bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Apa sih Plafon GRC itu? Simak Fungsinya Berikut Ini!

Apa sih Plafon GRC itu? Simak Fungsinya Berikut Ini – Tahukah Anda bahwa salah satu material yang dapat dijadikan sebagai bahan plafon adalah glassfiber reinforced cement atau disingkat dengan GRC? Seperti namanya, yaitu plafon GRC. Plafon ini berasal dari kombinasi antara semen dan serat. Bila dilihat secara sepintas, plafon ini mempunyai bahan dasar yang sama seperti pembuatan beton. Hanya saja jauh lebih ringan.

Plafon GRC
Plafon GRC

Baca juga: Jenis Tanaman Hias Indoor yang Bikin Betah di Rumah

Plafon GRC
Plafon GRC

Untuk membuat beton dibutuhkan sebuah tulang baja di dalam susunan rangkanya. Sedangkan untuk plafon dari GRC ini memakai serat dari glassfiber untuk penguatnya. Bahkan, terkadang ada juga yang menyamakan antara plafon gypsum dengan plafon GRC ini. Padahal, sebenarnya keduanya ini jelas berbeda.

Plafon GRC Lebih Tahan Api dan Air

Salah satu keunggulan dari plafon ini adalah dari segi ketahanannya dari air. Beda sekali dengan plafon yang berasal dari gypsum. Plafon gypsum ini mudah sekali rusak bila terkena air. Sedangkan GRC ini lebih tahan dari air. Dengan begitu, plafon ini menjadi tidak mudah bocor. Di samping itu, plafon dari GRC ini pada umumnya juga mempunyai ketahanan api yang jauh lebih baik dari tripleks. Karena memang plafon dari GRC ini cenderung tidak mudah terbakar atau tidak mudah terambat oleh api.

Plafon GRC Aman untuk Kesehatan

Plafon ini pada umumnya tidak mengandung asbes. Hal inilah yang membuat plafon jenis ini lebih aman dan tidak akan mengganggu dan merusak kesehatan Anda, seperti pada asbes yang jika terhirup bisa meningkatkan resiko terjadinya paru-paru dan kanker yang tidak baik untuk kesehatan. Bila sudah mengetahui seputar berbagai macam kelebihan dari plafon ini, sudah pasti Anda akan semakin penasaran. Jadi, untuk apa sajakah plafon dari GRC ini?

Membentuk Kubah

Karena sifatnya tidak getas dan lebih luwas, sehingga plafon ini dapat digunakan sebagai pembentuk dan pembuat kubah. Bahkan, dikarenakan sifat bahannya yang lebih tahan terhadap air, sehingga hal ini membuat plafon ini dapat dipakai untuk pelapis kubah pada bagian luarnya atau di bagian eksteriornya. Kubah itu sendiri umumnya sering ditemukan untuk keagamaan luas dan bangunan umum. Namun, tidak ada salahnya bila Anda menciptakan langit-langit dengan bentuk kubah dari plafon GRC di rumah Anda.

Membuat Plafon menjadi Melengkung

Hampir sama layaknya langit-langit yang dibentuk kubah, plafon ini juga dapat menjadikan langit-langit menjadi melengkung atau disebut juga dengan barrel vault ceiling. Hal ini dikarenakan plafon jenis ini dapat dilengkungkan hingga pada kelengkungan tertentu. Bila rumah Anda ada ruangana tau sebuah gabungan ruangan yang tidak ada sekat dindingnya yang memanjang, maka Anda bisa menggunakan plafon ini untuk mendesain sebuah langit-langit yang berbentuk busur. Sehingga, hal ini akan membuat ruangan terlihat makin luas.

Sebagai Penyekat Ruang

Bahan plafon dari GRC ini ternyata yang bentuknya lembaran dapat dipakai untuk penyekat ruangan. Hal ini dikarenakan komposisi dari plafon GRC itu sendiri dapat meredam suara dengan baik. Hanya saja tidak begitu berat layaknya dinding dari bata. Lembaran papan ini dapat pula dipasang untuk pemisah ruangan. Khususnya untuk pemisah ruangan pada bangunan yang bertingkat yang tidak dapat diberikan beban yang begitu banyak. Pemakaian papan dari plafon GRC untuk dinding ruang ini cenderung lebih irit dan hemat dari pada menggunakan dinding yang berasal dari bata.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!