bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Merawat Pagar Besi supaya Tidak Berkarat

Cara Merawat Pagar Besi supaya Tidak Berkarat – Pagar menjadi syarat utama sebagai keamanan rumah. Maka dari itu, wajar sekali jika hampir setiap rumah memiliki pagar. Pagar sendiri diartikan sebagai pembatas antar rumah bagian dalam dengan rumah bagian luar. Pagar memiliki banyak fungsi yaitu sebagai pelindung dari gangguan luar rumah ( hewan, debu, kotoran dan lainnya). Selain itu pagar juga berfungsi sebagai keamanan Rumah. Apalagi jika anda memiliki Mobil. Pagar menjadi hal wajib untuk anda miliki.

pagar besi
pagar besi

Baca juga: Cara Menciptakan Nuansa Klasik Di Apartemen Pakai Barang Antik

pagar besi
pagar besi

Keberadaan pagar yang terletak di luar rumah, membuat pagar menjadi cepat rusak. Faktor cuaca juga dapat membuat pagar mudah korosi, kotor dan kusam. Selain itu pagar yang berbahan besi, alumunium, dan Logam akan mudah mengalami oksidasi. Faktor matahari, air dan polusi juga dapat mempengaruhi penampilan pagar.

Pada artikel kali ini. Saya akan memberikan tips merawat pagar besi agar tidak mudah berkarat. Yukss simak…

Mengetahui penyebab karat

Sebelum anda melakukan perawatan untuk menghilangkan karat pada pagar. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Karat atau korosi sering terjadi pada pagar berbahan besi dan Logamm. Hal ini dikarenakan letak pagar yang berada di luar rumah sehingga mudah sekali terkena percikan air hujan. Air hujan yang menempel pada pagar biasanya tidak mudah kering, sehingga membuat air mengendap pada pagar dan menimbulkan karat. Selain hujan, sinar matahari juga dapat menimbulkan lubang pada pagar karena proses oksidasi. Itulah penyebab kenapa pagar berbahan besi  mudah berkarat dan catnya mudah mengelupas.

Membersihkan karat pada besi



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Jika anda sudah mengetahui penyebab pagar besi berkarat. Maka langkah selanjutnya adalah membersihkan pagar. Caranya dengan menggunakan  cairan tiner yang tidak beraroma. Untuk mempermudah ketika menggosok, gunakan lap yang memiliki tekstur kasar. Anda juga perlu menggunakan pelindung tangan dan wajah. Pakailah  sarung tangan berbahan tebal dan masker untuk menutup wajah. Setelah semuanya siap, tuangkan cairan tiner pada pagar. Ratakan hingga ke sudut-sudut pagar. Gosok dengan tekanan yang kuat, terutama pada bagian pagar yang berkarat. Penggunaan kain lap bertekstur kasar akan mempermudah menghilangkan karat pada besi. Untuk membuat pagar benar-benar bersih dari karat, anda perlu menyiapkan lebih dari satu kain lap. Agar anda bisa mengganti kain lap yang sudah dipakai dengan kain lap yang baru.

Menggunakan air panas

Selain berkarat, pagar akan mengalami pengelupasan pada cat. Pagar yang sudah di cat dengan berbagai macam warna akan terkelupas karena faktor cuaca. Pasti akan ada bagian pagar yang masih bagus catnya dan ada bagian yang  catnya sudah memudar dan mengelupas. Anda perlu mengecat ulang. Mengecat ulang pagar bertujuan untuk menghindari karat lebih banyak.

Langkah pertama, tuangkan air panas ke dalam wadah atau ember. Lalu gunakan kain lap yang sudah diberi sabun pada permukaannya. Celupkan kain tersebut pada air panas. Setelah itu gosok pagar. Gosok hingga ke sudut-sudut pagar. Siramkan Sisa air panas pada pagar secara merata. Keesokan harinya barulan anda cat. Jangan lupa untuk menyiapkan kuas tebal dan kuat.

Mengecat kembali pagar besi

Untuk mengecat pagar, pilihlah warna putih, merah, biru, atau kuning. Warna-warna tersebut digunakan sebagai warna dasar. Setelah mengecat warna dasar untuk pagar. Biarkan hingga mengering. Agar mengering secara sempurna, lakukan pengecat kembali pada keesokan harinya.

Setelah satu hari, lakukan pengecatan tambahan dengan cat besi yang mudah mengering. Setelah itu cat dengan warna-warna kesukaan anda. Anda bisa menggunakan beberapa warna. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan warna dasarnya. Untuk mempertajam cat, gunakan kembali cat besi.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!