bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Mempelajari 4 Desain Atap Rumah Masa Kini 2017

Mempelajari 4 Desain Atap Rumah Masa Kini 2017 – Berbicara tentang arsitektur sebuah rumah, maka desain atap rumah itu memegang peranan penting untuk membuat rumah menjadi lebih terjaga dari terpaan panas dan juga hujan. Selain itu, atap rumah juga berguna untuk memberikan identitas eksterior rumah menjadi lebih baik. Karena itulah atap itu turut andil memperkuat desain dari sebuah bangunan itu sendiri.

Mempelajari 4 Desain Atap Rumah Masa Kini 2017
Mempelajari 4 Desain Atap Rumah Masa Kini 2017

Baca juga: Macam-Macam Aplikasi Desain Rumah untuk PC, iOS, dan Android

Mempelajari 4 Desain Atap Rumah Masa Kini 2017
Mempelajari 4 Desain Atap Rumah Masa Kini 2017

Namun sebelum itu, untuk membangun sebuah atap, maka satu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah bagian kontruksinya. Anda harus bisamemastikan bahwa atap tersebut harus dalam kondisi yang kokoh dan kuat, juga tahan terhadap adnaya angina dan hujan. Jadi, entah itu kolomnya ataupun balok penopang dan rangkanya juga material penutupnya, semuanya harus benar – benar kuat dan baik. Supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Macam – Macam Desain Atap Rumah

Selain itu, sebuah perhitungan yang matang juga akan turut memastikan apakah atap tersebut bisa bertahan lama sampai puluhan tahun atau tidak. Maka dari itulah, bila Anda berencana untuk membangun sebuah rumah impian baru, maka pilihlah bentuk atap dengan matang.

Jangan sampai ternyata pola desain atap rumah tersebut tidak sesuai dengan bagian eksterior dan interior rumah Anda. Maka dari itulah, berikut akan kreasirumah.net perkenalkan contoh desain atap untuk rumah yang bisa dipilih, antara lain:

Gable roof



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Desain ini disebut juga dengan atap pelana. Model ini merupakan atap yang paling sederhana dana man juga cocok untuk orang Indonesia. Orang Banjar sendiri biasa menyebutnya dengan balai kaki yang artinya bumbungan rumah yang mirip dengan pelana kuda.

Atap yang seperti ini popular di semua kalangan. Karena selain lebih murah pembuatannya, pemeliharaannya pun juga sangat mudah. Yang menjadi kelebihan dari model ini adalah, atapnya mudah sekali dideteksi saat terjadi kebocoran. Selain itu, atap ini punya daya serap panas yang sangat baik dipakai untuk kawasan tropis.

Hip roof

Desain atap rumah yang satu ini memiliki atap perisai, limas, dan hip roof yang menjadi penyempurna dari sebuah atap pelana dengan 2 bidang yang miring berbentuk trapezium. Bila dicermati lebih dalam lagi, bentuk ini lebih cantic dari atap pelana. Tapi, biayanya lebih banyak, karena rangka yang dibutuhkan juga lebih banyak.

Selain itu, resiko bila menggunakan model atap ini adalah rentan bocor, karena ada banyak sambungan saat membuat perancangannya. Namun, desain ini mampu memberikan perlindungan terhadap dinding rumah dari panas dan air hujan yang deras.

Atap Sandar

Desain atap ini sering sekali dipakai untuk bangunan tambahan pada balkon, selasar, dan teras. Namun, kadang atap ini dipakai juga untuk rumah modern dan minimalis yang dikombinasikan dengan atap pelana.

Atap Datar

Sedangkan untuk atap yang satu ini bentuknya sering sekali dipakai untuk rumah modern kontemporer yang bentuknya kubus atau segi empat. Atap yang seperti ini biasanya berasal dari dak beton yang menggunakan kontruksi dari plat beton dan balok beton.

Pola datar yang horizontal pun bisa digunakan untuk ruang menjemur pakaian oleh pemilik rumah. Sehingga, bentuk ini kadang – kadang mampu membuat potensi kebocoran semakin tinggi, karena air hujan menjadi sulit mengalir. Namun, hal ini bisa diakali dengan kemiringan tertentu, supaya air hujan bisa tetap mengalir lancar.

Yang pasti, hal terpenting dalam membuat sebuah desain atap rumah adalah Anda harus memperhitungkan ruangan sirkulasi udara yang ada di bawahnya, supaya nantinya suhunya tetap stabil dan bisa melapisi baigan dak beton dengan peredam panas dari serabut, seperti glass wooll.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!