah ini juga biasa disebut dengan suhunan panjang karena bentuknya yang lurus terkulai panjang.

IMAH PERAHU KUMUREB

Rumah adat ini memiliki empat atap yaitu 2 atap berbentuk segitiga yang berada di bagian bekakang, dan 2 atap berbentuk trapesium di bagian depan. Karena bentuknya inilah yang membuat rumah adat ini menjadi terlihat lebih unik dari yang lain.

Namun rumah ini sangat jarang digunakan karena banyaknya sambungan di atapnya maka desain rumah ini atapnya sering sekali bocor. Walaupun begitu beberapa masyarakat masih ada yang menggunakan desain rumah ini sampai sekarang. Itulah yang menjadi ciri khas dari rumah adat jawa barat saat ini.

Demikianlah sedikit ulasan tentang rumah adat jawa barat. Semoga bisa menambah pengetahuan kita mengenai rumah adat yang ada di Indonesia.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!