bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Memilih Batu Bata untuk Pondasi Rumah

Cara Memilih Batu Bata untuk Pondasi Rumah – Batu bata merupakan salah satu bahan bangunan yang berasal dari lempung atau tanah liat. Selanjutnya, tanah liat tersebut dibentuk hingga seperti bata pada umumnya, berbentuk balok, setelah itu dibakar. Umumnya, bahan material bangunan ini sering dipakai untuk membangun sebauh struktur dinding bangunan rumah dan bangunan gedung apa saja.

Memilih Batu Bata
Memilih Batu Bata

Baca juga: Cara Mensiasati Ruang Kamar Mandi yang Sempit

Memilih Batu Bata
Memilih Batu Bata

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya mutu sebuah dinding bangunan rumah itu bisa dipengaruhi oleh teknik pembuatan dan bahan yang digunakan? Jadi, semakin bagus Anda memilih batu bata merah ini untuk membangun sebuah dinding rumah, hal ini akan membuat struktur dinding rumah menjadi semakin kuat dan kokoh. Maka dari itulah, pengetahuan seputar kiat untuk pemilihan terhadap batu bata ini penting sekali guna mendapatkan bahan yang paling tepat.

Tips Memilih Batu Bata Merah untuk Banggunan Rumah

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah batu bata guna melengkapi proses pembangunan rumah, sebaiknya simak dulu cara pemilihan batu bata di bawah ini:

Lihat dari Segi Jenis Batu Batanya

Di antara dari berbagai jenis batu bata yang ada di pasaran, maka batu bata yang berasal dari tanah liat itu merupakan salah satu jenis batu bata yang paling sering dipakai. Batu ini dibuat dari tanah liat melewati proses pembakaran terlebih dahulu. Untuk jenis batuannya sendiri terbagi menjadi 2 macam. Yaitu ada bata muka dan ada juga bata merah.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Dalam hal ini, bata merah itu punya warna yang tidak  selalu sama. Namun, umumnya, bata ini selalu berwarna merahagak kecoklatan. Teksturnya sendiri umumnya agak sedikit kasar dan terlihat tidak begitu rapi, dan memiliki tingkat kekerasan yang tidak begitu sama. Jenis bata yang satu ini umumnya lebih sering dipakai dalam proses pembuatan tembok atau dinding. Setelah itu, ditambahkan sebuah lapisan kembali dan diplester kembali.

Beda sekali dengan bata yang merah, untuk bata muka itu punya tekstur yang jauh lebih halus dan lebih licin. Warnanya sendiri juga lebih sama. Yaitu berwarna cokelat kemerahan. Bata yang satu ini umumnya dipakai untuk membuat sebuah dinding ekspos atau sebagai elemen untuk menghias interior yang memang dengan sengaja memperlihatkan tekstur bata dan warna bata itu sendiri.

Tak heran jika jenis bata ini lebih popular dengan sebutan sebagai bata imitasi. Lebih lengkapnya, simak dulu tips memilih batu bata di bawah ini, antara lain:

Pertama, sebaiknya beli saja batu bata ini yang ada di toko bangunan yang memiliki reputasi yang baik dan sempurna. Karena umumnya jika mutu genteng yang dijual oleh toko bangunan itubagus, otomatis batu bata pabrikannya juga akan menjadi bagus juga.

Kedua, cobalah untuk selalu melakukan pengecekan dari batu bata yang akan dipakai. Jika jumlahnya mencapai ribuan, maka periksa saja batu bata itu secara acak. Sehingga, Anda bisa mendapatkan batu bata yang sesuai dan berkualitas terjamin dan terbaik.

Ketiga, bila ternyata Anda terlanjur memilih batu bata yang berkualitas rendah, maka jangan panik dulu! Anda bisa meningkatkan kekuatan dinding rumah Anda dengan menggunakan adukan beton yang berkualitas tinggi. Bila perlu, pasang juga besi tulang yang kuat dengan metode pengerjaan yang tepat.

Ke-empat, jika sedang memilih batu bata di toko bangunan, lihat dulu kondisinya. Jika banyak yang berserakan di lantai dan pecah di lantai, jangan membelinya. Karena itu jelas terlihat dan terbukti bahwa mutu bata yang dijual kurang bagus.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!