bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Jitu Memanfaatkan Kopi dan Teh untuk Pewarna Tirai

Pewarna tirai alami dapat menjadi alternative pilihan Anda untuk menciptakan konsep rumah yang nyaman dan pastinya tidak akan merusak bahan dari tirai tersebut. Apalagi bagi Anda yang memang benar-benar sangat memperhatikan berbagai interior rumah dengan seksama, pastinya penggunaan tirai yang ada di rumah tersebut diperhatikan secara matang. Baik dari warna, jenis kain dan juga ukuran dari tirai itu sendiri. Maka dari itu, untuk tetap mempertahankan keberadaan dari tirai ini agar tetap indah dan sesuai dengan konsep rumah yang Anda akan wujudkan, perawatan untuk tirai ini pun juga harus disesuaikan. Anda pun juga tidak boleh sembarangan dalam melakukan perawatan pada tirai yang kerap Anda gunakan tersebut,

Pewarna Tirai
Pewarna Tirai

Baca juga: Cara Menyulap Apartemen Tipe Studio Terlihat Luas

Pewarna Tirai
Pewarna Tirai

Pasalnya, jika Anda salah dalam melakukan perawatan pada tirai Anda tersebut, bisa jadi Anda justru merusak bahan dari tirai itu sendiri. Terlebih bagi Anda yang terbilang jarang untuk merawat tirai yang ada di rumah Anda, maka jika tirai tersebut lusuh dan warnanya mulai pudar, sepertinya Anda tidak akan peduli hingga tirai tersebut terasa sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Maka dari itu, Anda pun harus menaruh perhatian pada setiap perlengkapan yang Anda gunakan untuk interior rumah Anda, termasuk penggunaan tirai ini. Tujuannya, antara lain adalah untuk mendapatkan kesan estetik pada rumah Anda dengan adanya tirai yang terawat tersebut dan pastinya Anda sendiri juga akan nyaman dengan adanya tirai yang bersih serta memiliki warna yang unik dengan menggunakan pewarna tirai yang terbuat dari bahan alami.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Bagi Anda yang memiliki tirai polos dan cenderung bosan dengan warna tirai tersebut, maka kini Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk pewarna tirai Anda agar terlihat lebih estetik dari sebelumnya. Anda perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan yang diperlukan, seperti: tirai yang berbahan katun yang Anda miliki, beberapa sendok kopi bubuk instan, teh celup, ember, air panas secukupnya, teko, pengaduk kayu dan cuka secukupnya. Tentu bahan-bahan tersebut sungguh mudah untuk Anda temukan di sekitar Anda, bukan? Dengan mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan, selanjutnya Anda hanya perlu untuk melakukan beberapa hal untuk mewarnai kembali tirai Anda tersebut.

Ambil sebungkus teh celup yang telah Anda siapkan sebelumnya, lalu kemudian keluarkanlah isi daun yang ada di dalam kantung the tersebut. Teh tersebut selanjutnya Anda masukkan ke dalam teko dan seduhlah dengan air panas seperti halnya ketika Anda akan membuat teh panas. Untuk mewarnai sehelai tirai berukuran standar, disarankan untuk menyiapkan setidaknya 40 kantong teh celup. Apabila Anda lebih menyukai warna yang lebih pekat, maka Anda dapat menggunakan pewarna tirai alami yang menggunakan bahan kopi. Caranya sama, yaitu Anda hanya perlu mengambil kopi bubuk instan yang telah Anda siapkan sebelumnya, ambil satu atau dua bungkus, sesuaikan dengan kebutuhan dan seduh dengan menggunakan air panas, aduk secara merata.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengambil tirai berbahan katun tersebut dan memasukkannya dalam sebuah wadah yang berisi cairan teh atau kopi yang telah Anda seduh tadi. Lalu Anda secara perlahan mengaduk tirai yang ada di wadah tersebut dengan menggunakan pengaduk kayu, lakukanlah selama beberapa menit hingga pewarna tirai benar-benar tercampur secara merata dan terserap pada bahan katun di tirai tersebut. Selanjutnya, rendamlah tirai tersebut selama satu jam atau boleh juga semalaman untuk hasil yang maksimal. Setelah itu, Anda dapat membilasnya dengan air dingin dan berikan sedikit cuka, lalu diamkan kembali selama 10 menit. Proses pewarnaan dengan menggunakan pewarna tirai alami pun selesai dan Anda hanya perlu untuk menjemurnya dan mengeringkannya lalu dapat digunakan sebagai hiasan interior rumah Anda yang cantik.

 

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!