bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Mengenal Tipe Rumah Sakit dan Pelayanannya

Tipe rumah sakit yang ada di Indonesia kini memang beragam dan juga masing-masing tipe tersebut memiliki pelayanan yang mungkin berbeda. Bagi Anda yang membutuhkan penanganan khusus untuk keluhan Anda, pastinya akan dirujuk ke beberapa rumah sakit yang memang terkenal dengan pelayanan yang lebih maksimal. Bahkan untuk rumah sakit yang ada di Indonesia ini pun memiliki standarnya tersendiri. Tentunya hal tersebut menyesuaikan dengan pelayanan serta fasilitas yang ada di rumah sakit tersebut. Dengan begitu, sebenarnya pasien akan lebih mudah untuk menentukan akan ke rumah sakit jenis mana dirinya berobat sesuai dengan kebutuhan yang harus dipenuhinya.

Mengenal Tipe Rumah Sakit dan Pelayanannya
Mengenal Tipe Rumah Sakit dan Pelayanannya

Baca juga: Desain Depan untuk Tipe Rumah Rumah Minimalis

Mengenal Tipe Rumah Sakit dan Pelayanannya
Mengenal Tipe Rumah Sakit dan Pelayanannya

Di Indonesia sendiri, perlu Anda ketahui bahwa terdapat 5 tipe rumah sakit, yakni tipe A, tipe B, tipe C, tipe D, dan tipe E. Untuk rumah sakit tipe A ini merupakan jenis rumah sakit yang memberikan pelayanan medis yang terpercaya dan terlengkap. Jenis rumah sakit tipe A ini memiliki pelayanan kedokteran spesialid serta subspesialis luas, dan oleh pemerintah rumah sakit tipe A ini sendiri ditetapkan sebagai tempat pelayanan rujukan tertinggi atau disebut juga sebagai rumah sakit pusat. Jika BPJS seperti yang banyak diketahui oleh masyarakat menggunakan sistem berjenjang, maka jika tidak bisa ditangani di faskes tingkat 1 seperti halnya puskesman, poliklinik, dan dokter pribadi selanjutnya akan dirujuk ke faskes tingkat 2 yaitu rumah sakit kabupaten. Lalu jika pada faskes tingak 2 masih belum juga dapat ditangani, maka selanjutnya pasien tersebut akan dirujuk ke faskes tingkat 3 yaitu rumah sakit tipe A ini.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Adapun beberapa rumah sakit yang merupakan tipe rumah sakit kelas A ini adalah RSU Dr. W Sudirohusodo UP, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, dan RSU Dr. Soetomo. Sedangkan untuk rumah sakit dengan tipe B ini merupakan rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran medis spesialis dan juga subspesialis. Namun bedanya dengan tipe A, pada rumah sakit tipe B ini tenaga medis tersebut sangat terbatas. Pemerintah kini merencanakan bahwa rumah sakit dengan tipe B ini akan didirikan di setiap ibukota provinsi yang tujuannya dapat menampung berbagai pelayanan rujukan yang berasal dari rumah sakit yang ada di kabupaten. Selain itu, rumah sakit pendidikan namun tidak termasuk tipe A, juga diklasifikasikan sebagai rumah sakit dengan tipe B.

Selanjutnya, tipe rumah sakit jenis C yang merupakan rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran sama pula dengan tipe A dan B, dimana rumah sakit jenis ini pelayanan kedokteran subspesialis juga diberikan. Tetapi sayangnya untuk tipe C ini hanya jenis pelayanan subspesialis saja yang diberikan, dan itu pun juga sangat terbatas. Pada tipe ini, terdapat 4 macam pelayanan yang dapat Anda temukan, yaitu pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak serta pelayanan kebidanan dan kandungan. Keberadaan rumah sakit tipe C ini dapat Anda temukan di kota atau kabupaten-kabupaten sebagai adanya pelayanan faskes tingkat 2 yang dapat menampung rujukan dari faskes tingkat 1.

Untuk tipe rumah sakit D ini bersifat tarnsisi dimana suatu saat akan ditingkatkan menjadi sebuah rumah sakit dengan tipe C. Namun pada saat ini kemampuan rumah sakit tipe D ini hanyalah mampu untuk memberikan pelayanan kedokteran umum serta kedokteran gigi. Sama halnya dengan tipe C, rumah sakit dengan tipe D ini mampu menerima pelayanan rujukan dari puskesmas. Sedangkan yang terakhir yaitu rumah sakit tipe E yang merupakan rumah sakit khusus yang mampu menyelenggarakan hanya satu macam pelayanan kedokteran saja.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!