bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Pros dan Cons Over Kredit Rumah lewat Notaris

Pros dan Cons Over Kredit Rumah lewat Notaris – Dengan harga jual rumah yang semakin tinggi saja saat ini, hal ini membuat sejumlah orang lebih memilih untuk mengajukan proses over kredit rumah lewat notaris. Hal ini dikarenakan selain nominal uangnya lebih ringan, cara ini juga lebih mudah sekali untuk dilakukan. Karena, di bandingkan Anda membeli rumah baru secara langsung dengan cara kredit, tentu saja over kredit jauh lebih ringan.

kredit rumah lewat notaris
kredit rumah lewat notaris

Baca juga: Contoh Nuansa Sederhana yang Cocok untuk Denah rumah 3 KT

kredit rumah lewat notaris
kredit rumah lewat notaris

Apalagi bila rumah tersebut Anda dapatkan dari proses lelang. Sehingga harga jual yang ditawarkannya pun juga akan semakin jauh lebih ringan lagi. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimanakah proses transaksi melakukan over kredit rumah lewat notaris itu? Apakah aman bila membeli rumah dengan cara kredit lewat mereka?

Kelebihan Over Kredit Rumah lewat Notaris

Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini akan kami jelaskan sedikit uraian dari kelebihan bila Anda mengajukan proses over kredit rumah ini di hadapan notaris, antara lain:

  1. Dengan cara memilih notaris untuk melakukan proses transaksi over kredit rumah dan melakukan proses pengalihan dari hak atas tanah ini menjadi lebih mudah dan lebih cepat lagi. Inilah yang menjadikan sejumlah orang lebih suka memilih menggunakan notaris. Karena mereka merasa jauh lebih mudah dan tidak banyak waktu yang terbuang bila menggunakan bantuan dari notaris.
  2. Bila melakukan proses transaksi over kredit ini dari notaris, maka otomatis biaya pengeluaran yang harus Anda bayarkan pun juga jauh lebih ringan dan lebih terjangkau. Cara ini akan jauh lebih murah nominalnya dibandingkan Anda melakukan proses transaksi over kredit rumah dari bank nya secara langsung. Karena itulah, utnuk yang suka hemat, mereka pasti lebih suka menggunakan jasa notaris untuk mengurus semuanya.

Kekurangan Over Kredit Rumah lewat Notaris



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Sedangkan untuk kekurangan dan kelemahannya bila Anda mengajukan proses over kredit ini dari notaris adalah sebagai berikut ini:

  1. Umumnya, Anda masih tetap berhubungan dengan pihak bank bila mengajukan proses over kredit rumah ini lewat notaris. Hal ini dikarenakan sertifikat rumah yang Anda beli nanti akan tetap masih menggunakan nama pemilik rumah sebelumnya. Hal ini dikarenakan rumah tersebut masih menjadi jaminan dari pihak bank itu sendiri. Sehingga, hal ini cukup memakan waktu yang lama.
  2. Mau tidak mau, nanti pihak pembeli akan melakukan proses pembayaran angsuran rumah tersebut masih dengan menggunakan nama penjual rumah tersebut. Menakutkannya lagi adalah, bila nanti suatu ketika penjual sudah membayar angsurannya sendiri tersebut sampai lunas, maka mereka bisa mengambil sertifikat rumah yang sebenarnya bukan lagi haknya. Karena rumah tersebut telah dijual olehnya.

Nah, melihat hal tersebut, maka wajib hukumnya agar selalu memberitahukan seputar proses over kredit rumah ini dengan pihak bank yang bersangkutan. Karena bank adalah pemilik jaminannya. Maka dari itulah bila Anda ingin membeli sebuah rumah dengan menggunakan sistem over kredit, maka sebaiknya langsung saja over kredit tersebut lewat bank atau memakai akta dari notaris.namun sebelumnya, baik itu pihak pembeli dan penjual tetap harus melkaukan pemberitahuan pada bank.

Itu penting sekali karena nantinya pihak bank tersebut adalah pemilik jaminan rumah tersebut. Dimana Anda yang menjadi pembeli bisa merasa aman sampai waktu pelunasannya telah berakhir. Sehingga, Anda nanti bisa langsung mendapatkan sertifikat rumah seperti yang sudah Anda inginkan tersebut.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!