bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Macam-Macam Varian Rumah Adat Indonesia

Rumah adalah sebuah tempat dimana seseorang bisa merasa nyaman.Bahkan dari bentuknya pun di desain sedemikian rupa agar menjadi lebih indah,karena rumah merupakan wujud cerminan diri dari seseorang.Orang bisa menjadi sukses juga dimulai dari lingkungan rumah dimana ia tinggal.

RUMAH ADAT INDONESIA
RUMAH ADAT INDONESIA

Begitu pula dengan Indonesia, mengingat bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan maka disetiap pulau juga terdapat provinsi-provinsi yang mempunyai hunian dengan arsitektur unik dan menarik.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
RUMAH ADAT INDONESIA
RUMAH ADAT INDONESIA

Baca juga: Model Warna Cat Untuk Ruang Tamu Ukuran Sempit

Hunian tersebut biasa kita sebut dengan rumah adat,rumah adat adalah sebuah hunian atau rumah yang memiliki bentuk dan ciri khas yang sesuai dengan kebudayaan suatu suku atau ras. Di setiap suku/ras mempunyai rumah adat yang berbeda-beda.Setiap suku juga mempunyai sebutan yang berbeda-beda pula untuk setiap rumah adat yang mereka tempati.

Rumah adat merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang bersejarah,dimana didalamnya mengandung filosofi dan simbol-simbol yang menjadi khas suatu daerah dimata dunia.

Rumah adat di Indonesia biasannya dibangun dengan bahan-bahan alam yang ada disekitar kita,motif  ukiran yang digunakan pun biasannya meniru bentuk tumbuhan,bunga-bunga,ataupun hewan. Justru itu merupakan salah satu ciri khas yang mencolok dan unik dari hunian di setiap daerah.

Rumah adat di Indonesia juga mempunyai bentuk dan fungsi sesuai dengan peradapan yang ada di sekitarnya. Dimana dengan seiring berjalannya waktu, maka bentuk rumah adat pun menjadi semakin bervariasi.

Disini mari kita simak beberapa contoh nama-nama rumah adat beserta keunikan yang ada di dalamnya,yaitu:

RUMAH ADAT LIMAS

Rumah adat ini berasal dari Sumatera Selatan,Rumah adat ini dikhususkan hanya untuk acara keluarga,yang menjadi ciri khas rumah ini adalah bentuk atapnya yang menyerupai limas.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

RUMAH RAKIT

Rumah rakit merupakan rumah khas dari Bangka Belitung,yang menjadi ciri khas rumah ini adalah dibangun terapung di atas sungai.

RUMAH BUBUNGAN LIMA

Rumah ini berasal dari provinsi Bengkulu,bangunan rumah adat ini terbuat dari kayu “Medang Kemuning” yang didesain seperti rumah panggung.

RUMAH BADUI

Rumah adat Banten ini terkenal dengan kesederhanaannya,karena sebagian besar bahan bangunannya adalah dari bambu.

RUMAH GAPURA CANDI BENTAR

Rumah ini merupakan rumah adat khas Bali yang bentuknya menyerupai pura yang sampai saat ini masih dijunjung tinggi oleh masyarakat Bali.

RUMAH ADAT DALAM LOKA

Rumah adat ini merupakan rumah adat dari provinsi Nusa Tenggara Barat,rumah adat yang dulunya hanya untuk tempat tinggal raja ini sekarang sudah menjadi hunian umum bagi semua masyarakat di daerah NTB,terutama didaerah pedesaan rumah ini sangat mudah kita temui.

RUMAH ADAT BETANG

Rumah ini merupakan rumah adat khas Kalimantan Tengah.Karena ukuran bangunannya yang cukup besar rumah adat ini menjadi rumah adat terbesar kedua di Indonesia.Dari struktur bangunannya rumah adat ini berbentuk seperti rumah adat panjang.

RUMAH ADAT BANGSAL KENCONO

Rumah ini merupakan rumah adat khas Yogyakarta yang dibangun pertama kali oleh Sultan Hamengkubuwono ke 1,rumah adat ini selain sebagai keraton juga sebagai gedung kesenian bagi masyarakat Yogyakarta.

RUMAH ADAT JOGLO

Rumah adat ini adalah rumah adat khas Jawa Timur,rumah adat ini sangat kental dengan kebudayaan jawa tulen dalam pembangunannya baik pada arsitektur maupun penataan ruangnya masih sangat berpengaruh pada leluhur yang dipercaya.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang rumah adat yang ada di Indonesia. Meskipun berbeda-beda namun tetap menjunjung tinggi kekeluargaan dan kerukunan di dalamnya.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!