bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Efektif Membersihkan Lapisan Cat Dinding yang Lama

Lapisan cat dinding cenderung tidak tahan lama, terlebih bagi dinding bagian luar yang kerap terkena sinar matahari secara langsung serta lebih lembab dibandingkan dengan dinding bagian dalam rumah. Jika sudah mengelupas, biasanya Anda akan mengecat ulang dinding tersebut, tetapi sebelum melakukan pengecatan ulang tersebut, pastikan bahwa dinding Anda tersebut sudah terbebas dari kotoran dan juga dari sisa warna cat yang lama agar warna cat baru yang akan Anda aplikasikan tersebut terlihat sempurna dan maksimal.

Lapisan Cat Dinding
Lapisan Cat Dinding

Baca juga: Cara Memilih Warna untuk Plafon Rumah Termudah

Lapisan Cat Dinding
Lapisan Cat Dinding

Jika masih ada sisa cat dinding lama maka akan terlihat kurang bagus dan warna dari cat baru pun kurang melekat serta tidak terlihat dengan sempurna. Penyebab lain cat baru Anda kurang terlihat sempurna juga disebabkan oleh kondisi dinding rumah Anda yang sudah tua.

Memiliki dinding yang sudah tua dan mengalami proses pengapuran, akan menyebabkan cairan cat yang baru tersebut menjadi tidak dapat melekat dengan kuat pada dinding. Sehingga untuk memperkuat lapisan cat dinding tersebut dan agar warna cat dinding yang baru dapat terlihat melekat sempurna, Anda harus membersihkan dinding tersebut. Anda dapat menggunakan berbagai macam cara dan metode, seperti pengerokan dinding dengan menggunakan amplas. Tetapi, cara tersebut tidak dapat membantu Anda untuk membersihkan warna cat lama dengan sempurna. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir lagi menegnai hal tersebut. Pasalnya sekarang sudah banyak cara dan teknik mudah untuk membersihkan cat dinding lama ini dengan sempurna.

Teknik yang pertama yaitu dengan menggunakan cairan paint remover yang dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai toko cat ataupun toko bahan bangunan yang ada di daerah Anda. Namun perlu Anda ketahui bahwa paint remover ini sendiri memiliki banyak jenisnya dengan tingkat agresivitas yang tinggi dan rendah. Meski begitu, penggunaan atau pengaplikasian dari paint remover ini cukup mudah. Anda hanya perlu untuk mengoleskan cairan tersebut pada dinding dengan menggunakan kuas cat, setelah rata tunggulah beberapa lama hingga lapisan cat dinding lama tersebut akan mengelupas dengan sendirinya. Selanjutnya, Anda dapat mengerok cat lama tersebut dan memastikan bahwa dinding Anda benar-benar bersih dari sisa-sisa cat lama.

Sedangkan untuk membersihkan paint remover ini sendiri dari dinding Anda, maka Anda hanya perlu untuk menggunakan air biasa. Ketika dinding sudah benar-benar kering dari pembersihan paint remover ini, maka Anda bisa mengecat dinding tersebut dengan menggunakan cat baru. Dengan begitu, lapisan cat dinding Anda tetap terlindungi dan warna cat dinding baru Anda juga terlihat dengan sempurna. Bagi Anda yang memang tertarik untuk menggunakan paint remover, maka Anda harus berhati-hati karena cairan ini mengandung zat asam yang cukup berbahaya, terlebih jika terkena kulit Anda. Saat pembersihan paint remover ini juga harus benar-benar diperhatikan agar tidak ada sisa-sisa paint remover yang menempel pada dinding Anda.

Ada teknik kedua, yaitu dengan menggunakan thinner yang pastinya memiliki kualitas yang baik, Anda juga dapat menggunakan thinner berjenis ND ataupun juga epoxy yang memiliki agresivitas yang tinggi. Dengan menggunakan thinner jenis tersebut akan membuat lapisan cat dinding yang lama mudah untuk mengelupas, selain itu thinner juga memiliki nilai yang lebih murah dibandingkan dengan menggunakan paint remover. Cara pengaplikasian dari thinner ini juga tak kalah mudahnya dengan paint remover, yaitu cukup Anda oleskan pada dinding yang akan Anda bersihkan, Anda tak harus menunggunya untuk beberapa saat karena setelah pengolesan thinner pada dinding, Anda dapat langsung mengerok permukaan dinding tersebut.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!