bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Mengatur Pencahayaan di Ruang Tamu

Cara Mengatur Pencahayaan di Ruang Tamu – Pencahayaan merupakan hal yang penting dalam proses desai dan dekorasi interior rumah. Apalagi pada interior ruang tamu sobat. Ada bebrapa hal yang perlu sobat lakukan dalam melakukan pecahayaan pada ruang tamu. Teknik dan ide pencahayaan secara umum mencangkup general lighting, ambient lighting dan task lighting.

Pencahayaan
Pencahayaan

Baca juga: Cara Membuat Dapur Rumah Sewa Makin Menarik

Pencahayaan
Pencahayaan

Sobat perlu memperhatikan fungsi lampu dengan kebutuhan ruang tamu. Jika dinding ruang tamu berwarna gelap atau deep colored walls, sobat harus menggunakan warna terang sehingga dapat memberikan kesan cerah pada ruangan. Untuk area yang luas, General lighting dapat sobat gunakan di bagian langit-langitnya. Dinding gelap memerlukan cahaya yang cukup dan pas. Maka dari itu penggunaan intensitas cahaya dari lampu plafond atau ceiling tidak bisa menerangi ruangan secara keseluruhan.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai pengaturan cahaya maksimal untuk ruang tamu. Yuks simak…..

Table and Floor Lighting Unit

Untuk meningkatkan jati diri (personality) dari sebuah ruangan, sobat dapat mengaplikasikan unit-unit pencahayaan floor lamp dan table lamp dengan bentuk uni dan aksen tradisional.  Sobat bisa memilih bentuk dan bahan beraneka ragam sesuai keinginan sobat. Jika sobat memiliki banyak waktu dan benar-benar menginginkan floor lamp dan table lamp, kerja keras sobat akan terbayar karena kedua jenis lampu tersebut memiliki bahan dan bentuk yang unik. Bahannya berupa bambu, mosaik, rotan dan lain-lain.   Sedangkan bentuk uniknya, seperti sarang burung atau sarang lebah.

Floor lamp dan table lamp dengan dark atau deep shade akan memberikan nuansa ruangan yang redup. Sedangkan bright atau white based shade akan memberikan nuansa ruangan yang terang.

Recessed Lighting

Rumah-rumah modern sekarang menggunakan teknik lampu sembunyi (recessed lighting). Hal ini sering kita jumpai di perkotaan, atau apartemen. Teknik pencahayaan sembunyi telah menjadi bagian dari teknik dan ide dekorasi ruangan. Penggunaan lampu jenis ini bisa sobat terapkan di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidue, dapur, bahkan area kamar mandi. Yang temasuk kategori pencahayaan sembunyi adalah: down light dan indirect light pada ceiling, back light, low light, dimmer dan accent light. Untuk menghasilkan ruangan yang unik dan dramatis, sobat dapat menggunakan teknik pencahayaan Teknik pencahayaan seperti down light atau indirect light.

Task Lighting

Untuk area ruang tamu, sebaiknya sobat memiliki task lighting. Trknik ini cocok sekali digunakan pada ruang tamu yang memiliki pencahayaan yang kurang.untuk area sudut atau pojok ruangan, sobat dapat melngkapi dengan task lighting. Apalagi biasanya bagian sudut ruangan difungsikan untuk membaca buku, majalan, koran dan sumber bacaan lainnya.  Jadi pas sekali menggunakan lampu jenis tersebut. Selain itu sobat juga bisa lebih menikmati setiap aktivitas yang dilakukan di pojok ruangan rumah.

Area pojok yang jarang digunakan , dapat sobat rubah pencahayannya. Dengan cara, mematikan terlebih dahulu general light setelah itu nyalakan task lighting. Hal ini dapat menghemat energy rumah.

Itu dia sobat. Mengenai pencahayaan maksimal untuk ruang tamu. Pencahayaan itu perlu, karena dapat mempengaruhi aktivitas malm hari. Membaca buku, koran, majalah dan buku bacaan lainnya. Dapat dilakukan secara nyaman. Semua aktivitas malam hari yang dilakukan di malam hari, sangat membutuhkan pencahyaan. Tanpa adanya pencahayaan, rumah akan terlihat gelap, seperti lama tidak ditempati.

Semoga bermanfaat….

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!