bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Desain Kreasi Rumah Adat Sumatera Barat

Rumah adat di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis dan memiliki nama-nama tersendiri. Masing-masing dari rumah juga memiliki struktur bangunan dan fungsi sendiri-sendiri. Penasaran seperti apa rumah-rumah tersebut?Yuk,kita simak ulasannya dibawah ini.

rumah adat Kalimantan Barat
rumah adat Kalimantan Barat
rumah adat Sumatera Barat
rumah adat Sumatera Barat

Baca juga: Cara Menata Ruang Tamu Agar Tampak Luas

rumah adat Sumatera Barat
rumah adat Sumatera Barat
rumah adat Kalimantan Barat
rumah adat Kalimantan Barat

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya di tengah Pulau Sumatera dengan menjadikan Padang sebagai ibu kotanya.Provinsi ini dihuni oleh masyarakat suku Minangkabau selaku suku asli dan sekaligus suku mayoritasnya.Suku Minangkabau sendiri atau biasa disebut Orang Minang, merupakan sub suku Melayu yang memiliki budaya dan karakteristik yang unik.Ikon budaya tersebut adalah “Rumah Gadang”.

Dan dalam kesempatan kali ini kita akan mengulas artikel tentang struktur bangunan,fungsi dan ciri khas Rumah Gadang,berikut ulasannya:

Struktur Bangunan Rumah Adat Sumatera Barat

Sama seperti rumah adat Indonesia lainnya, rumah gadang juga dibuat dari material yang berasal dari alam.Pada dinding dan lantainya dibuat dari bahan jayu,tetapi atapnya dibangun dengan menggunakan rangkaian ijuk.

Rumah adat sumatera barat juga biasa di sebut rumah Godang, rumah Bagonjong, dan rumah Baanjuang,yang memiliki model rumah panggung yang berukuran besar.Meski terbuat dari bahan alam rumah gadang ini tetaplah kokoh dan tahan gempa,karena tiang penyangga rumah bertumpu pada batu-batu datar yang menancap di tanah.

Fungsi Rumah Gadang

Selain menjadi ikon nusantara karena bentuk struktur bangunannya yang unik rumah gadang juga memiliki fungsi untuk tempat tinggal bersama bagi suku Minang.Untuk memenuhi fungsi tersebut juga diberlakukan beberapa aturan yang berlaku sejak lama,seperti penataan ruangan di dalamnya. Berikut ini beberapa pembagian ruang menurut kegunaannya:



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
  1. Di halaman depan rumah terdapat 2 buah rangkiang. Rangkiang adalah bangunan yang digunakan untuk menyimpan sesuatu.
  2. Jumlah ruangan kamar biasanya di sesuaikan dengan jumlah wanita atau perempuan yang tinggal disana.
  3. Seluruh bagian dalam rumah gadang harus ruang lepas tidak boleh disekat kecuali ruang kamar tidur.
  4. Perempuan tua dan anak-anak biasannya mendapat satu ruang yang berada di dekat dapur.
  5. Perempuan atau laki-laki yang sudah menikah biasannya mendapat satu kamar sendiri.
  6. Di ujung dekat dapur biasannya menjadi kamar bersama bagi perempuan yang belum menikah.
  7. Pada sayap kiri dan kanan bangunan terdapat ruang anjung (Bahasa Minang: anjuang) yang digunakan sebagai tempat pengantin bersanding atau tempat penobatan kepala adat.

Ciri Khas Rumah Gadang

Rumah gadang biasannya dibangun di atas sebidang tanah yang dimiliki oleh keluarga induk dan hanya diwariskan turun temurun sejak dulu kepada kaum perempuan saja.Hal ini memiliki filosofis bahwa derajat kaum perempuan suku minang sangatlah tinggi.

Filosofis lainnya yang sekarang ini menjadi ciri khas dari rumah gadang itu bisa dilihat dari bentuk puncaknya yang menyerupai tanduk kerbau. Ini berarti sebuah kemenangan. Bentuk inilah yang kemudian disamakan dengan kisah adanya Tambo Alam Minangkabau, yaitu kisah kemenangan dari aduan kerbau milik orang Minang dengan dari raja Jawa..

Karena rumah gadang merupakan rumah panggung,maka untuk masuk kedalam ruangannya kita harus menaiki tangga yang terletak di depan rumah,tangga tersebit juga hannya berjumlah satu itu metipakan simbol kereligiusan kaum suku Minang.

Dinding rumah gadang biasannya jg dihiasi dengan motif-motif ukiran flora dan fauna,daun-daunan,dan akar merambat.Motif-motif itu biasannya diberi warna kuning,merah dan hitam yang menandakan bahwa suku minang merupakan suku yang dekat dengan alam. Nah,demikianlah sekilas ulasan tentang rumah adat Sumatera Barat,semoga bernanfaat…!!!!!!!!/

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!