bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Mengatasi Masalah Lumut dan Ganggang di Kolam Hias

Cara Mengatasi Masalah Lumut dan Ganggang di Kolam Hias – Saat Anda baru saja selesai membangun kolam hias, sudah pasti Anda tidak akan melihat permasalahan dari ganggang dan lumut. Namun, dengan berjalannya waktu, sampai dengan beberapa bulan dari selesainya pembangunan kolam tersebut, akhirnya kedua tanaman ini bisa muncul ke dalam kolam dan membuat air kolam menjadi kotor.

Kolam Hias
Kolam Hias

Baca juga: Cara Mendesain Taman Bernuansa Tradisional Khas Bali

Kolam Hias
Kolam Hias

Sayangnya, tanaman ini sulit sekali dibersihkan. Khususnya bila Anda malas membersihkannya secara rutin dan berkala, otomatis lumut dan ganggang akan semakin menumpuk di dalam kolam itu. Padahal, kemunculan lumut dan ganggang itu tidak boleh disepelekan begitu saja. Tidak hanya sekedar bisa membuat kolam dan airnya menjadi kotor, tumbuhan itu ternyata juga bisa mengganggu kesehatan Anda.

Maka dari itulah, sebaiknya lakukan pembersihan secara berkala dan lakukan tindakan utnuk pencegahan kemunculan dari 2 tumbuhan tersebut di dalam kolam hias milik Anda. Namun, bila kolam ikan Anda sudah terlanjur ditumbuhi oleh lumut dan ganggang, sebaiknya identifikasi lebih dulu jenis lumut dan ganggangnya tersebut sebelum Anda membersihkannya!

Penyebab Kemunculan Jamur dan Ganggang

Sebeanrnya kemunculan dari 2 tumbuhan ini adalah hal yang wajar sekali. Namun, dengan melakukan perawatan secara rutin, maka kedua tumbuhan tersebut dapat dicegah. Disamping itu, Anda juga harus lebih memperhatikan tentang kandungan bahan kimia yang terdapat di dalam kolam. Khususnya untuk kandungan berupa bromine, klorin, dan juga pH. Jika ketiga kandungan itu berkurang, otomatis ini akan membuat lumut dan ganggang mudah berdatangan.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Tak hanya itu saja, penumpukan terhadap sisa-sisa dari bahan kimia yang telah mengendap di bagian dasar kolam juga dapat menjadi penyebab utama dari kemunculan tumbuhan tersebut. Di samping itu, ganggang bisa juga muncul di dalam kolam dikarenakan adanya angin dan daun-daun kering yang berjatuhan di dalam kolam.

Cara Membasmi Lumut dan Ganggang di Dalam Kolam Hias

Untuk proses pembasmiannya cukup mudah! Pastikan terlebih dahulu bahwa bahan-bahan kimia yang telah kami sebutkan di atas dalam kondisi yang seimbang. Air dalam kolam juga harus diuji agar diketahui berapa banyakkah kandungan bromine, klorin, dan kadar pH supaya Anda bisa tahu berapakah porsi yang tepat jika akan ditambahkan zat kimia lagi di dalamnya.

Pertimbangkan juga tentang pembelian cairan kimia untuk membasmi ganggang. Karena, cairan ini umumnya lebih ampuh untuk membasmi jenis ganggang yang jauh lebih spesifik. Misalnya saja ganggang hitam dan ganggang kuning. Keduanya butuh cairan kimia yang kuat untuk bisa dibasmi. Cara termudah untuk membersihkannya secara manual adalah dengan menguras air kolam itu dan buang lumut beserta ganggangnya dengan cara disikat.

Cara Mencegah Kemunculan Lumut dan Ganggang

Sekali lagi, agar dapat dipastikan bahwa lumut dan ganggang tidak akan muncul di kolam hias milik Anda, sebaiknya jagalah keseimbangan dari kadar bahan kimia di kolam itu. Karena zat kimia itu mampu menghambat adanya pertumbuhan ganggang sebelum akhirnya mikroorganisme itu bisa tumbuh subur.

Jagalah agar kadar pH bisa selalu seimbang supaya nantinya bromin dan klorin bisa bekerja lebih maksimal. Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan kolam sampai bersih dari daun kering dan sejenisnya. Tak hanya itu saja, sebaiknya sellau lakukan pengecekan terhadap kondisi filter air yang ada di kolam hias secara berkala.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!