bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Pemahaman Dinding Batu Bata Ekspos Dan Cara Finishing Untuk Interior Serta Eksterior Rumah

Pemahaman Dinding Batu Bata Ekspos Dan Cara Finishing Untuk Interior Serta Eksterior Rumah – Dinding rumah yang tidak diplester dan terlihat susunan batu batanya dengan jelas, nampaknya sudah menjadi salah satu trend tersendiri dalam mempercantik tampilan interior dan eksterior sebuah hunian.

pemahaman dinding batu bata ekspos dan cara finishing untuk interior serta eksterior rumah
pemahaman dinding batu bata ekspos dan cara finishing untuk interior serta eksterior rumah

Dinding batu bata ekspos atau lebih dikenal dengan batu expose ini akan memiliki tampilan yang sangat menarik jika melewati tahap perencanaan yang baik sejak awal dan bisa ditambahkan dengan finishing tertentu juga.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
pemahaman dinding batu bata ekspos dan cara finishing untuk interior serta eksterior rumah
pemahaman dinding batu bata ekspos dan cara finishing untuk interior serta eksterior rumah

Baca Juga: Desain Dinding Kamar Mandi Unik Kombinasi Batu Alam

Untuuk informasi lebih jelasnya tentang batu bata ekspos dan cara finishingnya, silahkan simak ulasan dari kreasirumah.net berikut ini.

Batu bata bisa disusun dengan rapat sehingga tidak akan tampak siar atau garis spasi pemisahnya.

Untuk memperoleh tampilan dinding batu tanpa ekspos tanpa siar ini, maka dibutuhkan batu bata dengan ukuran yang sama dan tekstur batu bata yang halus.

Biasanya batu bata yang digunakan untuk dinding batu bata tanpa siar adalah batu bata produksi pabrik yang diolah dengan menggunakan mesin sehingga ukuran dan juga bentuk dari batu batanya sama persis antara yang satu dengan yang lainnya.

Perekat batu bata yang digunakan juga haruslah berkualitas bagus dan dalam proses pemasangan dinding batu bata tanpa siar memang tidak terlalu membutuhkan banyak perekat.

Hal ini memang dikarenakan siar pada batu bata dibuat setipis mungkin agar tidak terlihat sesuai dengan tujuan awal dari pembuatan dinding batu bata tanpa siar.

Bahan perekat yang baik berguna untuk mengurangi jumlah dari perekat yang akan digunakan pada dinding batu bata tanpa siar tersebut.

Dinding Batu Bata Ekspos Ekterior Rumah

Banyak orang yang menyukai batu bata konvensional untuk digunakan pada dinding batu bata ekspos.

Batu bata dibuat dengan cara manual dan ukuran yang beraneka ragam tidak seperti batu bata hasil dari pabrikan yang memiliki ukuran sama persis.

Proses pemasangan batu bata konvensional bisa dilakukan dengan cara biasa seperti menyusun batu bata pada dinding yang menggunakan plesteran namun dengan pemilihan ukuran batu bata yang bervariasi.

Selain itu gunakan juga batu bata yang masih utuh dan tidak memiliki retakan atau pecahan untuk mengdapatkan hasil akhir yang sempurna.

Yang harus anda perhatikan adalah pemasangan batu bata konvensional adalah tentang jarak nat, usahakan lebar dari nat sama persis secara vertikal ataupun horizontal



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Selain itu, gunakan perekat adukan yang tidak terlalu kasar yaitu pasir yang bersih tanpa kerikil atau butiran pasirb berukuran besar, anda bisa menggunakan ayakan dengan ukuran lubang yang kecil agar bisa mendapatkan pasir yang halus tersebut.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah tentang proses pemasangannya dan anda bisa melakukan finishing pada batu bata yang sudah selesai dipasang.

Untuk batu bata ekpos pada bagian eksterior, makan hal yang harus dilakukan adalah memberikan coating atau cairan lapisan anti lumut dan jamur dan anda juga bisa melapisi batu bata dengan warna cat tertentu agar tampilannya terlihat lebih menarik dan juga lebih bervariasi.

Jika anda menginginkan tampilan batu bata ekspos namun sudah memiliki dinding batu bata yang sudah diplester, maka anda bisa menggunakan batu bata tempelan dan ukurannya ada yang besar dan juga ada yang kecil.

Teknik pemasangan batu bata tempel hampir mirip dengan proses pemasangan keramik, batu bata tempelan ada 2 jenis yakni hasil produksi konvensional dan juga pabrik modern dengan perbedaan yang terletak pada bahan serta sifat ukuran batu batanya.

Batu bata konvensional atau produksi pengrajin biasanya terbuat dari bahan dasar tanah liat, pasir dan juga semen, Ukuran batu bata tempelan biasanya juga bervariasi.

Jika produksi dari batu bata pabrik biasanya menggunakan bahan terakota dan ukuran batu bata yang dihasilka juga presisi atau seragam satu ukuran, jenis batu bata pabrik ini akan terlihat rapi saat diaplikasikan namun kesna alami tidak terlalu terlihat sebab susunan batu batanya tidak terlihat.

Para penyuka dinding batu bata ekspos umumnya lebih memilih menggunakan batu bata tempelan konvensional atau hasil pengrajin sebab hasil akhirnya akan terlihat lebih alami.

Finishing Batu Bata Ekspos

Batu bata tempelan juga sangat sesuai digunakan untuk anda yang menginginkan perubahan dalam segi gayanya dari yang sebelumnya menggunakan dinding yang sudah diplester.

Anda juga tidak perlu menghilangkan plesteran pada dinding rumah anda yang sudah ada tersebut namun bisa mendapatkan sebuah penampilan baru dengan batu bata tempelan menjadi dinding batu bata ekspos.

Namun jika anda memang menginginkan sebuah dinding yang baru, maka anda bisa melakukan perencanaan dari awal dengan memperhatikan pada proses pemasangan batu bata agar terlihat lebih rapi.

Anda juga dapat melapisi batu bata dengan cat agar tampilannya terlihat lebih menarik atau juga bisa melapisi dengan cat yang transparan dengan tujuan melapisi batu bata agar pori – porinya bisa tertutup.

Batu bata mempunyai pori – pori yang besar dan sangat mudah menyerap air, sehingga dinding batu bata akan lembab dan mudah ditumbuhi lumut serta jamur sehingga keindahan dari dinding batu bata akan berkurang.

Jika anda ingin melapisi dinding batu bata dengan cat, maka pilihlah cat yang mempunyai elastisitas tinggi dan untuk memberikan lapisan cat ataupun coating pada dinding batu bata, anda bisa menggunakan teknik semprot sehingga pengerjaannya akan lebih cepat.

Teknik semprot ini lebih diutamakan untuk anda yang memiliki dinding batu bata permukaan kasar dan tidak rata karena tidak menggunakan batu bata yang presisi atau berukuran sama.

Demikian beberapa point yang bisa kami sampaikan tentang batu bata ekspos dan finishing pada dinding batu bata ekspos.

Semoga ulasan yang kami berikan kali ini bisa membuat anda lebih memahami tentang batu bata ekspos yang digunakan untuk area dinding interior dan eksterior dalam sebuah hunian, terimakasih.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Artikel Terkait:

  • kamar mandi menggunakan bata ekspos (1)
error: Content is protected !!