bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Desain Arsitektur Khas Rumah Adat Indonesia

Indonesia itu dikenal sebagai bangsa dengan berbagai macam budaya. Keberagaman budaya bangsa tersebut merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia dimata negara lain.

rumah adat toraja
rumah adat toraja

Perlu kita ketahui Indonesia memiliki 34 provinsi yang dimana didalamnya juga terdapat bermacam-macam suku,budaya,dan ciri khas daerahnya masing-masing.Indonesia begitu kaya akan budaya,hal ini dipengaruhi oleh wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan sehingga menambah kekayaan dan keaneka ragaman budaya masing-masing pulau. Bahkan untuk satu pulau terdapat bermacam-macam atau keanekaragaman budaya pada setiap provinsi.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
rumah adat toraja
rumah adat toraja

Baca juga: Desain Arsitektur Rumah Adat Sumatera Barat

Keberagaman suku dan budaya juga mempengaruhi bentuk dan struktur rumah adat di Indonesia,dan itu menjadi salah satu daya tarik turis-turis manca negara

Mungkin banyak di antara kalian yang belum mengetahui nama-nama rumah adat yang ada di Indonesia. Nah dibawah ini ada sedikit penjelasan tentang rumah adat yang ada di Indonesia.

Rumah Adat Bolon

Rumah adat bolon adalah rumah adat khas dari Sumatera Utara,rumah adat ini selain menjadi ciri khas masyarakat batak juga memiliki nilai-nilai sejarah di dalamnya.

Selain menjadi rumah hunian bagi masyarakat Sumatera Utara,rumah bolon juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan ritual adat,meskipun sekarang rumah adat bolon sudah jarang ditemui namun masyarakat batak masih mempercayai nilai spiritual dari rumah adat tersebut.

Rumah adat bolon di Indonesia juga banyak jenisnya antara lain:

1) Rumah Bolon Toba

2) Bolon Mandailing

3) Bolon Simalungun

4) Bolon Pakpak

5) Bolon Karo

6) Bolon Angkola

Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar

Rumah adat ini merupakan rumah adat dari Provinsi Riau,rumah adat ini dibangun dengan model rumah panggung.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Selaso Jatuh Kembar sendiri mempunyai arti dua selasar yang memiliki lantai yang lebih rendah dibandingkan dengan ruangan tengah.

Rumah Adat Limas

Rumah adat limas terletak di wilayah Sumatera Selatan,rumah ini memiliki keunikan dibagian atapnya,atap rumah ini berbentuk menyerupai limas.Biasanya rumah adat ini memiliki lantai yang bertingkat.Tiang-tiang pada rumah adat ini terbuat dari kayu ulin dan lantainya terbuat dari kayu tembesu.

Rumah adat Nowou Sesat

Rumah adat ini berasal dari Lampung,berbeda dengan rumah adat yang lain,rumah adat ini memiliki keunikan tersendiri sebagai ciri khas daerah Lampung.Nuwou Sesat sendiri berasal dari bahasa Lampung,” Nuwou” yang berarti rumah dan “Sesat” yang berarti tempat ibadah.Berarti rumah adat yang berfungsi sebagai tempat beribadah masyarakat Lampung.

Rumah adat ini selain unik dalam penyebutannya di masyarakat sekitar juga unik dalam hal arsitektur bangunannya. Rumah adat ini memiliki desain rumah panggung yang di bangun memanjang membelah desa.Atap rumah ini terbuat dari daun ilalang yang di anyam,dinding rumah terbuat dari kayu, dan didirikan sejajar sepanjang jalan utama yang membelah kampung.Namun sayang rumah adat ini saat ini sudah sangat jarang ditemui di daerah lampung,karena adanya integrasi dan akulturasi budaya yang berlangsung sangat cepat.

Rumah Adat Badui

Rumah ini merupakan rumah panggung yang menggunakan atap dari daun ilalang dimana lantainya berasal dari bamboo yang telah dibelah atau dari pelupuh.

Rumah khas adat Badui yang menjadi hunian masyarakat banten ini dindingnya terbuat dari bambu,tiangnya berasal dari batu yang di susun meruncing ke atas,sedangkan atapnya terbuat dari anyaman ilalang dan lantainya terbuat dari pelupuh atau bambu yang dibelah.

Itulah sebagian kecil rumah adat yang menjadi ciri khas pada suku-suku di Idonesia,semoga bisa jadi inspirasi bagi para pembaca.

 

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!