bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Rumah Adat Riau itu Coraknya Fantastis

Riau adalah salah satu daerah di Pesisir Malaka.Penduduk Riau mayoritas adalah suku Melayu.Dengan demikian adat istiadat melayu sangat kental dirasakan di daerah ini.

RUMAH ADAT RIAU
RUMAH ADAT RIAU

Rumah adat Riau disebut *Rumah Selaso Jatuh Kembar”,Selaso Kembar berarti bangunan utama yang lebih rendah dari bangunan tengah,rumah yang masih berdiri sejak sekarang ini merupakan salah satu bukti kentalnya adat Melayu yang ada di sana.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
RUMAH ADAT RIAU
RUMAH ADAT RIAU

Baca juga: Rumah Adat Kalimantan

Bangunan rumah Adat Riau biasanya banyak dihiasi dengan corak-corak flora maupun fauna yang ada di sekitar. Hal itu menunjukkan bahwa masyarakat Riau sangat dekat dengan alam.Corak ini pun biasanya sudah di ukir sedemikian rupa hingga tidak menampakkan wujud aslinya. Namun mereka tetap memakai nama asli dari model yang ia pakai sebagai corak, seperti nama bunga atau pun nama hewan.

Karena mayoritas penduduknya beragama islam,maka corak yang sering dipakai adalah corak tumbuhan atau flora, karena kalau memakai corak hewan mereka percaya akan menjurus kepada penyimpangan agama yang mereka anut.

Adapun corak hewan yang mereka pakai seperti lebah,karena lebah dipercaya sebagai hewan yang senang akan kebersihan dan bisa mengeluarkan sesuatu yang bisa bermanfaat seperti madu,atau semut beriringan yang merupakan simbol gotong royong antar sesama,ada satu lagi corak hewan yang sering dijumpai yaitu naga, naga dipercaya melambangkan keperkasaan pemimpin adat. Corak yang lainnya biasa juga menggunakan ukiran menyerupai benda luar angkasa.

Struktur Rumah Adat Riau

Selain memiliki corak yang unik dan menarik rumah adat riau juga memiliki struktur bangunan yang berbeda dengan yang lain yaitu sebagai berikut:



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Rumah adat riau merupakan salah satu jenis rumah panggung yang memiliki ukuran yang luas. Bangunan ini pun sebagian besar menggunakan bahan alam,atapnya terbuat dari daun rumbia uang diikat dengan rotan sedangkan pada atap dan dindingnya terbuat dari kayu-kayu berkualitas tinggi.

Fungsi Rumah

Rumah adat riau dulunya hanyalah sebagai balai pertemuan untuk upacara adat, namun seiring dengan perkembangan jaman rumah adat riau sudah menjadi tempat tinggal atau hunian umum bagi seluruh warga riau.

Walaupun dulu bukan merupakan tempat tinggal umum bagi warga,namun rumah ini juga tetap dibagi menjadi beberapa ruangan antara lain ruang musyawarah,dapur,kamar tidur,dan juga sebagai tempat untuk menyimpan alat musik maupun senjata tradisional suku riau.

Ciri khas dan filosofi rumah adat

Rumah adat “selaso jatuh kembar” menjadi salah satu identitas masyarakat riau di manca negara, ukiran yang terdapat pada desainnya pun menjadi daya tarik tersendiri di mata para turis yang berkunjung dan berbeda dari yang lain, hal itu yang menjadikan rumah adat riau memiliki ciri khas dan nilai filosofi yang sangat bersejarah dan patut kita lestarikan.

Berikut ini adalah ciri khas yang terdapat pada rumah adat riau antara lain:

  1. Memiliki ruang atas/loteng yang terdapat fentilasi udara yang sangat banyak.
  2. Rumah adat riau juga di penuhi dengan ornamen flora dan fauna,itu merupakan salah satu bukti bahwa hutan disana mempunyai peranan penting bagi masyarakatnya.
  3. Sungai juga merupakan sarana penting untuk masyarakat riau,untuk itu rumah adat riau selalu menghadap ke badan sungai
  4. Memiliki silangan pada atapnya,yang menandakan bahwa masyarakat riau sangatlah religius.

Nah, itulah ulasan tentang rumah adat riau,semoga ini menjadi tambahan wawasan bagi kita,dan kita menjadi lebih tau tentang keberagaman rumah adat di Indonesia.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!