bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Untuk Mengecat Rumah Menggunakan Masking Tape

Menggunakan masking tape dalam teknik mengecat rumah memang bukan hal baru bagi kita yang memang sudah paham dengan hal yang berhubungan dengan desain sebuah rumah tentunya. Untuk melakukan dekorasi pada bagian dinding rumah memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kalau kita menggunakan hiasan pada dinding rumah yang selalu sama maka tentunya akan membuat suasana dari dinding rumah akan menjadi monoton dan sangat membosankan.

masking tape
masking tape

Baca juga: Inspirasi Untuk Desain Kolam Renang Indoor Modern 2018

masking tape
masking tape

Kebanyakan orang memang akan lebih memilih untuk menggunakan warna yang cenderung terang untuk bisa membuat dinding rumah menjadi lebih ceria. Namun, hal tersebut malah terkadang akan membuat nuansa dari dinding rumah hampir sama dengan kebanyakan dinding rumah yang lainnya. Sudah saatnya sekarang kita melakukan kreasi dengan menggunakan ide kreatif kita untuk bisa membuat kondisi dari dinding rumah menjadi lebih menarik. Salah satunya memang dengan menggunakan teknik masking tape untuk melakukan pengecetan pada dinding rumah tersebut.

Untuk bisa menggunakan masking tape pada saat mengecat dinding rumah tentunya akan ada beberapa hal yang harus kita siapkan lebih dulu. Bahan yang biasanya kita gunakan untuk melakukan pengecetan pada bagian dinding rumah tentunya merupakan hal utama yang harus kita siapkan nantinya. Penggunaan dari teknik masiking tape ini merupakan cara untuk mempercantik bagian dinding rumah yang paling mudah dilakukan. Kederanggannya memang sulit tapi kalau kita sudah mengaplikasikannya pada dinding rumah, maka akan ada banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan nantinya.

Menggunakan masking tape pada saat melakukan pengecetan dinding rumah ini bisa dikatakan sebagai pengganti dari penggunaan walpaper pada dinding rumah yang membuat kita bosan karena motifnya selalu sama. Dengan kita menggunakan teknik masking tape ini, maka akan memudahkan kita untuk menggambar pola dan motif pada dinding rumah seperti apa yang kita suka. Berikut ini bahan dan alat yang harus disiapkan dalam mengecat dinding rumah menggunakan teknik masking tape, diantaranya adalah :



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
  1. Kuas atau roller cat,
  2. Cat dinding sesuai dengan warna yang akan kita gunakan,
  3. Masking tape atau bisa menggunakan lakban juga,
  4. Koran bekas,
  5. Amplas untuk finishing,
  6. Alat untuk melakukan dempul,
  7. Spons, dan juga
  8. Air,

Kalau semua bahan untuk menggunakan masking tape saat pengecetan dinding rumah sudah ada semua, maka kita bisa menggunakan trik untuk mengecat bagian dinding rumah dengan teknik masking tape sebagaimana hal berikut ini :

  1. Setelah semua bahan-bahan di atas siap, untuk memulai teknik mengecat dengan membersihkan terlebih dahulu tembok rumah dari retak dan kuman dengan spons yang sedikit dengan air agar bersih maksimal!
  2. Kalua kita ingin menggunakan warna putih sebagai warna dasar pada dinding maka yang harus kita lakukan terlebih harus mengamplas tembok untuk membuang warna cat yang sebelumnya.
  3. Jika terdapat retakan di tembok, maka sobat bisa menghaluskannya dengan alat dempul terlebih dulu ya.
  4. Kemudian setelah dinding bersih, mulailah dengan mengaduk cat dinding yang kita mau tersebut selama kurang lebih 5 menit agar warna yang dihasilkan lebih maksimal, lalu campurkan cat tersebut dengan tambahan 10% air dari total jumlah cat yang akan digunakan.
  5. Setelah tembok rumah siap untuk dicat dengan teknik masking tape. Jangan lupa untuk menutup bagian-bagian di sekitar tembok seperti gagang pintu, list jendela, list plafon sampai lantai dengan koran agar cat tidak tercecer.
  6. Kemudian siapkan lakban atau masking tape untuk ditempel di tembok rumah dengan teknik zig-zag, garis-garis horizontal atau garis-garis vertikal. Pilih sesuai dengan kesukaan kita. Dengan teknik masking tape, motif yang akan dihadirkan memang berbentuk geometris sobat. Namun, jika memang kita sudah mahir bentuk-bentuk lengkung atau abstrak juga bisa dibuat kok, asalkan tahu trik mengecatnya.
  7. Mulailah mengecat bagian tembok yang tidak ditutup dengan lakban atau masking tape lalu tunggu sampai benar-benar kering kemudian lepas lakban atau masking tape. Jika kita ingin mengaplikasikan warna yang kontras maka garis-garis yang terbentuk akibat masking tape tersebutlah yang bisa sobat kita beri warna lain.
  8. Hasil dari masking tape tersebut sudah bias kita dapatkan.

Itu tadi beberapa trik dalam menggunakan masking tape pada saat akan melakukan pengecetan pada bagian dinding rumah. Dengan dinding rumah yang sudah menarik tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi rumah kita dan juga membuat kita bisa lebih betah selama ada di rumah sendiri juga.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!