bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Rumah Adat Kalimantan yang Unik

Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki 34 Provinsi salah satunya adalah Kalimantan. Daerah yang beribukotakan di Pontianak ini terkenal dengan suku dayaknya yang merupakan penduduk utama di pulau tersebut.

rumah adat kalimantan
rumah adat kalimantan

Baca juga: Khas Rumah Adat Jawa Barat

rumah adat kalimantan
rumah adat kalimantan

Namun sekarang rumah adat Kalimantan disana yang sudah terbilang jarang, karena pemerintah sudah banyak menghancurkan rumah-rumah tersebut karena di curigai menganut paham yang menyimpang yaitu paham komunis.

Masyarakat dayak dikenal dengan wataknya yang keras namun sebenarnya masyarakat dayak sangat menjunjung tinggi kekeluargaan dan kerukunan antar sesama. Maka dari itulah, jika memang selama ini Anda menganggap bahwa mereka keras dan kaku, namun sebenarnya justru mereka inilah yang selalu ada rasa erat antar sesame.

Hal ini terlihat dari bagaimana mereka telah hidup bersama dengan sesama. Paling menariknya lagi adalah, tidak seperti rumah adat yang ada di daerah lain, karena rumah adat Kalimantan ini memiliki satu rumah adat yang unik dari pada yang lain. Inilah yang kemudian menjadikan rumah adat Kalimantan ini menjadi lebih berbeda dan menarik.

Rumah adat Kalimantan disebut “Rumah Panjang”, kenapa disebut rumah panjang? Karena rumah ini tidak ditempati hanya oleh satu keluarga saja, namun rumah ini merupakan sebuah hunian bersama bagi seluruh masyarakat Kalimantan. Sehingga, hal ini membuat setiap keluarga tahu dan bisa melihat apa yang dilakukan oleh setiap keluarga.

Karena berbentuk memanjang rumah inipun memiliki ciri khas pada struktur bangunannya.Pada arsitektur rumah ini juga terdapat ukiran-ukiran unik yang memiliki simbol kebudayaan masyarakat sekitar.

Rumah panjang dibangun dengan bahan utama dari kayu,rumah ini sempit namun memanjang, dan hanya memiliki satu kamar untuk bersama. Karena rumah ini berbentuk rumah panggung maka untuk masuk kedalam rumah harus menggunakan anak tangga uang terdapat di depan rumah.Diruang tamu rumah ini biasannya terdapat sebuah meja besar yang berfungsi sebagai tempat untuk menghidangkan makanan bagi tamu.

Fungsi utama dari rumah adat kalimantan sebetulnya sebagai hunian bersama,namun karena berbentuk rumah panggung maka rumah ini juga berfungsi sebagai tempat untuk rapat atau ritual adat suku dayak,dan karena letaknya lebih tinggi di atas tanah maka rumah ini juga sebagai tempat berlindung dari binatang buas maupun dari serangan musuh.

Jadi melihat fungsinya maka rumah adat ini bukan milik perseorangan melainkan milik seluruh masyarakat dayak yang ada di sana.

Pada daerah tertentu pada pembangunan rumah harus memenuhi berbagai persyaratan adat yang telah di tetapkan sejak jaman nenek moyang dulu,diantaranya adalah hulu rumah harus tepat searah dengan matahari terbit namun hilirnya harus tepat dengan.matahari tenggelam,syarat ini merupakan salah satu simbol kerja keras masyarakat dayak.

Selain rumah panjang ada rumah adat lain di kalimantan yaitu “Rumah Adat Betang.Rumah adat betang adalah rumah adat yang berbentuk rumah panggung yang memiliki satu anak tangga sebagai penghubung antar ruangan.

Rumah betang biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding rumah panjang dan seluruh bangunan rumah dibuat dari bahan kayu ulin.Kayu ulin merupakan kayu yang berkualitas tinggi selain kokoh dan bisa bertahan ratusan tahun,kayu ini juga tidak bisa dimakan oleh rayap.

Pada halaman depan rumah betang juga terdapat ukiran patung yang unik yang berbentuk manusia,yang biasanya berfungsi sebagai tempat untuk mengikat hewan qurban.Terkadang juga terdapat patahu di halaman depan,patahu adalah sebuah rumah yang berfungsi sebagai tempat pemujaan saat upacara adat.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!