bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Njop Tanah Itu Apa Pengertianya?

Di dunia property, pastilah Anda tidak asing dengan istilah NJOP. Tapi NJOP tanah itu apa sih sebenarnya? Karena jika dilihat dari segi kepanjangannya, sebenarnya NJOP itu adalah nilai jual kena pajak. Jadi itu berarti bahwa NJOP itu sebenarnya sebuah hal yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam menentukan harga dari sebuah property.

Njop Tanah Itu Apa Pengertianya?
Njop Tanah Itu Apa Pengertianya?

Hal ini dikarenakan NJOP merupakan harga rata – rata yang didapatkan dari hasil sebuah transaksi jual beli antara pembeli dan juga penjual dengan cara yang wajar. Namun, bila ternyata dalam hal tersebut tidak terjadi transaksi jual beli property, maka untuk mengetahui berapakah NJOP dari harga jual property tersebut bisa ditinjau dari perbandingan harganya saat melihat objek yang lain yang juga sejenis.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Njop Tanah Itu Apa Pengertianya?
Njop Tanah Itu Apa Pengertianya?

Baca juga: Meningkatnya Njop Tanah Lenteng Agung Berpengaruh terhadap Harga Property

Selain itu, Anda juga bisa melihat NJOP tanah itu apa dan berapa NJOP nya dari perolehan barunya dan dilihat dari nilai jual untuk penggantinya. Sedangkan untuk NJKP itu merupakan sebuah besaran nilai jual dari sebuah objek yang nantinya akan dimasukkan ke perhitungan pajak yang terhutang. Hal tersebut telah tercantum dalam pasal UU PBB di pasal 6 dengan ayat nomor 3. Ini artinya, NJKP sebenarnya adalah bagian dari nilai jual objek pajak.

Perbedaan NJOP dengan NJKP

Dalam hal ini, NJKP itu kadang – kadang bisa memiliki nilai jual yang sama dengan angkanya, dan bahkan terkadang bisa lebih tinggi dan lebih rendah dari nilai jualnya it sendiri. Namun yang jelas, NJKP itu bisa ditetapkan paling kecil sebanyak 20% dari harga nilai jualnya. Sedangkan untuk paling tinggi adalah sebesar 100% dari harga nilai jualnya.

Melihat NJOP dalam Dunia Property



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Jika ditanya tentang NJOP tanah itu apa, maka dalam dunia property itu sebenarnya NJOP adalah sebuah nilai yang memang sudah ditentukan oleh Negara untuk dasar acuan dalam pengenaan pajak untuk PBB. Dengan adanya peningkatan dan perkembangan di sebuah kawasan tertentu, hal ini akan berpengaruh terhadap nilai jual property yang menjadi semakin meningkat pula.

Maka dari itulah, untuk mengantisipasi adanya hal tersebut, sekarang ini pihak pemerintah lewat seorang menteri keuangan telah menetapkan bahwa NJOP untuk tiap 3 tahun sekali akan berubah. Akan tetapi, khusus untuk area tertentu yang mengalami perkembangan cukup pesat, hal ini bisa menyebabkan harga jual menjadi naik secara signifikan. Karena di area tersebut biasanya NJOP dilakukan setiap 1 tahun sekali.

Yang pasti, NJOP itu sendiri selalu ditetapkan berdasarkan aturan meter persegi. Ini biasanya diasumsikan menjadi harga paling rendah dari nilai property itu sendiri. Sedangkan untuk harga jual dari property itu biasanya adalah 1,5 sampai dengan 2x lipat dari nilai NJOP yang tertera.

Melihat dari sudut pandang bisnis, NJOP ini ternyata mempunyai kekurangan tersendiri. Kita bisa melihat dari adanya 2 bidang tanah pada kawasan tertentu. Dimana sebuah bidang tanah berada tepat di pinggir jalan, sedangkan yang satunya berada di dalam gang. Jika dilihat dari pajaknya, keduanya sama – sama mempunyai nominal pajak yang sama. Padahal, harga jualnya sudah pasti berbeda. Karena yang di pinggiran jalan pastinya jauh lebih mahal, dibandingkan rumah yang ada di dalam gang.

Yang pasti, besaran nilai jual kena pajak ini pada umumnya adalah sebesar 40%. Ini telah menjadi dasar perhitungan pajak untuk terutang, sama seperti yang ada dalam pasal 6 pada ayat 3 dalam UU no. 12 di th 1985, yaitu tentang perpajakan bumi dan bangunan.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!