bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Mekanisme Penetapan Njop Tanah Abang 2015 Per M2

Sebelum berlanjut ke dalam tahapan tentang bagaimana mengetahui atau menetapkan Njop Tanah Abang 2015, maka alangkah baiknya jika Anda memahami lebih dulu bahwa nilai pajak dan harga itu selalu berbeda – beda di setiap waktunya. Harga merupakan sejumlah uang yang harus dibayar pembeli ketika telah terjadi kesepakatan jual beli antara pembeli dan juga penjual.

Mekanisme Penetapan Njop Tanah Abang 2015 Per M2
Mekanisme Penetapan Njop Tanah Abang 2015 Per M2

Sedangkan untuk nilai itu lebih mengarah pada harapan dari keuntungan atas kepemilikan dari lahan atau objek itu sendiri. Jadi, bisa dibilang bahwa nilai itu subjektif, bergantung pada kepentingan masing – masing pihak. Maka dari itulah, harga itu biasanya belum tentu sama seperti nilainya. Harga bisa jauh lebih rendah dan lebih tinggi dari nilainya, atau bahkan sama seperti nilainya. Namun, dalam prakteknya, biasanya harga tanah itu bisa mencerminkan dari nilai tanah itu sendiri.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Mekanisme Penetapan Njop Tanah Abang 2015 Per M2
Mekanisme Penetapan Njop Tanah Abang 2015 Per M2

Baca juga: Njop Tanah Itu Apa Pengertianya?

Sebagai contoh kepemilikan dari tanah sudut atau tanah yang berada di pojok. Sebagian besar ada yang suka dan menganggap bahwa tanah pojok itu bernilai tinggi. Namun ada juga yang menganggap bahwa tanah pojok itu bernilai rendah, dan mereka tidak suka dengan itu. Untuk mereka yang suka dengan tanah dipojok atau sudut itu biasanya berani membeli dengan harga jual yang lebih tinggi dan mahal, dibandingkan dengan orang yang tidak menyukainya.

Penentuan NJOP

Jadi, dari sinilah bisa disimpulkan bahwa penentuan nilai jual objek pajak tanah untuk setiap meter perseginya itu bisa juga dilakukan dari melihat penilaian dari tanah itu sendiri. Penilaian ini bisa bertujuan tertentu dan disaat yang ditentukan pula. Dengan begitu, nilai yang didapatkan tersebut bisa layak dan sesuai dengan sebagaimana mestinya.

Misalnya saja untuk mengetahui Njop Tanah Abang 2015, maka metode yang digunakan untuk menilai tanah tersebut adalah dari pendekatan sebuah data pasar atau melihat perbandingan dari harga pasarnya sendiri. Dalam hal ini, nilai objek tanah tersebut akan dihitung dan dinilai didasarkan pada analisis penyesuaian dari hasil perbandingan tersebut.

Analisa ini dilakukan untuk tanah yang sebelumnya sudah diketahui harga jual pada umumnya, namun harus sejenis dengan tanah yang ingin dicari. Jadi, harga pasaran tanah yang digunakan sebagai pembanding tersebut didapatkan dari hasil transaksi penawaran dan jual beli tanah yang ada di area tanah yang dicari harga jualnya. Jadi, tanah sejenis ini maksudnya adalah senis untuk kondisi, pemakaian, lokasi, dan sejenisnya.

Untuk sumber datanya sendiri didapatkan dari data penjual, pembeli, broker, notaris PPAT, perangkat daerah, dan juga dari beberapa sumber yang bisa dipercaya.

Sesudah penilai tersebut mendapatkan data untuk harga pasaran tanah tersebut, maka setelah itu penilai bisa menganalisa penyesuaian dan perbandingan tanah tersebut. Perbandingan itu bisa dilakukan berdasarkan factor – factor yang berpengaruh atas nilai jual tanah itu sendiri.

Sedangkan untuk factor yang berpengaruh untuk nilai jual tanah itu meliputi kondisi fisik dan lokasi tanahnya sendiri. Lokasinya itu meliputi letak tanah dan juga area di sekitaran tanah. Sedangkan untuk fisik tanahnya itu meliputi luasan, kondisi tanah, lebar depan tanah, dan apa saja yang berkaitan dengan bidang tanah tersebut.

Jadi, penyesuaiannya tersebut dilakukan untuk mendapatkan nilai harga pasar yang umum berdasarkan kondisi pajak tanah itu sendiri. Sementara untuk harga pasar wajar tersebut dilihat dari kesediaan pembeli dan juga penjual berdasarkan syarat mekanisme pembayaran yang telah disepakati keduanya. Itu tadi adalah bagaimana cara melihat harga dari Njop Tanah Abang 2015.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!